PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CUCI TANGAN MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL

  • Nur Ridha Sasmitha
  • Ani Auli Ilmi
  • Huriati Huriati

Abstract

Perilaku cuci tangan sering dianggap sebagai hal yang sepele di masyarakat, padahal cuci tangan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan status kesehatan masyarakat. Anak-anak usia sekolah mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perlunya cuci tangan dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika dilingkungan sekolah. Sehingga anak usia sekolah sangat perlu diberikan pendidikan kesehatan. penggunaan media dalam proses pendidikan kesehatan dan pemberian informasi meningkatkan keefektifan dan keaktifan siswa, tergantung dari jenisnya, ketersediaannya dan kemampuan dalam mempergunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan audiovisual terhadap pengetahuan cuci tangan pada anak usia sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen dengan rancangan Pre test-Post test with Control Group. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai November 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI dengan jumlah populasi 102 orang.. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 21 responden. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan Wilcoxon test dan Mann-Whitney Test Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden pada kelompok intervensi memiliki pengetahuan saat pre-test dalam kategori baik yaitu sebanyak 12 responden (57,1) dan nilai pengetahuan saat post-test meningkat menjadi 17 responden (81%) dalam kategori baik. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak terjadi peningkatan pengetahuan yaitu sebagian besar responden pada kelompok kontrol memiliki pengetahuan saat pre-test dan post-test dalam kategori baik sebanyak 12 responden (57,1%). Hasil uji statistik dengan Mann-Whitney test didapatkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan audiovisual terhadap pengetahuan tentang cuci tangan pada anak usia sekolah (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, media video ini dapat menjadi salah satu media yang efektif digunakan dalam penyuluhan kesehatan. Selain itu, sebaiknya petugas kesehatan terutama bekerja sama dengan instansi pendidikan mengadakan pendidikan kesehatan dengan memanfaatkan media audiovisual agar dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi anak usia sekolah tentang cuci tangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edyati, Luluq. 2014. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan dengan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene Siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo.

Effendi, Nasrul. 2012. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Ed.2). Jakarta: EGC.

Depkes RI. 2014. InfoDATIN Kondisi Pencapaian Program Kesehatan Anak Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrerian Kesehatan RI.

Listyarini, Anita Dyah & Hindriyastuti, Sri. 2017.Penyuluhan Dengan Media Audio Visual Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Sehat Anak Usia Sekolah THE 5 URECOL PROCEEDING.

Lufianti, A. 2010. Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Perawatan Payudara (Breast Care) Dengan Video Compact Disc (VCD) Dibanding Dengan Phantom Terhadap Pengetahuan Dan Motivasi Belajar (Pada Mahasiswa DIII Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan An-Nur Purwodadi. Teesis. Universitas Sebelas Maret. p: 14.

Mubarak, Wahit Iqbal. 2007. Promosi Kesehatan : Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007 Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.

Septianingrum, Devi. 2005. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan dengan Media Audiovisual (Video) dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Anak SD di Kota Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Shihab, M Quraish. 2002. Tafsir Al- Mishbah: pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’’an Vol. IV, Vol. VII, dan Vol. VIII. Jakarta: Lentera Hati.

Published
2017-12-31
How to Cite
Sasmitha, N. R., Ilmi, A. A., & Huriati, H. (2017). PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CUCI TANGAN MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 43-51. https://doi.org/10.24252/join.v2i2.3980
Abstract viewed = 1516 times