PENGARUH COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) TERHADAP ANSIETAS REMAJA DI WILAYAH RAWAN BANJIR

  • Fajriyah Nur Afriyanti School of Nursing, Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta
    (ID)
  • Mustikasari Mustikasari Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Depok
  • Herni Susanti Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Depok

Abstract

Objektif : Remaja cenderung beresiko mengalami ansietas yang disebabkan oleh kejadian bencana alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh cognitive behaviour therapy (CBT) terhadap tingkat ansietas remaja di wilayah banjir.

Metode: Desain peneliatian Quasi experimental with control group pretest-posttest dengan tekhik purposive sampling dan dilanjutkan cluster random sampling. Terdapat 73 sampel yaitu 37 intervensi dan 36 kontrol, dan tindakan keperawatan ners dan CBT sebanyak 4 kali pertemuan.

Hasil: hasil menujukkan bahwa ada penurunan yang signifikan dari tingkat ansietas (p-value <0,05) pada kelompok yang dirawat dengan menggunakan intervensi keperawatan ners dan CBT, serta penurunan signifikan lebih besar daripada kelompok yang hanya diintervensi dengan keperawatan ners.

Kesimpulan: CBT dapat menurunkan tingkat ansietas pada remaja di wilayah bencana banjir, sehingga dapat direkomendasikan perlunya pengembangan program kesehatan jiwa remaja berbasis keperawatan komunitas.

 

Kata kunci: CBT, Ansietas, Banjir, Remaja

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fajriyah Nur Afriyanti, School of Nursing, Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta
Psychiatric of Nursing Department
Published
2018-12-31
How to Cite
Afriyanti, F. N., Mustikasari, M., & Susanti, H. (2018). PENGARUH COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) TERHADAP ANSIETAS REMAJA DI WILAYAH RAWAN BANJIR. Journal of Islamic Nursing, 3(2), 1-6. https://doi.org/10.24252/join.v3i2.6470
Abstract viewed = 540 times