Pemberdayaan Spiritual Anggota Majelis Taklim Darul Falah Melalui Pembelajaran Al-Quran
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pemberdayakan spiritual anggota Majelis Taklim Darul Falah Makassar melalui pembelajaran Al-Quran, yang diharapkan dapat meningkatkan kehidupan religius dan sosial mereka. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar, dilaksanakan setiap malam Jumat setelah salat Maghrib di Masjid Darul Falah. Peserta terdiri dari 15 orang anggota Majelis Taklim, dibimbing oleh Dr. Hj. Suriyani, M.Pd. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Quran serta pemahaman makna dan konteks ayat-ayat yang dibaca. Peserta juga melaporkan peningkatan dalam kehidupan religius dan interaksi sosial mereka. Kesimpulannya, pembelajaran Al-Quran ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga memperkuat spiritualitas dan solidaritas di antara anggota Majelis Taklim. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini sangat penting untuk dilanjutkan guna membangun masyarakat yang lebih berdaya dan religius
References
Akbar, A. B. (2022). Pendampingan Membaca Al-qur’an Dengan Tajwid Yang Benar Bagi Masyarakat Disekitar Lingkungan Kampus. Jurnal BUDIMAS, 04(02), 1–6.
Ardianti, Takdir, Syarifuddin, & Indirwan. (2023). Pendampingan Mempelajari Al-Qur’an Pada Masyarakat Desa Malimongeng. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 18–23.
Fitriah Elkarimah, M., & Saputra, E. (2021). Peningkatan Kualitas Para Pengajar Al-Qur`An Dalam Rangka Mewujudkan Standar Kualitas Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 188–193.
Kahar, I., Arbaen, Pahrisa, N., Najamuddin, Demitra, A., Sandi, F., Nurhayani, Su-parman, S., Hera, & Jalil, R. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat : Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Melalui Metode Pendampingan Keagamaan. Communnity Development Journal, 4(4), 7198–7204.
Mahmud, A. (2023). Edukasi Akhlak dan Model Pembelajaran yang Efektif di Panti Asuhan Al Hidayah Makassar: Transformasi Sosial untuk Masa Depan yang Lebih Baik. Ruang Komunitas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–88.
Muhammad, H., & Al Mu’min, T. (2021). Pendampingan Belajar Anak-Anak Mem-baca Al-Qur’an Dengan Ilmu Tajwid Di Desa Ratu Jaya Kabupaten Lampung Utara. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 123–137. www.e-journal.metrouniv.ac.id
Mustofa, A., Indana, N., Zita Hasro, A., Ayu Setyaningsih, A., Nur Laili, A., Elistia-na Ulfa, B., Nurmalasari, I., Rohmah, N., Saira Mochsen Susi Kurniawati, S., & Ahmad, W. (2023). Pendampingan Untuk Mempermudah Belajar Arti Al-Qur’an Melalui Qur’any 2 di TPQ Al-Firdaus Bareng Jombang. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 147–156. https://doi.org/10.54437/annafah
Parihin, Ahmad, Halimatuzzahrah, Parziyah, Helmiyatun, & Hidayah, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Baca Tulis Anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Jurnal Mengabdi Dari Hati: Media Mengabdi, Masyarakat Berdaya, 1(1), 23–30.
Riyadi, N. E. W., Setianingsih, H. P., Rahmawati, D., & Jayanti, Z. (2023). Pem-binaan Membaca AL-Qur’an Dengan Ilmu Tajwid di TPA Nurul Iman Lan-galeso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1725–1730. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
Selvia, E., Rahmad, & Sulistyowati. (2023). Pelatihan Membaca Al-Quran melalui Metode Tilawati bagi Siswa Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 252–263.
Copyright (c) 2024 Suriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.