Eksistensi Baitul Muslimin Indonesia Sebagai Organisasi Sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Kinerja Persuasi Politik

  • Abon Ronaldi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
    (ID)
  • Andi Faisal Bakti Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
    (ID)
Keywords: Political Persuasion, Baitul Muslimin Indonesia, PDIP

Abstract

Permasalahan yang menghiasi dunia perpolitikan di Indonesia adalah politik manipulatif yang cenderung mendiskreditkan lawan politik. Artikel ini bertujuan untuk menelaah tentang Baitul Muslimin Indonesia sebagai organisasi sayap dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif analitis kualitatif berbasis studi pustaka. Data primer bersumber dari buku, jurnal dan berita. Teori yang digunakan adalah perspektif persuasi politik Dan Nimmo yang memuat konsep propaganda, periklanan dan retorika politik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa eksistensi BAMUSI adalah sebagai upaya preventif dari banyaknya stigma negatif terhadap PDIP. Praktik propaganda yang dilakukan kepada PDIP merupakan propaganda name calling. Meski bernuansa negatif, propaganda ini dinilai efektif sebagai bentuk strategi pengikisan kredibilitas lawan politik. Kendati demikian, organisasi sayap partai politik ini terus melakukan penguatan identitas partai induknya. Misalnya dengan membuat periklanan non-komersil yang bersifat persuasif. Dan juga retorika dari ketokohan PDIP dilakukan dengan tidak bermuatan negatif seperti retorika nasihat (ekshortif).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abioje, P. O. (2011). A critique of commercialization of religions in Nigeria via the mass media. Ilorin Journal of Religious Studies, 1(2), Article 2.

Alvian, Y., & Laudry, S. (2020). Propaganda Covid-19 terhadap awareness Masyarakat Surabaya untuk mengikuti program kerja pemerintah. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(1), 27–41.

Aminuddin, M. F., & Ramadlan, M. F. (2022). Match-All Party: Pragmatisme Politik dan Munculnya Spesies Baru Partai Politik di Indonesia Pasca Pemilu 2009. Jurnal Politik, 1(1), 40–74.

Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), Article 2.

Aprillia, H., & Baitullah. (2019). Persuasif pada Spanduk Pilkadadi Kabupaten Merangin Tahun 2017-2018. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), Article 1.

Asroni, A., Yusup, M., & Sofia, A. (2013). Dakwah dan Politik: Menakar Kontribusi Organisasi Islam Sayap Partai Politik bagi Masyarakat Muslim Yogyakarta. Jurnal Dakwah, 14(1), 27–50.

Asrul. (2013, Desember 24). Hamka Haq Berdakwah Lewat Jalur Parpol. Retrieved Desember 20, 2022, from uin-alauddin.ac.id: https://uin-alauddin.ac.id/berita/detail/hamka-haq-berdakwah-lewat-jalur-parpol

Bachtiar, A. Y., Perkasa, D. H., & Sadikun, M. R. (2016). Peran Media dalam Propaganda. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 78–89.

Bakti, A. F., & Lecomte, I. (2015). The Integration of Dakwah in Journalism: Peace Journalism. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), Article 1.

Barata, M. F., & Simanjuntak, M. B. (2019). Strategi Publisitas dan Propaganda Politik (Studi pada Kandidat Presiden & Wakil Presiden, Jokowi-KH. Ma’ruf Amin). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(2), Article 2.

Bettinghaus, E. P. (1973). Persuasive Communication (2nd ed.). Holt, Reinhart and Winston.

Budiana, M., Bainus, A., Widya, R., S, S., & Muradi, -. (2018). Regional Election Winning Strategy of the Indonesian Democratic Party of Struggle (PDIP) in North Coast Area of West Java Province (Case Study in Subang and Cirebon Regencies). Journal of Social and Development Sciences, 9(1), 31–37.

Budiyanto, D. (2014). Aspek Persuasif dalam Bahasa Iklan Partai Politik. Litera, 13(1), Article 1.

Cangara, H. (2011). Komunikasi Politik Konsep, Teori dan Strategi. Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK); Rajawali Pers. http://library.stik-ptik.ac.id

Chandrabuwono, A. B., Atika, A., & Sanjaya, A. (2019). Iklan Politik di TVRI Kalsel pada Pemilukada 2018. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22763

Chaterine, R. N. (2020, Oktober 5). Arteria Dahlan: Apakah PDIP Ada PKI-nya? Ya Jelas. Retrieved Desember 20, 2020, from detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5200195/arteria-dahlan-apakah-pdip-ada-pki-nya-ya-jelas

CNN Indonesia. (2019, Agustus 19). Raih 128 Kursi, PDIP Resmi Dinyatakan Penguasa Parlemen. Retrieved Desember 19, 2022, from cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190831110904-32-426334/raih-128-kursi-pdip-resmi-dinyatakan-penguasa-parlemen

CNN Indonesia. (2021, Juli 27). Kudatuli dan Jalan Partai 'Sandal Jepit' PDIP Jadi Penguasa. Retrieved Desember 19, 2022, from https://www.cnnindonesia.com/: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210727102252-32-672656/kudatuli-dan-jalan-partai-sandal-jepit-pdip-jadi-penguasa

Daniels, T. D., Spiker, Papa, B. K., & Michael J. (1997). Perpective on Organizational Communication. McGrawhill.

Dhia, R. N., Pramesthi, J. A., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Retorika Aristoteles pada Kajian Ilmiah Media Sosial dalam Mempersuasi Publik. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23969/linimasa.v4i1.3530

Duncan, H. D. (1984). Communication and Social Order. Oxford University Press.

Elysia, E., Delpa, D., & Khairyah, M. (2022). Konsekuensi Teknologi Komunikasi Computer Mediated Communication pada Aplikasi Ta’aruf Online. Medium, 10(1), Article 1.

Fadilah, N. (2013). Pengaruh Iklan Politik terhadap Perilaku Memilih Masyarakat Pengrajin Tas dan Sepatu pada Pilkada Sidoarjo 2010. Jurnal Riview Politik, 03(01), 85–107.

Faraidiany, M., Kusmanto, H., & Warjio, W. (2019). Politik Identitas dalam Iklan Politik pada Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara 2018. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), Article 1.

Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), Article 1.

Firmansyah, W. (2022, April 10). Bamusi PDIP Siap Sukseskan Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng di Masjid At Taufiq. Retrieved Desember 19, 2022, from sindonews.com: https://nasional.sindonews.com/read/739041/12/bamusi-pdip-siap-sukseskan-sinau-bareng-cak-nun-dan-kiai-kanjeng-di-masjid-at-taufiq-1649577884

Hakim, L. (2019). Peran Baitul Muslimin Indonesia dalam Pemenangan Politik PDI Perjuangan Jawa Timur [Skripsi, urusan Filsafat Politik Islam Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel]. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30624

Hasanah, U. (2020). Kualifikasi Da’i: Komparasi Konseptual Retorika Dakwah dan Retorika Aristoteles. Jurnal Komunikasi Islam, 10(2), Article 2.

Herwandito, S. (2015). Menyelami Benak Komunikator (Studi pada Pembuatan Pesan pada Kesenian Wayang Waton oleh Komunikator). Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 4(1), Article 1. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/55

Hesti, S., Thasimmim, S. N., & Rimayanti, W. (2021). Efektivitas Iklan Traveloka Televisi Konvensional Pada Konsumen di Era Digital (No. 1). 7(1), Article 1.

Hidayat, H. (2007). Taufik Kiemas di Mata Tokoh Islam. Baitul Muslimin Press.

Hidayat, H. (2008). Bunga Rampai Pemikiran Islam Kebangsaan. Baitul Muslimin Press.

Irdiansyah, A. R. (2021). Reproduksi Pengetahuan untuk Kekuasaan: Analisis Wacana Kritis pada Artikel Ilmiah dan Pidato Megawati Soekarnoputri. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 5(2), Article 2.

Jufrizen, J., & Rahmadhani, K. N. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Lingkungan Kerja sebagai Variabel Moderasi. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1), Article 1.

Karuru, P. (2013). Pentingnya Kajian Pustaka dalam Penelitian. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), Article 1.

Kusno, A. (2020). Kekhasan Gaya Pidato Megawati Soekarnoputri dalam Kongres IV PDI Perjuangan di Bali: Tinjauan Retorika. LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan, 10(2), Article 2.

Kusuma, B. M. A., & Octastefani, T. (2017). Negosiasi Dakwah dan Politik Praktis (Membaca Orientasi Organisasi Sayap Keagamaan Islam pada Partai Nasionalis). Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(1), 1–24.

Masnun, M. A., Wardhana, M., Perwitasari, D., Lovisonnya, I., & Hasyyati, A. A. (2021). Politik Hukum Penguasaan Teknologi di Indonesia. Pandecta Research Law Journal, 16(2), Article 2.

Miles, A. M., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis a Source Book of New Methods. Sage Publications.

Mustofa, A. (2013). Peran Media Massa sebagai Sarana Iklan Politik Parpol (Kajian Terhadap Kasus Surya Paloh dan Partai Nasdem). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 62–69.

Nimmo, D. (2011). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media, terj. Tjun Surjaman. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, M. T. (2019). Hoax di Media Sosial Facebook: Antara Edukasi dan Propaganda Kepentingan. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 3(1), 97–108.

Palupi, R. (2019). Penyalahgunaan Media Sosial Sebagai Alat Propaganda. Jurnal Komunikasi, 10(1), Article 1.

Pangesti, M. A., Wisnubroto, R., & Martha, N. (2021). Pagelaran Wayang Kulit: Pemanfaatan Dalang sebagai Propaganda Politik 1986-1990. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 1(2), Article 2.

PDI Perjuangan. (2021, November 3). Baitul Muslimin Indonesia. Retrieved Desember 19, 2022, from pdiperjuangan.id: https://pdiperjuangan.id/detail-article/985/baitul-muslimin-indonesia

Prihatmoko, J. J. (2022). Rekrutmen PDIP dalam Pilkada 2020: Antara Strategi Pemenangan dan Pelembagaan Partai Politik. SPEKTRUM, 19(2), Article 2.

Rauf, M. A. A., Bunga, M., & Djanggih, H. (2018). Hak Recall Partai Politik terhadap Status Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 7(4), 443.

Ridwan, I. R., & Fauzi, I. (2021). Citizens in a Pluralistic Society and Bhineka Tunggal Ika. International Journal of Community Engagement Payungi, 1(1), Article 1.

Sari, R. P., & Tawami, T. (2018). Metafora Konseptual pada Wacana Retorika Politik. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(4), Article 4.

Sears, D. O., & Witney, R. E. (1973). Political Persuasion. In Ithiel de Sola Pool Handbook of Communication. Rand McNally College Publishing Company.

Solikhin, A. (2017). Menimbang Pentingnya Desentralisasi Partai Politik di Indonesia. Journal of Governance, 2(1), Article 1.

Sucipto. (2022, Juni 18). Baitul Muslimin Indonesia: Puan Maharani Sosok Pemimpin Nasionalis Religius. Retrieved Desember 20, 2020, from sindonews.com: https://nasional.sindonews.com/read/801375/12/baitul-muslimin-indonesia-puan-maharani-sosok-pemimpin-nasionalis-religius-1655481985#google_vignette

Sutanto, M. H. (2014). Propaganda Politik Calon Presiden Republik Indonesia 2014 -2019 (Analisis Isi Berita Kampanye Pemilihan Presiden Tahun 2014 pada Harian KOMPAS edisi 4 Juni sampai 5 Juli 2014). Jurnal Humanity, 9(2), Article 2. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2391

Sutarto, S., Lubis, S., & Katimin, K. (2019). Political Imaging Techniques Carried Out by Baitul Muslimin Indonesia (BAMUSI) in Increasing Public Political Support for PDI Perjuangan Medan City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 2(3), Article 3.

Tahir, R., Kusmanto, H., & Amin, M. (2020). Propaganda Politik Hoaks dalam Pemilihan Presiden Tahun 2019. PERSPEKTIF, 9(2), Article 2.

Tinarbuko, S. (2019). Membaca Makna Iklan Politik Pilpres 2019. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(2), Article 2.

Wahid, A. (2019). Pergumulan Islam dan Politik di Indonesia. Jurnal Politik Profetik, 7(1), Article 1.

Weber, M. (1947). From Max Weber: Essays in Sociology, (ed.) oleh H. H. Gerth and C. Wright Mills. Oxford University Press.

Wibowo, K. A., & Mirawati, I. (2013). Realitas Politik Indonesia dalam “Kacamata” Pengguna Twitter. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(1), Article 1.

Wisudariani, N. M. R. (2014). Retorika Kampanye Joko Widodo dalam Pilpres 9 Juli 2014 (Sebuah Kajian Aksiologi Filsafat Bahasa). Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 9(18), Article 18.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 1(1), Article 1.

Yuwono, B. (2018). Pengaruh Teori Seni Barat Dalam Desain Iklan. AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2), Article 2.

Zakiyuddin, A. (2018). Teknik Teknik Propaganda Politik Jalaludin Rakhmat. Academia Praja: Jurnal Ilmu Politik, Pemerintahan, dan Administrasi Publik, 1(01), Article 01.

Published
2023-06-30
How to Cite
Abon Ronaldi, & Bakti, A. F. (2023). Eksistensi Baitul Muslimin Indonesia Sebagai Organisasi Sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Kinerja Persuasi Politik. Jurnal Politik Profetik, 11(1), 54-71. https://doi.org/10.24252/profetik.v11i1a4
Section
Articles
Abstract viewed = 1578 times