PENGAMALAN NILAI TAUHID ULUHIYAH DALAM IBADAH SALAT PADA REMAJA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengamalan nilai tauhid uluhiyah dalam ibadah salat pada remaja, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengamalan ibadah salat pada remaja di Kelurahan Darma Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu 18 remaja, orangtua di Kelurahan Darma Kabupaten Polewali Mandar. Dalam memperoleh data digunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan tehnik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengamalan nilai tauhid uluhiyah dalam ibadah salat pada remaja di Kelurahan Darma, terbagi dua, yaitu; kelompok remaja yang melaksanakan salat dengan tepat waktu atau diawal waktu dan kelompok remaja yang suka menunda-nunda salat; 2) Faktor pendukung yang memengaruhi pengamalan nilai tauhid uluhiyah dalam ibadah salat pada remaja adalah adanya kesadaran diri pada remaja, teman sebaya atau lingkungan masyarakat yang baik dan tersedianya masjid sebagai sarana sehingga memudahkan pelaksanaan salat lima waktu, 3) Faktor penghambat yang memengaruhi pengamalan nilai tauhid uluhiyah dalam ibadah salat pada remaja adalah kurangnya perhatian orang tua, adanya kegiatan lain yang lebih mendesak dan timbulnya rasa malas.
Downloads
References
Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri. (2008). Minhajul Muslim: Pedoman Hidup Ideal Seorang Muslim. Solo: Insan Kamil.
Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim. (2014). Panduan Fiqih Lengkap Bagi Wanita. Solo: Pustaka Arafah
Abd Rahman Halim. (2017). Hakekat Kekhalifahan Manusia, Yogyakarta: Zada hanifah
Ahmad Tafsir. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Cet. IV; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad Warson Al Munawwir, (1997). Al-Munawwir Kamus Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Elizabeth B. Hurlock. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan: Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.
Hamdani Bakran adz Dzakiey. (2007). Jangan Kecewakan Allah dengan Sholatmu. Yogyakarta: Pustaka Al-furqon.
Idham (2001). Ilmu Pendidikan, Indobis.
John W. Santrock. (2012). Life Span Depelopment: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
Taufik Rahman (2013). Tauhid Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Setia.
Rahendra dan Dessi Angreani. (2018). Penanaman Nilai Agama Islam dalam keluarga dengan Akhlak Remaja. Jurnal Obor Penamas Pendidikan Luar Sekolah.
Syahminan Zaini, (1983). Kuliah Akidah Islam. Surabaya: Al-Ihklash.
Syamsu Yusuf (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yuli partiana, Suhirman, A. Suradi (2019). Pemahaman dan Penerapan Ibadah Salat Lima Waktu pada Masyarakat di Bengkulu Tengah. Jurnal Edukasi Multikultura 1 no. 1.
Wiwik Haryani, Basri Nurin, Mardiana (2019). Korelasi Antara Pengamalan Ibadah Shalat Dengan Akhlak Siswa. Jurnal Ta’lim, Vol 1, Nomor 1.
Yusuf Muhammad al-Hasan (2014). Pendidikan Anak dalam Islam. Cet. VI; Jakarta: Darul Haq.
Responden 3, Nur Fajrianti (17 Tahun), Remaja di kelurahan Darma, Wawancara, Kelurahan Darma, 3 Juli 2020.
Responden 4, Nasra Jalawali, (56 Tahun), Orangtua Remaja di kelurahan Darma, Wawancara, Kelurahan Darma, 9 juli 2020.
Responden 7, Syawal ( Tahun), Remaja di kelurahan Darma, Wawancara, Kelurahan Darma, 13 Juli 2020
Responden 14, Nurul Faisah (16 tahun), Remaja di kelurahan Darma, Wawancara, Kelurahan Darma, 26 Juni 2020.
Responden 15, Reskiani, (17 Tahun), Remaja di kelurahan Darma, Wawancara, Kelurahan Darma, 26 Juni 2020.
Responden 6, Putri Syahrani (17 Tahun), Remaja di Kelurahan Darma, Wawancara, Kelurahan Darma, 12 Juli 2020.