Urgensi Manajemen Pariwisata Berbasis Teknologi Informasi dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Majene

  • Novayanti Sopia Rukmana Syafrin Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Risma Niswaty Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Andi Cudai Nur Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Keywords: Teknologi, Sustainable Tourism, Digital Training, Kolaborasi, Inovasi

Abstract

Di SMK Negeri 2 Majene, inisiatif kolaboratif telah dibentuk sebagai hasil kerja sama dengan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dan pemangku kepentingan setempat. Fokus utamanya adalah pada integrasi teknologi dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Mengingat pentingnya teknologi dalam era modern, proyek ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana keahlian digital siswa dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan pariwisata Kabupaten Majene. Melalui pelatihan yang dirancang dengan baik, inovatif, dan komprehensif, siswa diajarkan prinsip dan praktek teknologi informasi, khususnya dalam bidang promosi dan manajemen pariwisata. Inisiatif semacam ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan pentingnya teknologi dalam pariwisata tetapi juga memotivasi generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan potensi pariwisata daerah mereka. Lebih dari itu, sinergi antara sektor pendidikan dan industri pariwisata menciptakan peluang untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi dan kolaborasi antar-sektor. Ini adalah contoh nyata bagaimana pendidikan yang mengadopsi teknologi dapat menjadi katalis perubahan, menciptakan sektor pariwisata yang lebih inklusif, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Ini menunjukkan potensi besar teknologi dalam mengubah wajah pariwisata Kabupaten Majene.

References

Harris, Rob, Peter Williams, and Tony Griffin. 2012. Sustainable Tourism. Routledge.

Huda, Rojaul. 2020. “Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Sektor Pariwisata Di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 11(2): 157–70.

Junior, Muhammad Arkan Tunas. 2018. “Implikasi Perubahan Undang-Undang Pemerintah Daerah Terhadap Kewenangan Pemerintah Kabupaten Bantul Dalam Hal Pariwisata Setelah Lahirnya Undangundang Nomor 23 Tahun 2014.”

Komalasari, Rita, Puji Pramesti, and Budi Harto. 2019. “Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata.” Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia 2(2).

Kristiana, Yustisia. 2019. Buku Ajar Studi Ekowisata. Deepublish.

Permatasari, Indah. 2022. “Peran Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism) Di Bali.” Kertha Wicaksana 16(2): 164–71.

Rahma, Adenisa Aulia. 2020. “Potensi Sumber Daya Alam Dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia.” Jurnal Nasional Pariwisata 12(1): 1–8.

Sitanggang, Andri Sahata et al. 2022. “Penggunaan E-Tourism Sebagai Strategi Mempromosikan Pariwisata Di Majalengka.” Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia 4(2): 52–60.

Timotius, Richard. 2018. “Revitalisasi Desa Dalam Konstelasi Desentralisasi Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.” Jurnal Hukum & Pembangunan 48(2): 323–44.

Widodo, Isto. 2017. “Dana Desa Dan Demokrasi Dalam Perspektif Desentralisasi Fiskal.” Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review 2(1): 65–85.

Yatmaja, Panji Try. 2019. “Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat Oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Dalam Mengembangkan Pariwisata Berkelanjutan (Studi Pada Pokdarwis Minang Rua Bahari Di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan).”

Published
2023-11-03
How to Cite
Rukmana Syafrin, N. S., Risma Niswaty, & Andi Cudai Nur. (2023). Urgensi Manajemen Pariwisata Berbasis Teknologi Informasi dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Majene. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 60-67. https://doi.org/10.24252/rkjpm.v1i2.41182
Abstract viewed = 257 times