Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal Care pada Ny “A” dengan Preeklamsia Ringan Sampai Nifas Hari Ke-3 di RSUD Syekh Yusuf Gowa Tahun 2019

  • Iqrayanty Iqrayanty UIN ALauddin Makassar
  • Anieq Mumthiah Al Kautzar UIN ALauddin Makassar
  • Ferawati Taherong UIN ALauddin Makassar

Abstract

Pendahuluan preeklamsia merupakan salah satu komplikasi kehamilan pada trimester II dan trimester III. Ini adalah suatu kondisi medis di mana timbul hipertensi dalam kehamilan pada usia kehamilan 20 minggu dan di temukannya protein dalam urin

Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal pada Ny “A” dengan Preeklamsia Ringan sampai Nifas hari ke-3 di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten GowaTahun 2019 sesuai Manejemen Asuhan Kebidanan7 langkah Varney dan pendokumentasian dalam bentuk SOAP.

Hasil dari studi kasus dilakukan pada Ny “A” dengan preeklamsia Ringan, tidak ditemukan hambatan pada saat penanganan kasus ini. Penanganan yang dilakukan pada Ny “A” yaitu dengan menganjurkan untuk memeriksakan kehamilannya setiap minggu untuk melihat kondisi ibu dan keadaan janinnya serta pemberian obat anti hipertensi yaitu obat Nefedipin 10 mg.

Kesimpulan dari kasus yaitu diantaranya pendokumentasian dalam bentuk SOAP yang digunakan untuk proses penyelesaian masalah kebidanan telah dilaksanakan pengkajian berupa pemantauan dari analisa data pada Ny “A” dengan Preeklamsia Ringan Di RSUD Syekh Yusuf Gowa Tahun 2019 selama 2 minggu dan kunjungan rumah 2 kali maka didapatkan hasil yaitu tekanan darah sudah turun menjadi 120/90 mmHg, proteinuria Negatif serta pembengkakan pada tungkai menurun dan kehamilan berlangsung normal keadaan janin baik dan telah dilakukan pengkajian pendokumentasian semua temuan dan tindakan yang telah dilaksanakan pada Ny “A” dengan hasil tidak ditemukannya kesenjangan antara teori dan kasus.

References

Aliyahdkk, Evaluasi Penggunaan Obat Anti Hipertensi Pada Pasien Preeklamsia dan Eklamsia Di instalasi Rawat Inap RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. 2015.

Benson, Ralph C, danPernoll, Martin L. Buku Saku Obstetri dan Ginekologi. EGC Jakarta 2013.

Baung dan SeiSelincah Di Kota Palembang.JurnalKedokteran Dan Kesehatan 2016. Vol 3.No.1.

Caroline, dkk. Hubungan obesitas pada kehamilan dengan preeklamsia .Jurnal e-Clinic 2016 Vol 4, No. 1.

Dwi Widiarti dan Novi Mahendrawati. Buku Saku Asuhan Kebidanan Varney. EGC Jakarta 2010.

Estur Tiar dan Devi Yulianti. Patofisiologi dalam kehamilan.EGC Jakarta 2013.

Elizabeth Siwi Walyani. Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Yogyakarta. 2013.

Ermaya, Nery dkk .Pengaruh Motivasi dan Persepsi Pelayanan Terhadap Keteraturan Antenatal Care Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Ngemplak Simongan Kota Semarang Pada Tri Wulan I Tahun 2015. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 3.No. 3. 2015.

Fatkiyah dkk. Determinan Maternal Kejadian preeklamsia (StudiKasus DI KabupatenTegal, Jawa Tengah). Jurnal Keperawatan Soedirman. 2016. Vol 11, No. 1.

John Wantania, problems in managing eclamsia jurnal biomedik (JBM) 2017. Vol 9, No. 2.

Khuzaiyah dkk. Karakteristik Ibu Hamil Preeklamsia. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIK) 2016. Vol IX No 2.

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan terjemahannya 2016.

Marni, dkk .Asuhan Kebidanan Patologi. Pustaka Pelajar Yogyakarta 2011.

Marniyati dkk. Pelayanan Antenatal Berkualitas Dalam meningkatkan Deteksi Resiko Tinggi Pada ibu Hamil Oleh Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Sako, Sosial, SeiZeisler, Haral ddkk. Predictive Value of the sFlt-1:PlGF Ratio in Women with Suspected Preeklamsia. Journal of Medicine. 2016. Vol 374. No. 1.

Nugroho.Buku Ajar Obstetri Untuk Mahasiswa Kebidanan.Nuha Medika. Yogyakarta. 2014.

Nugroho.Buku Ajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan).Yogyakarta. 2014.

Novianti, Hinda. Pengaruh Usia dan Paritas Terhadap Kejadian Preeklampsia di RSUD Sidoarjo. 2013.

Rukiyah dan Yulianti. Asuhan Kebidanan 4 (Patologi).Trans Info Media.Jak-Tim. 2010.

Ramanda Penerapan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Kehamilan. 2013.

Shihab, M.Quraish. Pesan, kesan, dan keserasian Al-Qur’an(Tafsir Al Misbah)

Sujiyatini dkk. Asuhan Patologi Kebidanan Plus Contoh Asuhan Kebidanan. NuhaMedika. Yogyakarta. 2009.

Setiawati, Dewi. Kehamilan Dan Pemeriksaan Kehamilan. Alauddin University Press. 2013.

Yuniarti dkk. Analisis Perilaku Kesehatan Dan Faktor Resiko Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil Di Poliklinik Obstetri Gynekologi RSUD Kabupaten Kediri .Journal of Issues in Midwifery. 2017.

Yanti. Konsep Dasar Asuhan Kehamilan. Refika Aditama. Bandung. 2017.

Yulianti, Devi. Kebidanan Oxford. EGC Jakarta 2011

Published
2020-02-25
How to Cite
Iqrayanty, I., Al Kautzar, A. M., & Taherong, F. (2020). Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal Care pada Ny “A” dengan Preeklamsia Ringan Sampai Nifas Hari Ke-3 di RSUD Syekh Yusuf Gowa Tahun 2019. Jurnal Midwifery, 2(1). https://doi.org/10.24252/jmw.v2i1.13154
Section
Artikel
Abstract viewed = 3291 times