Pemberdayaan Komunitas UMKM Berbasis Penguatan Aspek Keuangan dan Pemasaran Digital di Kota Serang

  • Bambang Arianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
    (ID)
  • Sev Rahmiyanti Universitas Banten Jaya
    (ID)
  • Bekti Handayani Universitas Bhakti Kencana Serang
    (ID)
Keywords: UMKM, Laporan Keuangan, Pemasaran Digital

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama ekonomi Indonesia yang masih menemui berbagai kendala dari sisi tata kelola manajemen keuangan dan pemasaran. Dalam pengabdian masyarakat di Kelurahan Tembong Kota Serang yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2023, telah diberikan pendampingan bagi komunitas UMKM melalui penguatan aspek keuangan dan pemasaran digital. Dalam pendampingan ini telah diberikan pengetahuan tentang pentingnya laporan keuangan sederhana bagi UMKM dan teknik pemasaran digital. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa pendampingan penyusunan laporan keuangan bisa memberikan kontribusi bagi perbaikan manajemen tata kelola UMKM. Sementara revitalisasi pemasaran digital melalui pemanfaatan media sosial dapat memperkuat aspek pemasaran bagi para pegiat komunitas UMKM. Keberhasilan kegiatan ini tampak dari para pegiat komunitas UMKM yang dapat mempergunakan pemasaran digital dan penyusunan laporan keuangan dengan baik. Para pegiat UMKM bisa memahami kebermanfaatan dari aspek keuangan.

References

Ahmad, A., & Nurhidaya, N. (2020). Media sosial dan tantangan masa depan generasi milenial. Avant Garde, 8(2), 134-148.

Alinsari, N. (2020). Peningkatan literasi keuangan pada umkm melalui pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256-268.

Arianto, B., & Handayani, B. (2022). Studi Fenomenologi Youtube Sebagai Saluran Pembelajaran Kewargaan Desa Sukoharjo Kabupaten Sleman. Jurnal DIALOGIKA: Manajemen dan Administrasi, 3(2), 92-106. https://doi.org/10.31949/dialogika.v3i2.8717

Arianto, B., & Handayani, B. (2023a). Pendampingan Pencegahan Stunting Berbasis Tata Kelola Akuntansi Rumah Tangga di Desa Bakung Kabupaten Serang. Rahmatan Lil'Alamin Journal of Community Services, 117-128. https://doi.org/10.20885/RLA.Vol3.iss2.art6

Arianto, B., & Handayani, B. (2023b). Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Digital Kewargaan: Studi Etnografi Digital. ARKANA: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(02), 220-236. https://doi.org/10.62022/arkana.v2i02.5813

Arianto, B. (2022). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 132-146.

Casmi, E., & Arianto, B. (2023). Pengembangan Inovasi Bisnis Batik Nologaten di Padukuhan Nologaten Kabupaten Sleman. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 87-95.

Hani, S., & Fauzi, Z. (2017). Persepsi Pelaku UKM Terhadap Penyelenggaraan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan Indonesia, 5(2).

Hidayat, R. A. L., Juitania, S., Indrawan, I. G. A., & Syahputra, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Si Apik Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Umkm Rumah Pemberdayaan Masyarakat Tangerang Selatan. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 1-10.

Irawati, W., Indrayani, L., & Barli, H. (2020). Tata Kelola Keuangan Sederhana bagi UMKM di Kapuk Muara. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 125-131.

Negoro, Y. P., & Jufriyanto, M. (2022). Pelatihan Desain Kemasan Produk Frozen Food Dengan Smartmockups Dan Aplikasi Canva Pada Umkm Asosiasi Sidayu. DedikasiMU: Journal Of Community Service, 4(2), 150-160.

Puspita, V. A., Veranita, M., & Gunardi, G. (2020). Perbaikan tata kelola bisnis UMKM kerupuk kulit singkong menuju ketahanan BUMDes Jagabaya. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 29-37.

Rahmadiane, G. D., Mahmudah, N., Faidah, Y. A., & Tasya, S. K. (2022). Strategi Penguatan Usaha dan Pemahaman Laporan Keuangan Bagi UMKM Kota Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 1(2), 60-66.

Rahmiyanti, S., & Arianto, B. (2023). Pendampingan Literasi Keuangan Digital Bagi UMKM Digital Di Kelurahan Tembong Kota Serang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 158-167.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.

Rokhmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan, Kendala dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Sukoharjo. Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf, 1(1), 20-31.

Soejono, F., Sunarni, T., Kusmawati, K., Samuel, S., & Angeliana, W. (2020). Pendampingan Usaha: Pentingnya Laporan Keuangan Dan Penggunaan Aplikasi Bukukas Untuk Laporan Keuangan Usaha. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 210-219.

Published
2024-04-02
How to Cite
Arianto, B., Rahmiyanti, S., & Handayani, B. (2024). Pemberdayaan Komunitas UMKM Berbasis Penguatan Aspek Keuangan dan Pemasaran Digital di Kota Serang. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 15-23. https://doi.org/10.24252/rkjpm.v2i1.46247
Abstract viewed = 96 times