Peningkatan Minat Belajar di Unit Pelaksana Teknis Sekolah Dasar Inpres 6/80 Latellang Melalui Pembinaan Kelompok Belajar Berbasis Metode Reward

  • Mutmainnah Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
    (ID)
  • Harmilawati Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
    (ID)
Keywords: Pendidikan, Minat Belajar, Metode Reward

Abstract

Pendidikan tidak lepas dari proses pembelajaran karena semua proses pendidikan berlangsung melalui kegiatan belajar. Pendidikan menjadi sangat penting, khususnya pada masa pendidikan usia dini.Pembelajaran yang bermutu tinggi merupakan kunci utama dalam pendidikan. Minat belajar peserta didik yang kurang bisa mengakibatkan hasil belajar peserta didik belum optimal. Untuk itu, perlu alternatif pemecahannya agar minat belajar siswa meningkat. Minat belajar menjadi salah satu faktor penghambat majunya pendidikan.  Menurunnya minat belajar biasanya terjadi karena disebabkan berbagai faktor salah satunya yaitu pada setiap proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode yang bervariatif. Di UPT SD Inpres 6/80 Latellang, metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan adalah metode reward. Reward dapat berupa hal sederhana seperti pujian dan tepuk tangan ataupun dapat berupa bentuk hadiah yang diberikan kepada siswa. Dengan adanya reward siswa merasa keatifannya atau upaya yang siswa lakukan merasadiapresiasi sehingga muncul rasa  senang dan semangat bagi siswa untuk melaksanakan pembelajaran.

References

Amirudin, A., Nurlaeli, A., & Muzaki, I. A. (2020). Pengaruh Metode Reward and Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 140–149.

Fuad, Z. A. & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42-54.

Haris, N., Maryam, S., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(2), 132–143.

Manoppo, Y. K. (2016). Penerapan Metode Reward Dan Punishment Pada Mapel Pai Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas I Sd Islam Al-Azhar 43 Gorontalo. Jurnal Irfani, 12(1), 36–53.

Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365-376.

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.

Rustantono, H., & Ma’rifah, A. (2021). Penerapan Metode Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Nu Sunan Giri Kepanjen Malang. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(7), 527–539.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143-152.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Published
2023-05-02
How to Cite
Mutmainnah, & Harmilawati. (2023). Peningkatan Minat Belajar di Unit Pelaksana Teknis Sekolah Dasar Inpres 6/80 Latellang Melalui Pembinaan Kelompok Belajar Berbasis Metode Reward. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28-35. https://doi.org/10.24252/rkjpm.v1i1.37206
Abstract viewed = 47 times