Komunikasi Persuasif Dosen dalam Memberikan Motiviasi untuk Mahasiswa Kebidanan

Lecturer Persuasive Communication in Providing Motivation for Midwifery Students

  • Dea Audia Elsaid Universitas Almarisah Madani
    (ID)
  • Nurfaizah Alza Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suherli Universitas Almarisah Madani
    (ID)
  • Muh Nurqadri Jamal Universitas Almarisah Madani
    (ID)
  • Istiqamah Desiana Universitas Almarisah Madani
    (ID)
Keywords: Persuasive Communication; Motivation; Lecturer; Student

Abstract

Persuasive communication is a process and strategy in communication to convey the lecturer's message and motivation to students to implement positive things that a student should have. Method This study uses a qualitative method. The data collection technique is by interviewing and then getting the results by describing them in the form of words. Result The students gave almost the same responses. Assumes that the Midwifery Study Program Lecturers have carried out positive persuasive communication in providing motivation to students. This always happens before or after class starts. Conclusion In this series of communications there is positive motivation and the lecturer applies psychodynamic strategies to touch the psychological aspects of students.

References

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ardana, Komang dkk, 2008. Perilaku Keorganisasian. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Cahyani, A. dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3, Nomor 1.

Christy, N. J., & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap motivasi belajar siswa saat Pandemi Covid-19. Koneksi, 5(1), 187. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10231

Costa, R. O. (2022). Pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Alam Tunas Mulia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4794–4804 https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2809.

Dedy Djamaluddin dan Iriantara, Yosal. 1994. Komunikasi Pesuasif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dyatmika, Teddy.2021. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta :Zahir publishing.

Ibnu. 2014. Pengaruh Komunikasi, Motivasi, keahlian dan kepemimpinan Terhadap kepuasan Kerja karyawan Koperasi Sopir Transportasi Indonesia (KOSTI SOLO). Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Internasional Laboour Organizatinon. (2022). The Effective Employers’ Organization.

Johnson, Alvonco.2014. Practical Communication Skill. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Lina, Masruroh. 2020. Komunikasi Persuasif dalam Dakwah Konteks Indonesia. Scopindo Media Pustaka.

Mahendra, A., & Flowerina, I. (2021). Pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas X SMKN 1 Sumbar pada masa pandemi Covid-19. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(3), 66–75. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i1.134.

Mukarom, dkk. 2015. Manajemen Public Relation Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung: Pustaka Setia.

Risa Dkk. 202. Pengaruh Motivasi dan Sarana Belajar Online Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.14, No.1, 2021.

Soemirat, Soleh dan Asep Suryana. 2017. Komunikasi Persuasif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sunyoto, Danang. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: Buku Kita.

Suranto. 2005. Komunikasi Perkantoran: Prinsip komunikasi untuk meningkatkan kinerja perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Jakarta, Kencana.

Roudhonah. 2019. Ilmu Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mukarom, Zainal, dkk. 2015. Manajemen Public Relation Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wardani, Novita Ika, dkk. 2022. Psikologi Dasar Dan Pengembangan Kepribadian. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Wisarja, I. K., & Sudarsana, I. K. 2017. Praksis Pendidikan Menurut Habermas (Rekonstruksi Teori Evolusi Sosial Melalui Proses Belajar Masyarakat). Indonesian Journal of Educational Research.

Widarti, W. (2024). Komunikasi persuasif meningkatkan motivasi belajar mahasiswa semester III Periklanan UBSI Pemuda. J-Ika, 10(2), 99–104. https://doi.org/10.31294/kom.v10i2.21726.

Published
2024-08-30
How to Cite
Elsaid, D. A., Alza, N., Suherli, Jamal, M. N., & Desiana, I. (2024). Komunikasi Persuasif Dosen dalam Memberikan Motiviasi untuk Mahasiswa Kebidanan: Lecturer Persuasive Communication in Providing Motivation for Midwifery Students. Jurnal Midwifery, 6(2), 192-199. https://doi.org/10.24252/jmw.v6i2.50759
Section
Artikel
Abstract viewed = 70 times