Validitas handout berorientasi lahan basah rawa tanpa hutan dan rawa rumput untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

  • Hidayatul Mukarromah Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Lambung Mangkurat
    (ID)
  • Sauqina Sauqina Pendidikan IPA, Universitas Lambung Mangkurat
    (ID)
  • Maulana Khalid Riefani Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan handout berorientasi lahan basah rawa tanpa hutan dan rawa rumput untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis topik interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D. Handout didesain secara kontekstual dan menggunakan model pembelajaran problem-based learning sebagai basis pengembangan. Kelayakan dilihat dari hasil validasi ahli (validator) dan keterbacaan oleh mahasiswa mata kuliah ekologi lahan basah menggunakan instrumen validasi handout. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi kelayakan handout berorientasi lahan basah rawa tanpa hutan dan rawa rumput oleh ahli yaitu aspek kelayakan isi sebesar 95,56% (sangat valid), aspek kelayakan komponen penyajian sebesar 88% (sangat valid), kelayakan komponen kegrafikan sebesar 88% (sangat valid) dan aspek kebahasaan sebesar 94% (sangat valid) serta uji keterbacaan mahasiswa sebesar 82,07% (kategori sangat baik). Sehingga disimpulkan bahwa handout berorientasi lahan basah layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Published
2020-09-13
Abstract viewed = 325 times