Ragam Peta Konsep Penunjang Model Pembelajaran Biologi Berbasis Remap Coople

  • SITI ZUBAIDAH Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
    (ID)
  • SUSRIYATI MAHANAL Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
    (ID)
  • ARDIAN ANJAR PANGESTUTI Program Studi Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo Malang, Malang
    (ID)
  • MISTIANAH MISTIANAH Program Studi Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo Malang, Malang

Abstract

Salah satu fakta yang dirisaukan dalam dunia pendidikan adalah rendahnya kemampuan literasi membaca siswa Indonesia. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan terjadi berlarut, karena dapat berdampak pada keterampilan berpikir siswa. Salah satu cara untuk memberdayakan keterampilan membaca siswa adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang di dalamnya terdapat kegiatan yang mengharuskan siswa untuk membaca.Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah remap coople, yaitu model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk membaca dan menyusun peta konsep sebelum pembelajaran dimulai, dan pada saat pembelajaran digunakan model pembelajaran kooperatif.Salah satu penunjang model pembelajaran biologi tersebut adalah peta konsep. Model peta konsep ada yang berpola spoke, chain, dan net, yang kemudian dikembangkan menjadi tree, linear, circular, hub spokes, dan network/net. Pada pelaksanaannya, siswa dapat memilih salah satu model peta konsep yang diinginkan atau mengembangkan modelnya sendiri dengan memodifikasi dari model peta konsep yang telah ada. Berdasarkan pengamatan sejak tahun 2014 – 2016 dari berbagai sekolah di Malang, Jawa Timur, pada umumnya model peta konsep yang dibuat oleh siswa adalah model tree.

 

Kata kunci: remap coople, peta konsep, ragam model peta konsep

Abstract viewed = 723 times