Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal Pada Ny “S” dengan Hiperemesis Gravidarum Tingkat II di Rs TNI Angkatan Laut Jala Ammari Pada Tanggal 27 Mei-18 Juli 2018

  • Evi Susanti UIN Alauddin Makassar
  • Firdayanti Firdayanti
  • Nadyah Haruna

Abstract

Kehamilan pada umumnya akan berlangsung normal sebanyak 80-90% dan hanya 10-12% kehamilan yang berkembang menjadi patologis. Salah satunya yaitu hiperemesis gravidarum dimana ibu mengalami mual dan muntah lebih dari 10 kali dalam 24 jam sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari dan keadaan umum menjadi buruk. Hiperemesis gravidarum terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu tingkat I, II, dan III.

Studi kasus pada Ny “S” dengan hiperemesis gravidarum tingkat II di RS TNI-AL Jala Ammari  menggunakan pendekatan dengan metode manajemen asuhan kebidanan tujuh langkah Varney. Asuhan dilakukan selama 3 hari perawatan di RS dengan memberikan pemenuhan kebutuhan dasar, cairan, obat-obatan, vitamin, support psikologis maupun spiritual. Kemudian melakukan kunjungan rumah selama ±8 minggu sebanyak 5 kali kunjungan.

Evaluasi studi kasus menunjukkan bahwa setelah dilakukan perawatan di RS dan kunjungan rumah, mual dan muntah ibu teratasi, tidak ada penurunan berat badan (BB), dan pembesaran perut sesuai usia kehamilan ibu. Telah dilakukan pendokumentasian semua temuan dan tindakan yang telah dilakukan pada ibu

References

Andria, ”Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Hiperemesis gravidarum di Rumah Sakit Umum Daerah Rokan Hulu”, Jurnal Maternity and Neonatal, Vol 2, No 3, 2017.

Anggasari Yasi, ” Kejadian Hiperemesis gravidarum Ditinjau dari Riwayat Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Saat Pra Konsepsi Di Bpm Kusmawati Surabaya”, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Vol 9, No 1, Februari 2016.

Aquari Bina, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Hiperemesis gravidarum (HEG) di Puskesmas Sosial Palembang Tahun 2017”, Akademi Kebidanan Budi Mulia Palembang, Vol 5 No 1, Juni 2017.

Atika, Hadrians, dkk, “Hubungan Hiperemesis gravidarum dengan Usia Ibu, Usia Gestasi, Paritas, dan Pekerjaan pada Pasien Rawat Inap di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang”, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Vol 3, No 3, 2016.

Ardani Ayu, “Perbandingan Efektifitas Pemberian Terapi Minuman Jahe dan Minuman Kapulaga Terhadap Morning Sickness pada Trimester I di Kelurahan Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang”, 2013.

Bothamley dan Maureen, 2013. Patofisiologi dalam Kebidanan. Jakarta : EGC

Darmawansyih, 2014. Penyakit Kronik dalam Kehamilan. Makassar: Alauddin University Press

Dewi, 2012. Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Normal dan Patologi. Yogyakarta : Nuha Medika

Fadlun dan Achmad, 2013, Asuhan Kebidanan Patologis. Jakarta: Salemba Medika

Heriani, “Hubungan Sikap Terhadap Peran dan Pendampingan Suami dalam Pemeriksaan Kehamilan Terhadap Hiperemesis gravidarum di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Ibnu Soetowo Baturaja Tahun 2014”, STIKES Al- Ma’arif Baturaja Program Studi DIII Kebidanan, Vol 2, No 1, September 2016.

Hutahaen, 2013. Perawatan Antenatal. Jakarta : Salemba Medika

Indrayani Triana, “Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Hiperemesis gravidarum di RSUD Dr. Drajat Prawinegara Kabupaten Serang Tahun 2017”, Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, Vol 4, No 1, Maret 2018.

Irianti, Erda, dkk. 2013. Asuhan Kehamilan Berbasis Bukti. Jakarta : CV Agung Seto

Izaanatul Fakhriyanti, “Perilaku Ibu Hamil dalam Pencegahan Hiperemesis gravidarum di BPM Ny. E di Desa Grinting Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo”, 24 Mei 2014.

Jannah, 2012. Buku Ajar Asuhan Kebidanan.Yogyakarta : CV. Andi Offset

Masriroh, 2013. Keperawatan Obstetri dan Ginekologi. Yogyakarta : Imperium

Medforth, Susan, dkk. 2014. Kebidanan Oxford dari Bidan untuk Bidan. Jakarta: EGC

Mitchell, Gallos, dkk, “Psycological Morbidity Associated with Hiperemesis gravidarum : A Systematic Review and Meta-Analysis”, An International Journal of Obstetrics and Gynaecology, 2016.

Muhammad Abu, 2010. Tuntunan Praktis dan Padat bagi Ibu Hamil dari A sampai Z, Pustaka Ibnu Umar.

Nadyah, 2013. Kegawatdaruratan Neonatal, Anak dan Maternal. Makassar : Alauddin University Press

Prawirohardjo, Sarwono. 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta : PT Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo

Puspito, 2012. Kitab Kehamilan dan Persalinan. Yogyakarta : Mitra Buku

Rahma Marliana dan Tita, “Asuhan pada Ibu Hamil Trimester I dengan Hiperemesis Gravidarum Tingkat I”, Jurnal Bidan, Vol 2, No 2, Juli 2016.

Ratna Dwi, “Faktor Resiko Hiperemesis gravidarum pada Ibu Hamil di Puskesmas Kapongan Kecamatan Kapongan Situbondo”, Juni 2014.

Salafudin M, Triana, dkk, “Hubungan Antara Dukungan Suami dengan Kejadian Hiperemesis Gravidarum di Polindes Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal”, Vol 7, No 2, Januari 2017.

Sastri Nen, “Analisis Kejadian Hiperemesis gravidarum pada Ibu Hamil Di Bidan Praktik Mandiri Ellna Palembang Tahun 2017”, Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada, Vol 5, No 2, Desember 2017.

Setiawati, 2013. Kehamilan dan Pemeriksaan Kehamilan. Makassar : Alauddin University Press

Sunarti, 2013. Asuhan Kehamilan. Jakarta : Penerbit In Media

Susilawati dan Erlina, “Hubungan Gravida, Umur, dan Pendidikan Ibu dengan Hiperemesis gravidarum”. Jurnal Obstetrika Scientia, 2017.

Shihab Quraish, 2012. Tafsir Al-Misbah. Jakarta : Lentera Hati

Yeyeh, Lia. 2013. Asuhan Kebidanan I Kehamilan. Jakarta : CV. Trans Info Media

Published
2019-10-27
How to Cite
Susanti, E., Firdayanti, F., & Haruna, N. (2019). Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal Pada Ny “S” dengan Hiperemesis Gravidarum Tingkat II di Rs TNI Angkatan Laut Jala Ammari Pada Tanggal 27 Mei-18 Juli 2018. Jurnal Midwifery, 1(2). https://doi.org/10.24252/jmw.v1i2.10557
Section
Artikel
Abstract viewed = 2376 times