Studi Kebutuhan Fasilitas Ruang Sentra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Skala Kecil Berbasis Aktivitas Online

  • Ghulandito Wijanarko Universitas Diponegoro
    (ID)
  • Agung Dwiyanto Diponegoro University
    (ID)
Keywords: MSME Center, Commercial Building, Digital Marketing

Abstract

Abstrak_ Perkembangan teknologi yang masif saat ini memberikan dampak pada setiap aspek kehidupan saat ini. Penggunaan teknologi juga memberikan dampak yang besar bagi dunia bisnis. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya model bisnis baru seperti e-Commerce. Dengan munculnya e-Commerce di Indonesia, memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk berkembang dan mengubah cara berbisnisnya dengan cara berjualan secara daring. Meskipun pemasaran telah dilakukan secara daring, para pelaku menyatakan bahwa mereka masih memerlukan infrastruktur yang dapat menunjang kegiatan bisnis mereka. Hal ini yang menciptakan sebuah ide perancangan sentra UMKM yang berfokus pada kegiatan bisnis para pelaku UMKM daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan fasilitas yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengumpulkan data kuesioner dan studi literatur kemudian melakukan analisis dari data-data tersebut. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pelaku UMKM daring memerlukan akses  ke fasilitas ruang pemasaran daring dengan minimal sebesar 29m2, ruang penyimpanan dengan minimal sebesar 26m2 dan perbankan untuk menunjang tujuan bisnisnya.

Kata kunci : Sentra UMKM;  Bangunan Komersial;  Pemasaran Digital

 

Abstract_ Today's massive technological developments have an impact on every aspect of life. The use of technology also has a significant outcome on the business world. The emergence of new business models, such as e-Commerce, illustrates this new business phenomenon. The emergence of e-Commerce in Indonesia provides opportunities for MSMEs to develop and transform their business models into online sales. Despite conducting online marketing, MSMEs have indicated the necessity of infrastructure to facilitate their business activities. This phenomenon created an idea for designing an MSME center that focuses on the business activities of online MSME players. This paper aims to determine the facility needs required by online MSMEs. The research method used is quantitative by collecting data from questionnaire and literature studies and then analyzing these data. This paper reveals that online MSMEs need access to, online marketing space with minimum of 29m2, online warehouse facilities with minimum of 26m2, and banking services to support their business goals.

Keywords: MSME Center; Commercial Building; Digital Marketing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angkouw, J. B., Kindangen, J. I., & Mandey, J. C. (2020). Kantor Sewa di Manado. Arsitektur Bangunan Hijau. Jurnal Arsitektur Daseng, 9(1). https://doi.org/10.35793/daseng.v9i1.29490

Atsar, A. (2021). Sosialisasi Kegiatan Penyuluhan UMKM Mewujudkan Perekonomian Masyarakat yang Mempunyai Potensi dan Peran Strategis Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.4142

Aulia, D., Hidayatullah, A., Evendi, E., Riski, M., & Suyatna, R. G. (2024). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha UMKM di Kota Serang. Jurnal Bintang Manajemen, 2(1), 169–175. https://doi.org/10.55606/jubima.v2i1.2707

Budiarti, A., Budiyanto, B., Cahayaning, Y., Kurnia, K., & Subardjo, A. (2024). Peningkatan Ekspor dan Impor Produk pada UMKM. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.55903/jipm.v2i2.159

Coltman, T., Tallon, P., Sharma, R., & Queiroz, M. (2015). Strategic IT Alignment: Twenty-Five Years on. Journal of Information Technology, 30(2), 91–100. https://doi.org/10.1057/jit.2014.35

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4 ed.). SAGE Publication.

Dahlima, H. A., & Mappajaya, A. (2019). Redesain Pasar UMKM dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.34982

De Chiara, J., & Callender, J. (1983). Time-Saver Standards for Building Types (Second Edition). McGraw-Hill Book.

Deva, S. C., & Halim, M. (2024). Peran Arsitektur Terhadap Kemajuan UMKM di Bidang Fashion di Era Digitalisasi Melalui Pendekatan Arsitektur Empati. Jurnal STUPA: Sains, Teknologi, Urban, Perancangan. Arsitektur , 6(1). https://doi.org/10.24912/stupa.v6i1.27444

Graciella, J. C., Leonara, C., & Raniasta, Y. S. (2023). Adaptasi Nuansa Lokal pada Proses Perancangan Bangunan Komersial di Bali Studi Kasus: Padhi Coffee Kintamani dan Benoa Beach Club. SMART: Seminar on Architecture Research and Technology, 7(1), 185–201. https://doi.org/10.21460/smart.v7i1.255

Gunawan, U. (2024). Menilik Triadik Frayling: Penelitian Desain dalam Studio Desain Arsitektur Tahun Pertama. Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial, 5(2), 203. https://doi.org/10.37312/jsdis.v5i2.8202

Lestari, A. P. U. P., Nityasa, N. P. N., & Juliartawan, I. W. (2022). Sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah Industri Kerajinan di Bali Bertema Arsitektur Neo Vernakular. Jurnal Teknik Gradien, 14(2), 70–81. https://doi.org/10.47329/teknikgradien.v14i02.941

Mongkaren, S. (2013). Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 1(4), 462–581. https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2723

Neufert, E. (2002). Data Arsitek Jilid II (W. Hardani, Ed.; Vol. 2). Erlangga.

PT. Alba Unggul Metal. (2021). Jenis dan Fungsi Rak Gudang Besi Penyimpanan. https://albaunggulmetal.co.id/blog/rak-gudang/

Rafsanjani, S., Sukowiyono, G., & Pramitasari, P. H. (2021). Pusat Wisata Belanja UMKM Jawa Timur Di Kota Surabaya Tema: Arsitektur Berkelanjutan. PENGILON: Jurnal Arsitektur, 5(1).

Ramadani, V., & Wulandari, K. (2024). Meneliti Peran UMKM Dalam Peningkatan Ekspor: Suatu Analisis. Jurnal Integrasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 8–18. https://doi.org/10.62383/sosial.v1i1.47

Satriya, I. K. D., WIdanan, I. W., & Prabawa, M. S. (2021). Kriteria Desain Perancangan Mall UMKM Bidang Industri Kreatif di Denpasar. UNDAGI: Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(1), 172–181. https://doi.org/10.22225/undagi.9.1.3473.172-181

Shafly, M. F., & Agusniansyah, N. A. (2023). Fasilitas Pengembangan Umkm di Banjarbaru. JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA LANTING, 12(1), 65–74. https://doi.org/10.20527/jtamlanting.v12i1.1787

Shiratina, A., & Affini, D. N. (2022). Strategi Pemasaran Umkm di Saat Pandemi Covid-19 dengan Penerapan E-Marketing Untuk Menjaga Keberlanjutan Usaha. Akuntansi Humaniora Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i2.322

Suparjiman, Iis Dewi Fitriani, Adi Pratama, Ahmad Nabil Quthb, Fakhri Fadhlurrahman, Iwan, F. S. D., Raden Achmad Muhammad Hisyam, Rani, Raquita Dibba, Santi Tria Mustika, Shintia Ledgeriana Hidyan, & Ziyan Dini Hunafa. (2024). Digitalisasi UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran online di Desa Sindangpanon. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 391–398. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.810

Thamrin, N. H., Rulia, A., & Maulana, D. S. (2021). Perencanaan Pusat UKM di Pasar Seni Museum Mulawarman Tenggarong Penekanan Pada Sirkulasi Ruang Dalam. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri dan Arsitektur, 9(2), 55–65. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v9i2.163

Yazfinedi. (2018). Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia: Permasalahan dan Solusinya. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 14(1), 33–41.

Published
2024-12-02
How to Cite
Wijanarko, G., & Dwiyanto, A. (2024). Studi Kebutuhan Fasilitas Ruang Sentra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Skala Kecil Berbasis Aktivitas Online. Nature: National Academic Journal of Architecture, 11(2), 137-151. https://doi.org/10.24252/nature.v11i2a2
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 38 times