MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN PADA BALITA DENGAN DIARE AKUT DISERTAI DENGAN DEHIDRASI BERAT (LITERATUR REVIEW)

  • Nurhaliza Amaliah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Anieq Mumthi’ah Al Kautsar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syatirah Syatirah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Diare akut ; Dehidrasi berat; 7 langkah varney

Abstract

Pendahuluan Diare  masih menjadi penyebab mordibitas dan mortalitas yang cukup besar didunia dimana diare merupakan  gejala  infeksi saluran  pencernaan. Penyakit ini  dapat disebabkan  oleh berbagai  bakteri, virus  dan parasit dan bahkan di faktori oleh lingkungan dan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Metode Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan dan pengumpulan referensi yang kemudian dibuat menjadi Literatur review dengan menggunakan metode asuhan 7 langkah Varney. Hasil Didapatkannya asuhan penalataksanaan 5 Lintas Diare serta penatalaksanaan yang menggunakan obat alami dan herbal seperti yogurt dan madu yang terbukti mengurangi frekuensi diare pada Balita selama dilakukannya asuhan. Kesimpulan Didapatkannya penatalaksanaan Diare Akut pada balita disertai dehidrasi berat yang sesuai dengan Evidance Based. Didapatkannya  evidence based selain asuhan 7 Langkah Varney  mengenai 5 Lintas Diare sebagai acuan  penanganan pada balita dengan Diare.

References

Afifah, Nadia. (2020). Mekanisme probiotik lactobacillus plantarum dalam sistem imun pada penderita diare. Wellness And Healthy Magazine, Volume, 2, Nomor 1.

Anitasari, Bestfy & Jumies Sappe. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Lama Perawatan Pasien Diare. Jurnal Fenomena Kesehatan.

Br Sembiring, Julina.(2019) Asuhan Neonatus Bayi, Balita, Anak Pra sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Choirin Nisa, Ika. (2019). Hubungan Antara Penegetahuan Ibub dengan Kejadian Diare Akut pada Balita di Desa Kejiwan Kecamatan Sususkan Kabupaten Cirebon Tahun 2010.

Dwienda, Octa. et al. (2014). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi/Balita dan Anak Prasekolah Untuk Para Bidan. 2nd edn. Edited by Unggul Pebti Hastanto. Yogyakarta: deepublish.

Firas, Mohamed. (2019). et, al. "Assesment of Mothers' Knowledge, Attitude, and Practice about Oral Rehydration Solution in Treatment of Diarrhea in Karbala". Karbala J.Med. vol 12. no 2. Florez, Ivan. Comparative effectiveness and safety of interventions for acute diarrhea and gastroenteritis in children: A systematic review and network meta-analysis. PLOS ONE. (2018)

Gaffey, Michellle, dkk. (2016). Dietary management of childhood diarrhea in low- and middle-income countries: a systematic review. Bio Med Central.

Grenov, Benedikte, dkk. (2019). Diarrhea, Dehydration, and the Associated Mortality in Children with Complicated Severe Acute Malnutrition: A Prospective Cohort Study in Uganda.

Halim, felicia, dkk. (2017). Hubungan Jumlah Koloni Escherichia oli dengan Derajata Dehidrasi pada Diare Akut. sari Pediatri, Vol. 1, No. 2.

Hartati, Susi & Nurazila. (2018). "Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Diare Pada Balita di wilayah Kerja Puskesmas Rejosari Pekanbaru". Jurnal endurance 3(2) juni : h. 400-407)

Hastuti, Dwi & Anna Rosita Khoirunnisa. (2017). Penatalaksanaan Terapi Diare pada Pasien Balita di Rumah Sakit PKU Muhammadiyyah Kota yogyakara Periode Juli-Desember 2015. Program Studi D III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta.

Ihsan & Sriyanti. (2019). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Kejadian Diare pada Anak Balita di Dusun Sigi Desa Wora Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga.

Inez Putri, Anastasia & Wahyu Tri Astuti. (2019). Pemberian Pendidikan kesehatan Terapi Zink untuk Mengurangi Frekuensi diare. Jurnal keperawatan Karya Bhakti. Bul, 5. No 1.

Jufri, Simampouw Oksfriani. (2017). Diare Balita Suatu Tinjauan dari Bidang Kesehatan Masyarakat. Edited by Dodit Setiawan. Yogyakarta: Deepublish.

Juvitha, devi Chandra, dkk. (2019). Gambaran Kasus Diare Akut pada Anak di Bawah 5 tahun yang dirawat Inap di RSU Provinsi NTB. Jurnal Kedokteran Unram.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta

Lakshmi Anbhusekvam Vidya, dkk. (2019). Implementasi lintas diare dan penggunaan obat antidiare pada anak dengan diare. Directory Of Open Access Journals.

Muji Rahayu, Fitri. Asuhan Kebidanan pada Anak Batita dengan diare dan Dehidrasi Sedang di Puskesma Mojoagung Kabupaten Jombang. Jurnal DII Kebidaan dan Prodi D III Keperawatan.

Noorbaya, Siti, dkk. (2019). Panduan Belajar Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Geosyen Publishing : Yogyakarta.

Perawati, dkk. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan penyakit diare pada balita di desa Sarudu kecamatan sarudu kabupaten pasangkayu. Jurnal utd.

Putri Ariani, Ayu A. (2016). Diare Pencegahan dan Pengobatannya. John budi. Yogyakarta

Rane, Silvia, dkk. (2017). Hubungan tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare dengan Kejadian diare Akut pada Balita di Kelurahan Lubuk Buaya Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2013. Jurnal FK Unand.

Ramona, dkk. (2020). Acute Diarrhea With Rotavirus in Children. Research and Science Today Journal.

Ratnawati, Mamik, dkk. (2019). Pemberdayaan Ibu dalam Mengenali Diare pada Anak dan cara Pencegahan Diare di Posyandu Kali Kejambon Kecamatan Tembelang Kabuoaten Jombang. Jurnal Masyarakat Mandiri.

Sugiharto, L & Setiadi, A. (2019.). Belajar Istilah Kedokteran. II. Edited by Kasdin Sihontang. Jakarta: Grafindo.

Shabbir Laghar, Ghuam. (2019). Effect of Zinc Supplementation on the Frequency and Consistency of Stool in Children with Acute Diarrhea.. diakses pada tanggal 21 juni 2020 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6506273.

Simbolon, Demsa. (2019). Pencegahan Stunting Melalui Intervensi Gizi Spesifik Pada Ibu Menyusui Anak Usia 0-24 Bulan. 1st edn. Jakarta

Sandra, Pipit, dkk. (2017). Profil Terapi Diare Akut pada Pasien Anak Rawat Inap di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya.

Susanti, Tinuk & Supriani. (2020). Evaluasi Penggunaan Antibiotik pada Pasien Anak Dengan Diare. Jurnal Farmasetis Volume 8, No.1.

Urooj, Sarwat, dkk. (2017). Comparison of the effectiveness of zinc supplementation in tablets form with that of the suspension form in the treatment of acute diarrhoea. Journal Of Pakisan Association.

Wibowo, doni, dkk. (2020). Hubungan Dehidrasi Dengan Komplikasi Kejang pada Pasien Diare Usia 0-5 tahun di RSD Idaman Banjar baru.Dinamka Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan vol 10 No.1 Juli.

Wardani, Septi. (2017). Bagaimanakah Pengkajian dan Pemberian Rehidrasi pada Anak Diare Akut di Rumah Sakit?. Universsity Research Colloquium.

Yolanda, cindy, dkk. (2020). Faktor Resiko Diare Akut pada Balita di Kecamatan Ulee Kareng. Jurnal Aceh Medika, Vol.4, No. 1.

Yusuf, Sulaiman, dkk. (2011). Gambaran Derajat dehidrasi dan Gangguan Fungsi Ginjal pada Diare Akut. Sari Pediatri. Bil. 13, No.3

Yales Putri, Arfinda. (2016). Asuhan kebidanan Pada Balita Usia 2-5 Tahun Gastroenteritis dengan Dehidrasi Sedang di Ruang Seruni RSUD Kabuoaten Jombang. Prodi D III Kebidaan Stikes Pemkab Jombang.

Zhang, Zike. (2017). Etiology of acute diarrhea in the elderly in China: A six-year observational study. PLOS ONE.

Zein, Umar & Emir el-Newi. (2019). Ilmu Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Published
2021-03-15
How to Cite
Amaliah, N., Mumthi’ah Al Kautsar, A., & Syatirah, S. (2021). MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN PADA BALITA DENGAN DIARE AKUT DISERTAI DENGAN DEHIDRASI BERAT (LITERATUR REVIEW). Jurnal Midwifery, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.24252/jmw.v3i1.20291
Section
Artikel
Abstract viewed = 4212 times