KOMPARASI TINGKAT STRESS ANTARA MAHASISWA INPUT MA DAN INPUT SMA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH & KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Syamsuddin Syamsuddin
    (ID)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang gambaran Tingkat stress mahasiswa dalam perkuliahan antatra input SMA dan mahasiswa input MA, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan Tingkat stress dalam perkuliahan antara mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 mahasiswa yang diambil melalui Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang meliputi skala Tingkat strees mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis komparasi bivariat dengan uji statistik test “t”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk tingkat stress   mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 27,196 dengan kategori rendah dengan presentase 67,67%, dan tingkat stress mahasiswa input MA diperoleh rata-rata 30,03 dengan kategori rendah dengan presentase 81,5%. Adapun Statistik inferensial menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat sterss antara mahasiswa input MA  dan mahasiswa input SMA  yaitu thitung<ttabeluntuk taraf signifikan 5% maupun 1% (-1,96>-5,183<-1,96).

Kata kunci : Tingat stress, mahasiswa input MA dan input SMA.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohammad. Psikologi Remaja. Bandung: Bumi aksara.2004

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Arikunto, Suharsimi. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). PT. Rineka Cipta; Jakarta.2006.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Rineka Cipta. Bandung: 2002

Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia, Kamus lengkap bahasa Indonesia. Edisi; Jakarta: Difa

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17163/4/Chapter%20II.pdf

http://blogbintang.com/2001/06/27/cara-mengatasi-stres.

http://rumahbelajarpsikologi.com/2011/06/28/index.php/stres-kerja.htm.

Hans selye, stress of life, hak cipta@1976 McGraw-Hill, Inc., New York, NY

Ida Mantra Bagoes. Filsafat Penelitian & Metode penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2004.

John W. Santrock. Perkembangan remaja. Edisi 6. Jakarta: erlangga. 2003

Judith swarth, MS.RD. stress dan nutrisi. Jakarta; Bumi Aksara.n1993.

Maramis, W.F. Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press. 2000. Morgan,

C. T., King, R. A, & Weisz, J. R. Introduction to Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill 1986.

Pandji anoraga S.E., M.M. Psikologi Kerja. Jakarta: RINEKA CIPTA. 1998.

Publishttp://id.shvoong.com/2011/06/27/medicine-and-health/epidemiology-public -health/2107321-faktor-faktor-penyebab-stres/.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2006

Sudjana, Nana, Metode Statistik, Bandung : Tarsito. 1996.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Yogyakarta: 2003.

Subana dkk. Statistik Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung: 2005.

Smet, Bart.Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.1994.

Short, Julian. An intelligent life. PT Trans Media, 2005

Tiro, Arif, Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University of Makassar Press, 1999.

Published
2017-12-11
Section
Artikel
Abstract viewed = 606 times