PENGGUNAAN KALIMAT MAJEMUK DALAM KARYA TULIS MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Hamsiah Djafar
    (ID)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penggunaan kalimat majemuk dalam karya tulisan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Bagaimana penggunaan kalimat majemuk setara, bertingkat dan campuran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mendapatkan data langsung dari sumber data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Lokasi penelitian dilaksanakan pada Universitas Islam Negeri Makassar, dengan subjek penelitiannya mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) tahun ajaran 2016/2017 pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan data reduksi, display atau penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini meitikberatkan pokok kajian pada penggunaan kalimat majemuk dalam karya tulis mahasiswa. Setelah tulisan mahasiswa dibaca dan dikaji ditemukan berbagai bentuk kalimat majemuk dalam Bahasa Indonesia. Kalimat majemuk yang ditemukan dalam tulisan mahasiswa meliputi (1) kalimat majemuk setara, (2) kalimat majemuk bertingkat, dan (3) kalimat majemuk campuran. Perbedaan dari ketiga kalimat majemuk tersebut terletak pada pemakaian konjungsinya atau kata penghubung dan struktur kalimat kalimatnya. Dari segi penggunaan konjungsinya, kalimat majemuk setara menggunakan konjungsi koordinatif, yaitu konjungsi yang menghubungkan dua klausa yang setara. Kalimat majemuk bertingkat menggunakan konjungsi subordinatif, yaitu konjungsi yang menghubungkan dua klausa yang tidak setara. Kalimat majemuk campuran menggunakan dua konjungsi atau lebih, tetapi konjungsi itu bersifat campuran, yaitu campuran konjungsi koordinatif dengan konjungsi subordinatif.

Kata Kunci : Kalimat Majemuk, Bahasa Indonesia, Karya Tulis.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahvi. Hasan, dkk. 1998. Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arifm, E. Zaenal dan Amran Tasai.2000. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkdsa.

Arifin, E. Zaenal dan Farid Hadi. 2001. Seribu Satu Kesalahan Berbahasa : Bahan Penyuluan Bahasa Indonesia. Jakarta; Akademika Persindo

Hidayat, Rahayu. 1989. "Praktik Latihan Bahasa Indonesiaā€¯: Latihan Menulis yang Otokorektif dalam Majalah Pembinaan Bahasa Indonesia. Th.10 no.3 (September 1989), him. 136-152. Jakarta: Bratara Niaga Media.

Keraf, Gorys. 1980. Komposisi Ende Flores: Nusa Indah.

Mahsum. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Parera, Jos Dainel. 1987 Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta; Erlangga.

Putrayasa, Ida Bagus. 2006. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

. 2007. Kalimat Efektif: Diksi, Struktur, dan Logika. Bandung: Refika

Aditama. Ramlan, M. 1987. Sintaksis. Yogyakarta: Karyono.

Ramlan, M, dkk. 1990. Bahasa Indonesia yang Benar dan yang Salah. Yogyakarta:

Andi Offset. Razak, Abdul, 1990. Kalimat Efektif. Struktur, Goya, dan Variasi Jakarta: Gramedia

Sakri, Adjat. 1995. Bangun Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: ITS.

Soedjito. 1988. Kalimat Efektif. Bandung: Remaja

Sudjana, Nana. 1996. Metode Statistik Bandung: Tarsito.

Sugono, Dcndy. 1997. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.

Sugono, Dendy, dkk.2001. Bahan Penyuluhan Bahasa : Kalimat. Jakarta: Pusat Bahasa.

Sugono, Dendy (ed).2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: Pusat

Bahasa. .2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta: Pusat

Terigan, H.G. 1985. Pengajaran Sintakis. Bandung: Angkasa.

Terigan, Djago dan H.G. Taringan 1997. Teknik Pengajaran keterampilan berbahasa. Bandung Angkasa.

Published
2017-12-11
Section
Artikel
Abstract viewed = 3220 times