Optimalisasi Office Channeling Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Perbankan Syariah Pada BNI Syariah Cabang Makassar

  • Alrauf Alrauf Pascasaraja UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian hendak melihat optimalisasi penerapan office channelling pada Bank BNI Syariah Cabang Makassar. Metodologi penelitian teologis normatif (syar’i), pendekatan yuridis (perundang-undangan), dan pendekatan sosiologis. Proses pengumpulan data menggunakan data pustaka dan data lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan sharia channeling office masih sebatas pada penghimpunan dana pihak ketiga tabungan, sedangkan untuk pembiayaan hanya di kantor Cabang BNI Syariah Makassar faktor pendukung dalam penerapan sharia channeling office memiliki jaringan yang luas baik dalam maupun luar negeri dan telah didukung sarana dan teknologi informasi yang memadai, tingginya minat masyarakat berpindah ke bank syariah, khususnya di Kota Makassar. Faktor penghambat minimnya sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, serta tidak diakuinya pencapaian kinerja bisnis outlet sharia channeling office sebagai bagian pencapaian kinerja bisnis secara keseluruhan dampak penerapan sharia channeling office BNI Syariah, dana pihak ketiga meningkat, market share bertambah, akses layanan ke masyarakat meluas dan dapat bersaing dengan bank konvensional. Implikasi penelitian adalah diharapakan BNI Syariah dapat meningkatkan kualitas layanan, baik dari segi service dan produk dikantor sharia channeling office. BNI selaku pelaksana sharia channeling office dalam menentukan target dan pencapaian kinerja bisnis sehingga dapat mendorong pertumbuhan secara maksimal dan memotivasi SDM yang ada untuk lebih memahami produk dan layanan syariah.

References

Afzal-ur-Rahman (1990), Economic Doctrines of Islam, vol. 1-3, 3rd edition, Islamic Publication Ltd., Lahore, Pakistan.

Agustianto, Kontroversi Praktik Office Channelling Perbankan Syariah, Artikel Vibiznews – Syariah, (www.geogle.co.id), Akses 8 Agustus 2008.

-------------, Optimalisasi Office Chanelling Bank Syariah, (www.goegle.co.id) Akses 5 Januari 2008.

Ahmed, Ziauddin et.al. Money and Banking in Islam, International centre for Research in Islamic Econmics, King Abdul Aziz University, Jeddah and Institute of Policy Studies, Islamabad, 1996.

Alamsyah, Halim “Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah Indonesia: Tantangan Dalam Menyongsong MEA 2015” www.bi.go.id

Alhozaimy, Yousef. The Islamisation of Saudi Arabian Monetary Agency (SAMA) and the Financial System in the Kingdom of Saudi Arabia, Experience from Selected Muslim Countries, Bangor Business School, Bangor University, 14 September 2009.

Al-Omar, Fuad and Abdel-Haq, Mohammed (1996), Islamic Banking: Theory, Practice and Challenges, Oxford University Press, Karachi and Zed Books Ltd., New Jersey, USA.

Anshori, Abdul Ghoful, Guru Besar Fakultas Hukum UGM, Disampaikan dalam seminar Interdisciplinary Sharing dengan tema: Lembaga Keuangan Syariah: Konsep Kelembagaan dalam Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta yang dilaksanakan pada 30 Mei 2013.

Arifin, Zainul. Dasar-Dasar Manajemen Bank Sentral. Jakarta: Pustaka Alfabet, 2006

Ascarya, Alur Transmisi Dan Efektifitas Kebijakan Moneter Ganda di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, Vol. XIV, Nomor 3, Januari 2012.

Astria, Maya N. Pelaksanaan Kebijakan Layanan Syariah (Office Channeling) pada BTN Unit Usaha Syariah (UUS). Skripsi, Jakarta: Universitas Indonesia, 2009.

Bank Indonesia, Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia, 2007.

Bank Indonesia. Statistik Perbankan Syariah Indonesia, edisi Oktober 2006.

Bank Indonesia, Statistik Perbankan Indonesia, Vol: 13 No. 1, Desember 2014.

Bank BNI Syariah, Buku Panduan Sharia Channeling Office (SCO), Agustus 2018.

Bank BNI Syariah, Laporan Kinerja Sharia Channeling Office (SCO), November 2018.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran, Jakarta : Kencan Pernada Media Group, 2013.

C. S. T Kamsil, dkk, Pokok-pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 2002, cet. Ke-1, hal. 311-313.

Chapra, M. Umer. Towards a Just Monetary System, Islamic Economics Series – 8, The Islamic Foundation, United Kingdom, 1985.

------------------. The Future of Economics: An Islamic Perspective, Islamic Economics Series-21, The Islamic Foundation, United Kingdom, 2000.

Departemen Agama RI, Al-quran dan Terjemahan, Bandung: Jumanatul Ali, 2004.

Djazuli, A dan Yanuari, Yadi. Lembaga-lembaga Perekonomian Umat (Sebuah Pengenal-an), (Jakarta: Rajawali Press, 2001.

Firdaus NH, Muhammad, dkk. Konsep dan Implentasi Bank Syariah, Jakarta: Renaisan, 2005.

Hasan, Analisis Industri Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, Vol. 1, Nomor 1, Juli 2011.

Hendro, Tri dan Tjandra Rahardja, Conny. Bank dan Institusi Keuangan Non Bank di Indonesia, Yogyakarta : UPP STIM YKPN, 2014.

Ismail, Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana, 2011.

M. Nadratuzzaman Hosen, Menjawab Keraguan Umat Islam Terhadap Bank Syariah, Jakarta: PKES, 2007.

Marzuki, Peter Mahmud. Penulisan Hukum. Cet. V; Jakarta: Kencana, 2009

Moenir, H.A.S, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Mooduto. Pengaruh Penerapan Syari'ah terhadap Kinerja dan Ketahanan Bank Islam di Indonesia, Surabaya, Pascasarjana UNAIR, Disertasi, 2006.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: UGM-Press, 1987.

Nurohman, Dede. Undang-Undang Perbankan Syariah: Makna, Implikasi dan Tantangan. Jurnal Ekonomi Islam La Riba, Vol. II, No. 2, Desember 2008.

Rahmawati, Teti. Analisis Perbandingan Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Perbankan Syariah Sebelum dan Sesudah Penerapan Kebijakan Office Channeling. JRKA. Vol. 1 Issue 2, Agustus 2015: 71 – 75.

Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin, Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Rohaya, Hairiennisa. Perkembangan Skala Usaha Perbankan Syariah di Indnesia Pra dan Pasca Kebijakan Office Channeling. LaRiba Jurnal Ekonomi Islam, vol.2 no. 2, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2008

Rusydiana, Aam Slamet. Mencandera Industri Perbankan Syariah Indonesia: Tinjauan Kritis Pasca UU 21 Tahun 2008”, Jurnal Ekonomi Islam La Riba, Vol. II, No. 2, Desember 2008.

Saeed, Abdullah. Islamic Banking and Interest: A study of the Prohibition of Riba and its Contemporary Interpretation, EJ Brill, Leiden, 1999.

Siregar Mulya, Agenda Pengembangan Perbankan Syariah Untuk Mendukung Sistem Ekonomi yang Sehat di Indonesia: Evaluasi, Prospek dan Arah Kebijakan, Iqtisad: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 3, No. 1, Maret 2002.

Siregar, Mulya E. & Ilyas, Nasirwan. The Experience of Indonesia in Developing Islamic Banking, paper presented at Fifth Harvard University Forum on Islamic Finance, April 6-7, 2002.

Soemitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana, 2010.

Sri Imaniyati, Neni. Perkembangan Regulasi Perbankan Syariah di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmu Hukum: Syiar Madani – Vol. XI No. 1 Maret 2009 Halaman 21 – 38 ISSN : 1410 – 9832.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Cet.IV; Bandung; Alfabeta, 2012.

Suyanto, Muhammad. Pengaruh Pelaksanaan Prinsip Syari’ah terhadap Kinerja dan Kesejahteraan Karyawan serta Masyarakat yang Berhubungan dengan Kegiatan Bank Syari’ah Indonesia, Surabaya, Pascasarjana. Unair. Disertasi, 2007.

Sukmadinata, Nana Syaodin. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Umam, Khotibul. Trend Pembentukan Bank Umum Syariah Pasca UU Nomor: 21 Tahun 2008 (Konsep, Regulasi dan Implementasi), Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2009.

Waluyo, Bambang, Prinsip Ekonomi dalam Perbankan Syariah, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.6, No.2, Juli 2007.

Wibisono, Yusuf. Politik Ekonomi UU Perbankan Syariah Peluang dan Tantang-an Regulasi Industri Perbankan Syariah. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol. XVI, Nomor 2, Mei–Agustus 2009.

Wibowo, Muh. Ghafur, Potret Perbankan Syariah Terkini: Kajian Kritis Perkembangan Perbankan Syariah Terkini, Yogyakarta: Biruni Press, 2007.

William J. Stanton. Fundamentals of Marketing. Sydney : McGraw-Hill, 1995.

Wirdyangsih, et al., Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2005.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabung-an. Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2017.

How to Cite
Alrauf, A. (1). Optimalisasi Office Channeling Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Perbankan Syariah Pada BNI Syariah Cabang Makassar. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 171-190. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v6i2.11797
Section
Artikel
Abstract viewed = 506 times