HUBUNGAN PERMAINAN VIDEO GAMES (PLAYSTATION) DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK DAN REMAJA DI AREA TERMINAL KABUPATEN BULUKUMBA

  • Fatmawati Fatmawati

Abstract

Perilaku agresif di kalangan anak, khususnya anak dan remaja, dari tahun ketahun semakin meningkat, baik dari jumlahnya maupun variasi bentuk perilaku agresif yang dimunculkan. Salah satu menjadi pemicu terjadinya tindakan agresif oleh anak adalah permainan video games (playstation).Agresivitas dan kebiasaan berbicara tanpa kendali, bahkan cacian, tentu saja berdampak negatif bagi perkembangan anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan permainan video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di area terminal Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik mengunakan pendekatan “cross-sectional” sampel penelitian ini sebanyak 40 responden, yang terdiri dari kategori anak yaitu sebanyak 35 responden (87,5%) dan pada kategori remaja yaitu sebanyak 5 responden (12,5%). Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji statistik Chi- square dan untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan dari dua variabel tersebut maka digunakan uji korelasi Spearman. Dari hasil analisis tersebut dapat diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara frekuensi bermain video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di area terminal Kabupaten Bulukumba dengan significancy ρ < 0,001 atau ρ < 0,05 dan untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan maka digunakan uji korelasi Spearman, sehingga diperoleh nilai significansy 0,001 yang menunjukkan bahwa korelasi antara permainan video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di Area Terminal Kabupaten Bulukumba adalah bermakna. Nilai korelasi Spearman sebesar 0,772 menunjukkan bahwa arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang kuat.Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara permainan video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di area terminal kabupaten bulukumba yang positif dan kuat.
Kata kunci : Permainan video games (playstation) ,perilaku agresif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachtiar, Najibah. (2013). “Dampak Teknologi Permainan Modern Terhadap Kehidupan Anak Dan Remaja Di Kompleks Bumi Tamalanrea Permai (Btp) Makassar”. Jurnal Penelian Jurusan Antropologi : Universitas Hasanuddin Makassar.

Dahlan, M. Sopiyudin. (2012). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan., ed.5. Jakarta: Salemba Medika.

Dharma, Kelana Kusuma. (2011). Metodologi penelitian keperawatan panduan panduan melaksanakan dan menerapkan hasil peneltian. Jakarta : Trans Info Media.

Ernawati, Sri. (2012). “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Agresif Pada Siswa SMUN I Rembang”. Universitas Sahid Surakarta : Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Kesehatan.

Guswani, Aprius Maduwita., dkk. (2011). “Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Kematangan Emosi”. Fakultas Psikologi : Unirvistas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, Alimul, A.Aziz. (2011). Metode Penelitian Kebidanan dan Tekhnik Analisis Data. Salemba medika : Jakarta.

Jahja, Yudrik. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Prenada Media Group.

Juwardi. (2013). “Pengaruh Playstation Terhadap Perilaku Agresif Siswa di MI Tarbiyatussibyan Karangrayung Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013”. Jurnal Penelitian Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan : UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Malahayati, Dara. (2012). “Hubungan Kebiasaan Bermain Video Game dengan Tingkat Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah”. Jurnal Penelitian Fakultas Ilmu Keperawatan Program Sarjana Reguler : Depok.

Notoadmojo. (2010). Promosi Kesehatan : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta : Jakarta.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, ed.3. Jakarta : Salemba Medika.

Putri, Ria Hairiah Nuriani. (2011). “Hubungan Perilaku Sosial Dengan Agresivitas Siswa di SMK Negeri 1 Cikarang Barat”. Jurnal Psikologi : Universitas Padjajaran.

Ramhadani, Ardi. (2013). “Hubungan Motif Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresivitas Remaja Awal (Studi Kasus Di Warnet Zerowings, Kandela Dan Mutant Di Samarinda)”. Fakultas Ilmu Sosial dan politik : Universitas Mulawarman.

Saryono., Anggraeni, Mekar Dewi. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Nuha Medika: Yokyakarta.

Siddiqah, Laela. (2010). “Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah”. Fakultas Psikologi : Universitas Gajah Mada.

Stikes Panrita Husada. (2015). “Buku Panduan Penyusunan Skripsi”. Ooasa : Bulukumba.

Sugiono. (2014). Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta : Bandung.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Tiani, Anis. (2014). “Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresif Anak Di Surakarta”. Jurnal Kesehatan : Universitas Surakarta.

Widyastuti, Yeni. (2014). Psikologi Sosial.

Yogyakarta : Graha Ilmu.

Published
2017-12-31
How to Cite
Fatmawati, F. (2017). HUBUNGAN PERMAINAN VIDEO GAMES (PLAYSTATION) DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK DAN REMAJA DI AREA TERMINAL KABUPATEN BULUKUMBA. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 20-29. https://doi.org/10.24252/join.v2i2.3978
Abstract viewed = 749 times