PEMIKIRAN POLITIK JAMAL AL-DIN AL-AFGHANI DALAM MERESPON DUNIA MODERN
Abstract
Jamal Al-din Al-Afghani merupakan tokoh pembaharuan dalam Islam abad kesembilan belas. Untuk memperkuat posisi umat Islam secara politis, Al-Afghani mengembangkan konsep pendidikan secara totalitas supaya warga tidak diperlakukan secara diskriminatif, maka konsep pendidikan yang dikembangkan adalah gerakan salafiyah yang pernah diajarkan oleh generasi terdahulu. Pan Islamisme yang digagas bertujuan untuk memberi rasa keadilan kepada warga supaya ikatan solidaritas dapat tercapai sehingga eksistensi dan dan kemandirian suatu negara dihormati dan dihargai oleh negara lain. Al-Afghani sangat mencela konsepsi negara yang bercorak otokhratis, monarki, dan absolut. Kepala Negara harus mengadakan syura dengan pemimpin-pemimpin masyarakat yang berpengalaman supaya kebebasan mengeluarkan pendapat dan kewajiban kepala negara untuk tunduk terhadap Undang Undang dapat terlaksana. Naturalisme dan materialisme beragama bagi Al-Afghani merupakan khurafat dan kejumudan berfikir umat Islam. Oleh karena itu, perlu membangunkan kembali jiwa Islam, menghilangkan sifat kesukuan dan mengikis taqlid dan fanatisme serta melaksanakan ijtihad dalam memahami al-Qur’an.
Downloads
References
Ahmad, Abdul ‘Athi Muhammad, Al- Fikr al-Siyad II al-Iman Muhammad Abduh, (Al-Haiat al-Misriyyah al-‘Ammah II al-Kitab, 1978).
Alex, Kamus Ilmiah Populer Internasional. Disertai Data dan Singkatan. (Surabaya: PT. Alfa, t,th.),
Amin, Ahmad. Za’ama al-Ishlah fi Al-Asyr al-Hadits (Cairo: Maktabah An-Nahdah Al-Misriyah, 1979),
Arkoun, M. dan Louis Gardet, Al-Islamul-‘Amsu wa Islamul-Ghad, Terj. Ahsin Mohammad “Islam Kemarin dan Hari Esok”, Bandung: Pustakan, 1997).
Asmuni, M, Yusran, Dirasah Islamiah: pengantar studi pemikiran dan Gearakan Pembaruandalam Dunia Islam, (Cet 2; Jakarta: PT RajaGrafindo persada, 1998).
al-Bahi, Muhammad, Pemikiran Islam Modern, (Jakarta: PT. Pustaka panjimas, 1986)
Brandon, S.G.F., a Dictionary of comparative religion, (New York: Charles Schribner’s Sons, 1970).
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam III, Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Houve, 1994.
Denohue, John D, dan John L. Esposito, Islam dan pembaharuan: Ensiklopdi Masalah-masalah, (terj. Machun Husein, Jakarta; Rajawali, 1984).
Donohue, John D. dan John L. Espotio. Islam dan pembaharuan, Ensiklopedi Masalah-masalah, terjemahan, Machnun Hussein, (Jakarta: Rajawali, 1984).
Esposito, John L., Islam and Politics, Terj. H.M. Joesoef Sou’yb, “Islam dan Politik”, Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1990.
Gibb, H.A.R., Modern Trends in Islam, (Cet. III, New York: Octagon Books, 1978).
Nasution, Harun, pembaruandalam Islam; sejarah Pemikiran dan Gerakan (Jakarta: Bulan Bintang. 1975).
Husayn, Ahmad Amin. seratus tokoh dalam sejarah Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000).
Holt, P.M. et.al. The History of Islam (New York: Cambridge University Press, 1970).
Iqbal, Muhammad, Reconstruction of Religious Thought in Islam, Terj. Osman Raliby, “Membangun Kembali Alam Pikiran Islam”, (Cet. II; Jakarta: Bulan Bintang, 1978).
___________. The Reconstruction of Religious throught in Islam, (Edisi II London: Oxford University, 1934).
Jamilah, Maryam, Islam and Orientalism, Terj. Machnun Husein, “Islam dan Orientalisme”, (Cet. II; Jakarta: Rajawali Grafindo Persada, 1997).
al-Jabiri, Mohammed ‘Abed, Arab-Islamic Philosophy: a Contemporary Critique, Terj. Moch Nur Ichwan, “Kritik Kontemporer atas Filsafat Arab-Islam”, (Cet. I; Yogyakarta: Islamika, 2003).
Lewis, Bernard, et.al., The Encyclopedia of Islam, jilid II (Leiden: E.J Brill, 1965)
Sjadzali, Munawir Sjadzali, Islam dan Tato Negara: Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, (Jakarta: UI Press, 1993).
Stoddard, L., The New World of Islam (New York: Scribuer Sons, 1921).
Pulungan, J suyuthi, fiqh siyasah; ajaran, sejarah dan pemikiran (Jakarta: Raja Grafindo Persada 1997).