Skrining Kesehatan Jiwa: Mengenal dan Mencegah Masalah Kesehatan Jiwa Pada Anak Usia Sekolah

  • Rasmawati Rasmawati ( SINTA ID : 6643993) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-6004-9047
  • Muthahharah Muthahharah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syisnawati Syisnawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Hadrayani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Adriana Amal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rasdiyanah Rasdiyanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nagawati Nagawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
##semicolon## kesehatan jiwa, bullying, anak usia sekolah, pendidikan kesehatan, skrining, kuesioner kekuatan dan kesulitan

Abstrak

Masalah kesehatan jiwa pada anak merupakan isu yang memiliki signifikansi yang besar dalam perkembangan anak. . Masalah kesehatan jiwa pada tahap ini digambarkan sebagai perubahan serius dalam cara anak-anak belajar, berperilaku, atau menangani emosi mereka, yang menyebabkan kesulitan dan masalah dalam menjalani hari. Kegiatan skrining kesehatan jiwa penting dilakukan sebagai upaya mengidentifikasi masalah masalah kesehatan jiwa anak secara dini dan memberikan intervensi yang sesuai. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah skrining menggunakan kuesioenr kekuatan dan kesulitan, langkah selanjurnya memberikan pendidikan kesehatan mengenai cara mengenal dan mencegah masalah kesehatan jiwa anak usia sekolah. Hasil: terdapat 10 anak yang dilakukan skrining dan menemukan adanya masalah kondisi mental dan emosional yang dialami oleh anak yakni nilai abnormal pada skor total kesulitan, skor masalah emosional, Skor Masalah Conduct dan Skor Masalah Teman. Terdapat peningkatan pengetahuan siswa mengenai cara mengenal dan mencegah masalah kesehatan jiwa pada anak. Perlu dilakukan pendampingan terhadap siswa untuk meningkatkan kesehatan jiwa khusunya pada anak usia sekolah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

RASMAWATI, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep. J

Email : rasmawati.ners@uin-alauddin.ac.id

Education Baground :

1. S1 Keperawatan Universitas Hasanuddin

2. Profesi Ners Universitas Hasanuddin

3. S2 Keperawatan Jiwa Universitas Indonesia

4. Spesialis Keperawatan Jiwa Universitas Indonesia

 

Work Experience :

1. Perawat RS Unhas 2012-2014

2. Dosen Keperawatan Jiwa STIK Makassar 2013-2019

3. Dosen Keperawatan Jiwa UIN Alauddin Makassar 2019- Sekarang

 

##submission.citations##

Astaria, W., Putri, A., Triski Syahputri, A., Oktarina, Y., Program Studi Keperawatan Universitas Jambi, M., & Program Studi Keperawatan Universitas Jambi, D. (2022). Edukasi Kesehatan Jiwa pada Masa SMA di masa pandemi Covid 19. MEDIC, 5, 358361.

Goodman, A., & Goodman, R. (2009). Strengths and difficulties questionnaire as a dimensional measure of child mental health. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 48(4), 400–403. https://doi.org/10.1097/CHI.0b013e3181985068

Istiqomah, I. (2017). Parameter Psikometri Alat Ukur Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 251–264. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1756

Keliat, B. A. (2018). Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (Mental Health and Psychosocial Support) Keperawatan Jiwa. In Ipkji (p. 102).

Muris, P., Meesters, C., & Van den Berg, F. (2003). The Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) further evidence for its reliability and validity in a community sample of Dutch children and adolescents. European Child and Adolescent Psychiatry, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.1007/s00787-003-0298-2

National Institutes of Health. (2021). Children and Mental Health: Is This Just a Stage? NIH Publication. https://www.nimh.nih.gov/health/publications/children-and-mental-health#:~:text=Mental disorders can begin in,traumatic stress disorder (PTSD).

Raising Children.net.au. (2022). Mental health problems in children 3-8 years: signs and support. Raising Children.Net.Au The Australian Parenting Website.

Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (2020). Sistem Pendeteksi Dini Kesehatan Mental Emosional Anak Usia 4-17 Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 83. https://doi.org/10.24853/justit.10.2.83-93

Sari, M., Arbianingsih, A., & Amal, A. A. (2019). The Analysis of The Incidence of Depression and Risk of Suicide Using Buddy App on Teenagers in Makassar. Journal of Health Science and Prevention, 3(3S), 110–115. https://doi.org/10.29080/jhsp.v3i3s.286

Schulte-Körne, G. (2016). Mental Health Problems in a School Setting in Children and Adolescents. Deutsches Arzteblatt International, 113(11), 1515–1525. https://doi.org/10.3238/arztebl.2016.0183

Wahyuni, I., Windarwati, H. D., & Fevriasanty, F. I. (2023). Factors that Affect Mental Health in Elementary School Children: Scoping Review. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2), 69–76. https://doi.org/10.30604/jika.v8i2.1535

World Health Organization. (2021). Improving the mental and brain health of children and adolescents. World Health Organization. https://www.who.int/activities/improving-the-mental-and-brain-health-of-children-and-adolescents

Yolanda, M., & Ahmalia, R. (2021). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Kekerasan Pada Remaja. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 7(2), 92–96. https://doi.org/10.33653/jkp.v7i2.487

Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 200 times