Jenis-Jenis Tumbuhan Dicotyledoneae Berpotensi Obat dimanfaatkan Oleh Masyarakat di Cagar Alam Karaenta Bantimurung Bulusaraung Kabupaten Maros

  • ELIS TAMBARU \Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin, Tamalanrea Makassar.
    (ID)

Abstract

Studi tentang potensi  tumbuhan obat  di sekitar kawasan hutan Karaenta kabupaten Maros Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan yang berkhasiat obat yang tumbuh dan dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Pangngia dan Dusun Kappang di sekitar Kawasan Cagar Alam Karaenta, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Metode yang digunakan adalah metode jelajah. Hasil penelitian jenis tumbuhan berkhasiat obat Classis Dicotyledoneae ditemukan sebanyak  30 species dari  wawancara (kuisioner) terhadap  43 orang.  Persentase jumlah species yang terbanyak digunakan oleh  masyarakat sebagai obat adalah Annona muricata L. dan Kleinhovia hospita L. dengan jumlah masing-masing sebanyak 30.8%.  Species Eupatorium odoratum L., dengan jumlah pengguna masing-masing 23,3%,  Organ tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah daun dan batang, paling sedikit digunakan adalah bunga.

 

Kata kunci: Tumbuhan Obat, Hutan Karaenta, Maros

Abstract viewed = 598 times