IMPLIKASI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MADANI PAOPAO KABUPATEN GOWA

  • Muh. Sain Hanafy
    (ID)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian bercorak positivistik (kuantitatif), bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, 2) mendeskripsikan pengembangan bakat peserta didik, dan 3) memprediksi pengaruh pengembangan kegiatan ekstrakurikuler terhadap pengembangan bakat peserta didik di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. Penelitan tergolong field research jenis survey yang menggunakan angket sebagai instrumen kunci, di samping studi dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diolah dan dianalisis dengan teknik statistik untuk menguji hipotesis deskriptif dan hipotesis asosiatif. Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh kesimpulan, bahwa; 1) skor rerata hasil penelitian tentang kegiatan ekstrakurikuler sebesar 928 : 20 = 46.4 : 16 = 2.9 (lebih dekat pada angka 3), sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik tergolong aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa, 2) skor rerata hasil penelitian tentang pengembangan bakat peserta didik sebesar 952: 20 = 47.6 : 16 = 2.98 (lebih dekat pada angka 3) dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan bakat peserta didik di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa sebagaimana yang ditunjukkan dalam dimensi persptual, dimensi psikomotor, dan dimensi intelektual yang tergolong tinggi, dan 3) hasil analisis regresi adalah Ý = -1.27053 + 1.043387 (64) = 65.506 yang berarti bahwa agar bakat peserta didik meningkat 1 maka nilai rata-rata kegiatan ekstrakurikuler harus dinaikkan sebesar 64 : 64 : 65.506 = 0.958. Hal ini berarti bahwa bila kualitas kegiatan ekstrakurikuler ditingkatkan sampai 64, maka bakat peserta didik di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa akan meningkat menjadi 65.506. Didasarkan pada kesimpulan, penelitian ini berimplikasi sebagai berikut; 1) kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa dapat dikembangkan, karena hasil penelitian menunjukkan keaktifan peserta didik yang tergolong tinggi, 2) bakat peserta didik di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa dapat dikembangkan, karena hasil penelitian menunjukkan nilai yang tergolong tinggi, dan 3) bakat peserta didik tidak dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa karena hasilnya tidak positif dan signifikan.

Kata Kunci : Implikasi, Strategi, Pembelajaran.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abu-Rabi’, Ibrahim M., Intellectual Origins of Islamic Resurgence in the Modern Arab World, (United States of America: State University of New Yoek Press, 1996), h. 12.

Arif, Syamsuddin, Orientalis dan Diabolisme Pemikiran, Jakarta: Gema Insani Press, 2008.

Assamurai, Qasim et al, Bukti-bukti Kebohongan Orientalis, alih Bahasa Syuhud Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 1966.

Badawi, Abdurrahman, Mawsu’ah al-Musytasriqin, diterjemahkan oleh Amroeni Drajat dengan judul Ensiklopedi Tokoh Orientalis, (Yogyakarta: LKiS, 2003).

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, (Jakarta: Ichtiar Baru Van Hove, 2001)

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2000.

Esposito, John L., The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World, Volume 3, New York: Oxford Universiity Press, 1995.

Hanafi, Hassan, Muqaddimah fi al-Istigrab, diterjemahkan oleh M. Najib Buchori dengan judul Oksidentalisme: Sikap Kita terhadap Tradisi Barat, (Jakarta: Paramadina, 2000.

Asaf Hussain, Orientalism, Islam and Islamist, Vermont: Amana Books, 1984.

Jamilah, Maryam, Islam and Orientalism, Sunnat Nagar, Lahore: Muhammad Yusuf Khan & Sons, 1981.

Mahmud, Moh. Natsir, Orientalisme: al-Qur’an di Mata Barat, Sebuah Studi Evaluatif , Semarang: Dina Utama Toha Putera Group, t.th.

Miraza, Mohd. Nuh dan Jusuf Amir Feisal, English Pocket Dictionary, Jakarta: Ksatrya, 1983.

Said, Edward W., Orientalism, diterjemahkan oleh Asep Hikmat dengan judul Orientalisme, Bandung: Pustaka, 1996.

Sou’yb, Yoesouf. Orientalisme dan Islam, (Jakarta : Bulan Bintang, 1985).

Syam, Masiyan M., Hadis Rasulullah di Mata Orientalis, Jambi: Sulthan Thaha Press, 2009.

Yatim, Badri (ed.), Ensiklopedi Mini Sejarah dan Kebudayaan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1996)

Ya’qub, Ismail, Orientalisme dan Orientalisten, Surabaya: CV Faizan, 1970.

Zaqzuq, Mahmud Hamid, Al-Istisyraq wa al-Khalfiyyah al-Fikriyyah li al-Sira al-Hadhara, diterjemahkan oleh Luthfie Abdullah dengan judul Orientalisme dan Latar Belakang Pemikirannya, Bangil: al-Muslimun, 1984.

Zuhdi, Ahmad, Pandangan Orientalis Barat Tentang Islam, Antara Yang Menghujat Dan Yang Memuji, Surabaya: PT. Karya Pembina Swajaya, 2004.

http://blog.re.or.id/orientalisme.htm.

http://one.indoskripsi.com/node/9811 Posted June 22nd.2009 by noe88.

Published
2017-12-11
Section
Artikel
Abstract viewed = 1136 times