Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Bersuci dari Hadas (Taharah) Dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam materi bersuci dari hadas (taharah) dengan menggunakan media audio visual pada peserta didik kelas IV di SDI borongpa’la’la Kec Pattallassang Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan menggunakan media audio visual peserta didik yang tuntas sebanyak 10 orang dari 18 orang peserta didik atau 55,55% dengan nilai rata-rata 70,66. Kemudian pada siklus II peserta didik yang tuntas 15 orang dari 18 peserta didik atau 83,33% dengan rata-rata nilai 77,88, sedangkan pada siklus III ketuntasan peserta didik sudah mencapai 100%, dengan nilai rata-rata 87,94. Hal tersebut membuktikan peningkatan hasil belajar persiklus, dari siklus I nilai rata-rata 70,66 menjadi 77,88 pada siklus II, ini berarti mengalami kenaikan 7,22 dan pada siklus III nilai rata-rata 87,94 mengalami kenaikan 10,06 dari siklus sebelumnya. Dengan demikian penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi bersuci dari hadas (taharah) pada peserta didik kelas IV di SDI Borongpa’la’la Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asnawir, & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Cet.I; Jakarta: Ciputat Pers.
Asyhar, R. (2014). Kreatif Mengembangkan media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Cet. II; Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Damayanti, E., dkk. (2021). Meningkatkan Kesadaran Pengasuhan Anak di Era Digital melalui Ceramah Berbasis Multimedia. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak. 5(1). 43. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.36-59.
Ghoni, A. A., et al. (2021). Media Audio Visual sebagai Upaya Maningkatkan Hasil Belajar Fikih di MI Roudhotul Huda Sekaran Gunungpati. Dawuh Guru, 1(2).
Hayati, N., et al. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah. 14(2).
Luthfiyani, K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mapel PAI Materi Taharah melalui Media Audio Visual berbasis Multiple Intelligences Kelas VII Semester 1 di SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other Thesis, IAIN Salatiga.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulida, & Muslimah. (2021). Status Hukum Pakaian Laundry dalam Konsep Thaharah sebagai Penyempurna Ibadah. Jurnal Al-Qiyam, 2(1).
Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.
Nata, A. (2014). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: Kencana.
Prastowo, A. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Guru dan Dosen. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sadiman, A. S. (2005). Media Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo.
Safei. (2013). Teknologi Pembelajaran Pengertian, Pengembangan dan Aplikasinya. Makassar: Alauddin University Press.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.
Smaldino, S. E., et al, Instruksional Technology & Media for Learning, terj. Arif Rahman, Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar.
Sofiyati, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Thaharah menggunakan Metode Demonstrasi berbantu Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas I MI Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Sudjana, N., & Ahmad R. (2010). Media Pengajaran. Cet. IX. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di tingkat Pendidikan Dasar. Cet. II. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Tasmalina, & Prabowo, P. (2018). Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016, Best Journal, 1(1).
Utami, E. N. (2019) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Thaharah Menggunakan Media Audio Visual Dan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VII B Semester I SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN Salatiga.
Wiriaatmaja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).