Management of Adolescent Midwifery Care in Ms. F With Chronic Energy Deficiency in SMA Guppi Samata Gowa in 2022

Manajemen Asuhan Kebidanan Remaja pada Nn.”F” dengan Kekurangan Energi Kronik di SMA Guppi Samata Gowa Tahun 2022

  • Nur Alia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Saleha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A.Dian Diarfah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Teenage; Chronic Energy Deficiency; 7-stages of Varney

Abstract

Kekurangan Energi Kronik merupakan adanya ketimbangan asupan gizi, energi, dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanda dan gejala KEK yaitu remaja terlihat kurus, IMT ≤ 17, serta Lila ≤ 23,5 cm. Secara global data WUS usia 15-19, tahun 2018 sebanyak  (33,5%), di Indonesia tahun 2018 mencapai (31,8%), menurut Dinkes Sulawesi Selatan tahun 2020 mencapai (34,59 %). Sedangkan data di SMA Guppi Samata Gowa terdapat 9 remaja putri yang mengalami KEK dari 20 remaja putri yang telah diperiksa.

            Tujuan penelitian ini adalah melaksanakan asuhan kebidanan remaja pada Nn. “F” dengan KEK di SMA Guppi Samata Gowa tahun 2022 selama ± 5 minggu. Metode yang digunakan adalah asuhan kebidanan 7 langkah varney dan SOAP.

            Hasil studi kasus yang dilakukan pada Nn. “F” dengan KEK yaitu meningkatnya BB, awalnya BB 42 kg menjadi 44 kg, IMT awalnya 16,00 menjadi 16,76 serta Lila dari 23 cm menjadi 23,5 cm. Tindakan yang dilakukan yaitu memberikan contoh tabel menu makanan sehari-hari serta memberikan pendidikan kesehatan tentang KEK.

            Kesimpulan studi kasus tersebut menunjukkan bahwa asuhan yang diberikan berhasil, dengan meningkatnya berat badan, ukuran Lila serta nafsu makan. Studi kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada kesenjangan dengan teori yang didapatkan dilapangan.

References

Al Kautzar, Mumthi’ah, Anieq. Dkk. 2021 Kesehatan perempuan. Provinsi Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Amseke, Victoria, Fredericksen, dan Dian, Diarfah, Andi. 2021. Teori Dan Aplikasi Psikologi Perkembangan. Provinsi Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Almaitser, Sunita. 2011. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT. Gramedia.

Anisatun, Azizah, & Merryana, Adriani, 2017. Tingkat Kecukupan Energi Protein Pada Ibu Hamil, Trimester Pertama dan Kejadian Kekurangan Energi Kronik, Media Gizi Indonesia Vol 12, No 1

Ashriady. 2021. Epidemiologi Gizi. Bandung : Media Sains Indonessia.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat. 2012.

Dewi, Mustika dan Mega Ulfah. 2021. Buku Ajar Gizi dan Diet, Surabaya : Publishing.

Devi, N. 2010. Nutrittion And Food. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara.

Dieny, F.F., Ayu, R. And Dewi Marfu’ah Kurniawati. 2019. Gizi Prakonsepsi Edited by nur Syansiah. Jakarta : Bumi Medika

Elkarimah, Mia Fitriah. 2016. Kajian Al-qur’an dan hadist tentang Kesehatan Jasmani dan Rohani. Tajdid, Vol Xv, No. 1, Januari-Juni 2016.s.

Handayani, Sri dan Budianingrum, Suci. 2011. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Wedi Klaten.

Hariyani , S. 2011. Gizi Untuk kesehatan Ibu dan anak. Jakarta : Graha Ilmu.

Helena, 2013. Gambaran Pengetahuan Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama dan Pola Makan Dalam Pemenuhan Gizi. Jakarta : PT. Primamedia Pustaka.

Husaini, M. A. 2006. Hidup Sehat Gizi Seimbang Dalam Siklus Kehidupan Manusia. Jakarta : PT. Primamedia Pustaka.

Ika Wardani, Priscelia, dkk.2019. Hubungan Body Image dan Pola Makan dengan Kekurangan Energi Kronik (KEK) Pada Remaja Putri SMAdi Jawa Barat. Jakarta : Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”

Ismiyati, Atik. 2018. Modul Praktik Asuhan Kebidanan Holistik Pada Remaja dan Pra Nikah. Yogyakarta : Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes

Kartika, Mahirawati Vita. 2014. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada Ibu Hamil. Jawa Timur : Medical Book.

Labuan, D.W.B dan A. 2019. Hubungan Pemanfaatan Posyandu Pra Konsepsi Dengan Status Gizi Wanita Pra Konsepsi di Desa Lokasi Fokus Stunting Kabupaten Banggai.

Lubis, Dinar Saurmauli, Dkk. 2021. Modul Pendidikan Kesehatan Dan Pemenuhan Gizi Seimbang Pada Remaja Putri. Bali : Panuduh AtmaWaras.

Mulyani, S & Cahyanto, E. B. 2016. Dukungan Petugas Kesehatan Dengan Model. Jakarta : ECG.

Notoatmodjo, 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Noviyanti, Retno Dwi & Marfuah, D. 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik dan Pola Makan Terhadap StatusGizi Remaja di kelurahan Purwosari Laweyan Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.

Octavia, Shilphy. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta : Deepublish

Patricia, Stephanie, & Sari, Komang Ayu Kartika. 2014. Gambaran Kejadian Kekurangan Energi Kronik dan Pola Makan Wanita Usia Subur di Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan Klungkung Bali, Bali : E-Jurnal.

Pujiatun, 2014. Hubungan Tingkat Konsumsi Energi Dan Protein Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) Pada Siswa Putri di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta, Surakarta : Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rasmaniar, dkk. 2022. Pelatihan Gizi Bagi Kader Posyandu Remaja. Yayasan Kita Menulis.

Rosida, Cahaya, A.D. 2019. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Yogyakarta : Pustaka Baru

Sediaoetama, 2014. Ilmu gizi Untuk Mahasiswa dan Profesi. Jilid II. Jakarta : Dian Rakyat.

Simbolon, Demsa dkk. 2018. Modul Edukasi Gizi Pencegahan dan Penanggulangan Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan Anemia Pada Ibu Hamil. Yogyakarta : Deepublish.

Supriasa, I. D. N, Bakri, B, & Fajar I. 2016. Penilaian Status Gizi. Jakarta : ECG.

Surachmidari, & Yulifah, Rita. 2013. Konsep Kebidanan Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta Selatan : Salemba Medika

Surachmindari, & Yulifah, Rita. 2013. Konsep Kebidanan Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta Selatan : Salemba Medika.

Utami, Rahmawati Nur. 2020. Pengetahuan Remaja Putri tentang Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan Anemia Pada Siswi SMAN 11 Semarang, Semarang : Diploma Thesis, Faculty Of Nursing and Health.

World Health Organization. Indonesia source GLOBOCAN 2018 ( Internet ). Vol.256,International AgencyforResearch on cancer, 2019. Available from;http;//gco.iarc.fr/Diakses 10 maret 2022. Jam: 20:10.

Published
2024-02-13
Section
Artikel
Abstract viewed = 72 times