Belajar Matematika Menyenangkan Melalui Menggunting dan Menempel Kartu Angka Matematika
Abstract
Matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan apabila dilakukan dengan metode dan media yang tepat. Salah satu metode yang digunakan yaitu bermain sambil belajar dengan menggunakan kartu angka matematika (Karka) yaitu melalui kegiatan menggunting dan menempel kartu angka matematika. Metode ini digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan tujuan agar anak-anak dapat belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di TPQ Nurul Yaqin yang diikuti oleh 15 orang anak. Tahapan kegiatan pengabdian meliputi persiapan, dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan sekaligus melakukan pendampingan terhadap anak dan terakhir menyusun laporan kegiatan. Keberhasilan dari kegiatan ini dapat diketahui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa anak-anak menyukai belajar dengan Karka dan guru sangat terbantu dalam mengajar. Jadi, belajar matematika melalui kegiatan menggunting dan juga menempelkan kartu Karka dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan belajar matematika menjadi mudah.
References
Fitriah, Iyah, Kartini Marzuki, and Ita Rostia Ichsan. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel dengan Berbagai Media pada Kelompok B di TKS Islam Widya Cendekia Kota Serang.” Jurnal Profesi Kependidikan 4(1 APR).
Helfianis, and Syahrul Ismet. 2020. “Manfaat Kartu Angka Papan Flanel Dalam Menstimulasi Kemampuan Berhitung Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3):3316–22. doi: 10.31004/jptam.v4i3.845.
Hermawan, Sidik Eka, and Fitriani Wahyu Setyaningrum. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Keterampilan Menggunting Anak Melalui Kegiatan Menggunting Pola Pada Peserta Didik Kelas a School for Refugees Dompet Dhuafa Tahun Ajaran 2019-2020.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 10(01):9–15.
Khoiriyyah, Anisatul. 2018. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Kartu Angka Pada Anak Tk Kelompok A.” Pendidikan Guru PAUD S-1 7(2):156–64.
Kurniati, Annisah, and Hayatun Nufus. 2018. “Pengembangan Buku Keajaiban Angka Dalam Alqur’an Dilengkapi Media Kartu Angka.” MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran 6(2):173–86. doi: 10.24252/mapan.2018v6n2a4.
Kurniati, Annisah, Depriwana Rahmi, and Suci Yuniati. 2022. “Pengembangan Media Permainan Teka Teki Silang (TTS) Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):1461–74. doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1346.
Kurniati, Annisah, Suci Yuniati, and Depriwarna Rahmi. 2022. “Media Puzzle Angka: Pengenalan Angka Pada Anak Tahap Praoperasional (Toeri Piaget).” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(3):2846–56. doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1416.
Millati, Inayatul. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Playdough Alami Pada Kelompok B3 Di TK Ma’had Islam Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021.” AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak 1(2):124–34. doi: 10.24246/audiensi.vol1.no22022pp124-134.
Muslimin, Siti Zaenab. 2020. “Implementasi Metode Bermain Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif (Mengenal Dan Membilang Angka 1-10) Pada Kelompok a Di Tk Dharmawanita Kalijaga Desa Kalijaga Kec. Aikmel Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) 1(1):22–36. doi: 10.37216/aura.v1i1.263.
Nurhanifa, Nurhanifa, Anwar Mutaqin, and Ihsanudin Ihsanudin. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Menggunakan Articulate Storyline Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp.” Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 2(4):217–27. doi: 10.56704/jirpm.v2i4.12856.
Nurhidayat, Nurhidayat, Ahmad Afiif, and Dahlia Patiung. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 3(2):101. doi: 10.24252/nananeke.v3i2.16130.
Rahmi, Depriwana, Annisah Kurniati, Suci Yuniati, Arnida Sari, and Depi Fitraini. 2023. “Pengunaan Media Teka Teki Silang Matematika Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2):2568–74.
Rokhima, Rokhima, Siti Khotijah, and Indah Sumartiningsih. 2019. “Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar.” Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika 2(1):48–57. doi: 10.31537/laplace.v2i1.194.
Satori, Djam’an. 2013. Metode Penelitian Kualitatif / Djam’an Satori, Aan Komariah. Alfabeta.
Sumantri, MS; 2005. “Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.” Retrieved March 17, 2024 (http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2627).
Wulandari, Isna, Jody Hendrian, Indri Puspita Sari, Felinda Arumningtyas, Rina Br Siahaan, and Hasbi Yasin. 2020. “Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 11(2):127–31. doi: 10.26877/e-dimas.v11i2.2513.
Yusuf. S. n.d. “Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja / H. Syamsu Yusuf L.N. ; Pengantar: M. Djawab Dahlan | Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.” Retrieved March 17, 2024 (https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=23415).
Copyright (c) 2024 Annisah Kurniati, Suci Yuniati, Depriwana Rahmi, Teddy Purnamirza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.