Ragam Peta Konsep Penunjang Model Pembelajaran Biologi Berbasis Remap Coople
Abstract
Salah satu fakta yang dirisaukan dalam dunia pendidikan adalah rendahnya kemampuan literasi membaca siswa Indonesia. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan terjadi berlarut, karena dapat berdampak pada keterampilan berpikir siswa. Salah satu cara untuk memberdayakan keterampilan membaca siswa adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang di dalamnya terdapat kegiatan yang mengharuskan siswa untuk membaca.Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah remap coople, yaitu model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk membaca dan menyusun peta konsep sebelum pembelajaran dimulai, dan pada saat pembelajaran digunakan model pembelajaran kooperatif.Salah satu penunjang model pembelajaran biologi tersebut adalah peta konsep. Model peta konsep ada yang berpola spoke, chain, dan net, yang kemudian dikembangkan menjadi tree, linear, circular, hub spokes, dan network/net. Pada pelaksanaannya, siswa dapat memilih salah satu model peta konsep yang diinginkan atau mengembangkan modelnya sendiri dengan memodifikasi dari model peta konsep yang telah ada. Berdasarkan pengamatan sejak tahun 2014 – 2016 dari berbagai sekolah di Malang, Jawa Timur, pada umumnya model peta konsep yang dibuat oleh siswa adalah model tree.
Kata kunci: remap coople, peta konsep, ragam model peta konsep
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options: Creative Commons Attribution (CC BY)
Authors and readers can copy and redistribute the material in any medium or format, as well as remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially, but they must give appropriate credit (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Biogenesis: Jurnal Ilmiah Biologi as publisher of the journal.