Pendampingan Pembuatan POPBUNDO: Pop-up Book Budaya Indonesia di Kelas X.9 SMA Negeri 2 Metro
Abstract
Upaya dalam mengenalkan keragaman budaya Indonesia secara efektif menggunaan media pembelajaran yang kreatif seperti pop-up book menjadi hal yang sangat penting. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia sekaligus meningkatkan kreativitas peserta didik. Pelatihan ini diikuti oleh 36 peserta didik di Kelas X.9 SMA Negeri 2 Metro. Metode yang dilaksanakan dalam pelatihan ini adalah: 1) Meminta izin kepada pihak Sekolah, 2) Melakukan koordinasi dengan guru pamong, 3) Melaksanakan bimbingan pra kegiatan kepada peserta didik, 4) Melaksanakan kegiatan pelatihan, 5) Melakukan pendampingan, dan 6) Mempresentasikan hasil karya peserta didik di depan kelas. Hasil pelatihan menunjukan bahwa peserta didik antusias dalam mengikuti pelatihan pembuatan pop-up book berupa media pembelajaran berbentuk buku dua atau tiga dimensi yang menampilkan gambar timbul ketika dibuka. Berdasarkan hasil presentasi semua kelompok dapat antusias dalam membuat pop-up book, kemudin berdasarkan grafik hasil angket evaluasi mendapati hasil dari indikator 1 yaitu sangat baik sebesar 50%, baik 38,9%, cukup baik 11,1%, kurang baik 0%, dan tidak baik 0%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan telah terlaksana dengan baik dari segala indikator penilaian, dan pelatihan ini mampu untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia dan meningkatkan kreatifitas peserta didik melalui media pop-up book.
References
Harmanto, M., Hidayah, N., Kurniasari, S. W., Safitri, D. E., Karunia, A., & Hilyana, F. S. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Sejarah Kemerdekaan Indonesia untuk Materi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 2028-2043. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2376
Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas Iv Min 1 Serang: Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Serang. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155-166. https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3700
Lismayanti, M., Hamidah, A., & Anggereini, E. (2016). Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk Sma Kelas X. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, 18(1), 44-47.
https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15107
Mustaqim, M. (2020). Penggunaan Media TIK untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Quran di SDN 6 Mataram. Jurnal Paedagogy, 7(1), 9-16. https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2510
Nufus, M., Purbaningrum, T. K., & Prahastini, K. (2022, November). Penerapan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Keberagaman Budaya Di Indonesia Siswa Kelas IV SDN Cipete 3. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 676-689).
http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2409/2230/
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1-11 http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Copyright (c) 2025 Ira Vahlia, Hasri Hidayatullah, Feni Kurnia Wati, Ocha Agutriana, Putri Setyawati, Anik Dwika Lestari, Nanda Lintang Puspita, Junita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.