Pembuatan Aplikasi Kamus Ilmu Komunikasi Berbasis Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri
Abstract
Aplikasi kamus digital kini kian marak dikembangkan oleh pihak pengembang (developer) aplikasi untuk tujuan pendidikan. Aplikasi kamus yang dibuat dan dikembangkan tersebut, secara spesifik bertujuan sebagai media belajar masyarakat secara umum dalam berbagai bidang ilmu. Sejauh ini, belum adanya aplikasi serupa yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna pada bidang Ilmu Komunikasi. Maka dipandang perlu untuk membuat dan mengembangkan aplikasi kamus istilah Ilmu Komunikasi yang berbasis smartphone dengan tujuan sebagai media belajar mandiri. Metode yang digunakan dalam merancang aplikasi Kamus Ilmu Komunikasi ialah pengembangan R&D (Research and Development), yang terdiri atas 7 tahapan. Salah satu tahapan ialah uji coba yang menggunakan metode statistik deskriptif untuk mengukur kepuasan pengguna aplikasi Kamus Ilmu Komunikasi. Hasil dari kegiatan ini ialah sebuah produk berbentuk aplikasi berbasis smartphone yang diberi nama Kamus Ilmu Komunikasi. Berdasarkan hasil uji coba pada aplikasi tersebut, diperoleh hasil dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna sebagai media belajar mandiri, khususnya bagi mahasiswa yang sedang mempelajari Ilmu Komunikasi.
References
Darwati, L. & Fitriyani. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 12(2), 34-42.
Erlinda & Masriadi. (2020) Perancangan Aplikasi Mobile Kamus Istilah Komputer untuk Mahasiswa Baru Bidang Ilmu Komputer Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 30-43.
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116-126.
Srivastava, L. (2005). Mobile Phones and the Evolution of Social Behaviour. Behaviour and Information Technology, 24(2), 111-129.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, S., & Ahmadi, L. P. (2022). Smartphone Menjadi Kebutuhan Primer Mahasiswa dalam Aktivitas Perkuliahan. MIZANIA: Jurnal Ekonomi dan Akuntansi, 2(2), 190-195.
Wirawan, M. A., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Konferensi: Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Tahun 2020, 189-196.
Copyright (c) 2023 Nurjayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.