Masa kanak-kanak merupakan masa Faktor Keluarga Terhadap Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Hidayah

Faktor Keluarga Terhadap Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Hidayah

  • Evalina Fajriani S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan UNIQHBA
    (ID)
  • Fitria Yulastini Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan UNIQHBA
    (ID)
  • Diah Ulfa Hidayati Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan UNIQHBA
    (ID)
Kata Kunci: Faktor Keluarga; Perkembangan Anak; Usia 5-6 Tahun

Abstrak

ABSTRAK

Pendahuluan Masa kanak-kanak merupakan masa yang tepat untuk memulai memberikan stimulus agar anak dapat berkembang secara optimal, karena apa yang dipelajari anak di awal kehidupan akan mempunyai dampak pada kehidupan di masa yang akan datang. Pembentukan anak berawal dari keluarga. Keluarga dianggap sebagai lembaga pertama bagi anaknya dalam memberikan konsep yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangannya. Peranan orang tua memberikan bimbingan bagi anaknya dalam pembentukan karakter dan kepribadian dalam setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Kehidupan keluarga adalah lingkungan yang penting bagi anak-anak prasekolah untuk mempelajari keterampilan bertahan hidup dan orang tua memainkan peran yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan mereka. Selain itu, setiap orang maupun keluarga mempunyai sejarah atau panutan tersendiri dalam pengasuhan anaknya. Melalui proses pengasuhan yang baik dan bermutu maka orang tua menerapkan pola asuh yang paling tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya.

Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional

Hasil Berdasarkan hasil penelitian sebanyak (83,3%) memiliki perkembangan yang sesuai, sebanyak (56,7%) berada pada usia 6 tahun, sebanyak (60,0 %) memiliki lebih dari satu saudara, sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh Demokratis sebanyak (90,0%) keluarga.

Kesimpulan Terdapat hubungan faktor keluarga terhadap perkembangan anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hidayah

 

Referensi

Aulia, K. 2020. “Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat disiplin anak usia 5-6 tahun di tk azzahra preschool (UIN Sumatera Utara)”. UIN Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/10346/1/Skripsi Karina Aulia Revisi.pdf

Fadlan, A., & Kasmadi, N. 2019. “Pola asuh orang tua dalam pembinaan moral anak usia dini”.Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.55

Fatmawati. 2020. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. 2021. “Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring”. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Filisyamala, J., Hariyono, H., & Rali, M. 2016. “Bentuk pola asuh demokratis dalam kedisiplinan siswa Sd”. Jurnal Pendidikan, 1, 668–672.

Handayani, R. 2021. “Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga”. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797

Hu, Q. X., & Feng, Q. S. 2022. “Parenting style and prosocial behaviour among chinese preschool children: A moderation model”. Early Child Development and Care, 192(9), 1444–1461. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1888942

Juhardin, H. Jamaluddin Hos, dan H. S. R. 2013. “Dampak pola asuh orang tua terhadap perilaku anak”. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kementerian PPN/ Bappenas. 2018. “Pedoman Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten/Kota”. Rencana Aksi Nasional Dalam Rangka Penurunan Stunting: Rembuk Stunting, November, 1–51. https://www.bappenas.go.id

Kementrian Kesehatan RI. 2022. “Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar”. Kementerian Kesehatan RI.

Kholifah, K. 2018. “Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional paud tk muslimat nu 1 tuban”. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 61–75. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24446.

Malonda, E., Llorca, A., Mesurado, B., Samper, P., & Vicenta Mestre, M. 2019. “Parents or peers? Predictors of prosocial behavior and aggression: A longitudinal study”. Frontiers in Psychology, 10(OCT), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02379

Masni, H. 2017. “Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa”.Jurnal Ilmiah Dikdaya, 17(1) https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i1.41

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. 2017. “Pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah (usia 3-6 Tahun)”. Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. 2020. “Pengaruh pola asuh permisif terhadap kemandirian anak usia dini”. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92.

Rakhmawati, I. 2015. “Peran keluarga dalam pengasuhan anak”. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18

Ren, L., & Edwards, C. P. 2017. “Chinese parents’ expectations and child preacademic skills: The indirect role of parenting and social competence”. Early Education and Development, 28(8), 1052– 1071. https://doi.org/10.1080/10409289.2017.1319784

Riskesdas K. 2018. “Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS)”. J Phys A Math Theor. 44(8):1-200. doi:10.1088/1751-8113/44/8/085201

Sari, C. W. P. 2020. “Pengaruh pola asuh otoriter orang tua bagi kehidupan sosial anak”. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.597

Subagia, I. N. 2021. “Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak”. Bali: Nilacakra.

Sunarty, K. 2016. “Hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak”. Journal of Educational

Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Syahailatua J, Kartini K. 2020. “Pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang berhubungan dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun”. Jurnal Biomedika dan Kesehatan (2):77-83.

Wahyudi, D., & Arsana, I. M. 2014. “Peran keluarga dalam membina sopan santun anak di desa galis”. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(2), 290–304

Yan, Z., Han, C., Tian, X., & Lv, B. 2021. “The influence of parenting style on sibling relations among children aged 4–6 in rural areas in Northern China–a regression model”. European Early Childhood Education Research Journal, 29(4), 533–546. https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1941168

Diterbitkan
2023-09-06
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 160 times