BIAS GENDER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB KARYA FARUQ BAHARUDIN: Studi Analisis Pada Buku Ajar Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kelas VII
Abstract
Ketidakadilan gender yang terjadi pada pendidikan formal di sekolah tanpa disadari oleh guru atau siswa itu sendiri. Pada umumnya, guru merasa telah memperlakukan siswa-siswinya secara adil. Mereka tidak memperhatikan dengan baik buku ajar yang berpotensi mengarah pada bias gender. Memperhatikan isi buku ajar adalah langkah penting yang berperan dalam merubah pola pikir para murid termasuk prilaku yang dianggap bias gender maupun responsif gender. Oleh karenanya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bias gender pada materi dan gambar ilustrasi buku teks pelajaran bahasa Arab karya Faruq Baharudin. Metode yang digunakan penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis semiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi dalam buku teks pelajaran bahasa Arab karya Faruq Baharudin masih mengandung bias gender yang dilihat dari empat aspek: 1) peran kerja, 2) nilai sifat, 3) status sosial, dan 4) bias gender dalam kegemaran. Bias gender ini terdapat dalam tiga tema yaitu bab satu tema ta’aruf (Perkenalan), bab tiga tema adawaatul madrosiyyah (Peralatan sekolah), dan bab enam tema min yaumiyyatil usroh (Kegiatan sehari-hari keluarga) dan ada satu gambar ilustrasi yang mengandung bias gender, yaitu terdapat pada tema enam tentang min yaumiyyati lusroh (kegiatan sehari-hari keluarga).
Downloads
References
Afandi, A. (2019). Bentuk-Bentuk Perilaku Bias Gender . LENTERA: Journal of Gender and Children Studies , 1-17.
Ani. (2017). Perempuan dan Karir (Telaah Teori Trait and Factor dalam Pengembangan Karir dan Pengambilan Keputusan). MUWAZAH , 151-161.
Astuti, S. I. (2007). Panduan Untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Baghdadi, M., & Rezaei, A. (2015). Gender representation in english and Arabic foreign language textbooks in Iran: A comparative approach. Journal of International Women's Studies, 16(3), 16-32.
Cépeda, P., Kotek, H., Pabst, K., & Syrett, K. (2021). Gender bias in linguistics textbooks: Has anything changed since Macaulay & Brice 1997?. Language.
Dawar, T. I. N. N. Y., & Anand, S. A. R. I. T. A. (2017). Gender bias in textbooks across the world. International Journal of Applied Home Science, 4, 224-235.
Dewi Ulfah, I. d. (2019). Bias Gender dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya , 188-197.
Efendy, R. (2014). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan . Jurnal Al-Maiyyah , 142-165.
Elmiana, D. S. (2019). Pedagogical representation of visual images in EFL textbooks: a multimodal perspective. Pedagogy, Culture & Society, 27(4), 613-628.
Erlina. (2013). Perspektif Gender dalam Buku Teks Bahasa Arab "Al-Arabiyah Baina Yadaika". Jurnal Al-Bayan , 19-31.
Faruq Baharudin, Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah kelas VII, cetakan pertama: 2020 (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2020), hlm. 1-144
Farmawati, C. (2018). Peningkatan Peran Masyarakat dalam Pencegahan KDRT Melalui Penyuluhan Anti Kekerasan Berbasis Gender. MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 10(2), 138-161.
Fadhilah, N. (2020). Kecenderungan Perilaku Seksual Beresiko Dikalangan Mahasiswa: Kajian Atas Sexual Attitude Dan Gender Attitude. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 19(2), 171-189.
Ferree, M. M., & Hall, E. J. (1990). Visual images of American society: Gender and race in introductory sociology textbooks. Gender & Society, 4(4), 500-533
Forcey, L. R. (2016).Feminist Perspectives on Mothering and Peace 1. In Mothering (pp. 355-375). Routledge.
Foroutan, Y. (2012). Gender representation in school textbooks in Iran: The place of languages. Current Sociology, 60(6), 771-787.
Handayani, R. (2020). Multi Peran Wanita Karir pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender dan Anak , 1-10
Hedge, T. (2001). Teaching and learning in the language classroom (Vol. 106). Oxford, UK: Oxford university press.
Hidayat, R. (2011). Bias Gender dalam Prestasi Akademik Siswa: Studi Tentang Perbandingan Prestasi Akademik Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA 12 Bekasi . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 472-479.
Izzuddin, Dalimunthe, R. P., & Susilo, S. (2021). The Portrayal of Women in Arabic Textbooks for Non-Arabic Speakers. SAGE Open, 11(2), 21582440211014184.
Janu Arbain, N. A. (2015). Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah Atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih. SAWWA , 75-94.
Julianti, L., & Ikhsanudin, I. (2019). A Content Analysis of Gender Bias in When English Rings A Bell Textbooks. International Journal of Learning and Instruction (IJLI), 1(1), 23-30.
Lasaiba, D. (2016). Gender Relation dalam Buku Ajar Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Jurnal al-iltizam , 1-16.
Listiyani, B. N. (2017). Bias Gender dalam Buku Tematik Siswa Kurikulum 2013 (Studi Semiotika Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan). PARADIGMA , 1-8.
Luthfiyah Zahro, A. J. (2020). Profil Kemampuan Berfikir Logis Siswa SMP Kelas VII Berbasis dengan Gender. Jurnal Pelita Pendidikan , 134-137.
Mengel, F., Sauermann, J., & Zölitz, U. (2019). Gender bias in teaching evaluations. Journal of the European Economic Association, 17(2), 535-566.
Mim, S. A. (2019). Women Missing in STEM Careers: A Critical Review through the Gender Lens. J. Res. Sci. Math. Technol. Educ, 2, 59-70.
Nofianti, L. (2016). Perempuan di Sektor Publik. marwah , 51-61.
Nur Alifta Kinanti, M. I. (2021). Stereotip Pekerjaan Berbasis Gender dalam Konteks Indonesia. Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia , 1-16.
Pratama, M. N. (2019). Tantangan dan Kesempatan Wanita dalam Lingkungan Kerja. DERIVATIF: Jurnal Manajemen , 8-15.
Remiswal. (2013). Menggugah Partisipasi Gender di Lingkungan Komunitas Lokal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rohmawati, T. T. (2018). Segresi Gender dalam Manajemen Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Islam. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak , 287-314.
Selvi, A. F., & Kocaman, C. (2021). (Mis-/Under-) Representations of gender and sexuality in locally-produced ELT materials. Journal of Language, Identity & Education, 20(2), 118-133.
Shodiq, M. J. (2014). Bias gender dalam buku bahasa Arab siswa MA kelas X dengan pendekatan saintifik 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 307-326.
Shodiq, M. J. (2016). Perspektif Kesetaraan Gender dalam Buku Bahasa Arab Siswa MTs Pendekatan Saintifik 2013. FENOMENA , 1-18.
Subhan, Z. (2015). Al-Qur'an dan Perempuan: Menuju Kesetaraan Gender dalam Penafsiran. Jakarta: Kencana.
Sulaimani, A. (2017). Gender Representation in EFL Textbooks in Saudi Arabia: A Fair Deal?. English Language Teaching, 10(6), 44-52.
Sumar, W. T. (2015). Implementasi Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. MUSAWA , 158-182.
Suwardi, S., Anitah, S., Akhyar, M., & Asrowi, A. (2017). Gender bias in Islamic textbooks for Muslim children in Indonesia. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 2(2), 214-235.
Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian , 63-76.
Umar, N. (2010). Argumen Kesetaraan Gender. Jakarta: Dian Rakyat.
Umniyyah, Z. (2020). Marginalisasi Perempuan: Cara Pandang Masyarakat Penganut Sistem Patriarki dalam Novel Kenanga Karya Oka Rusmini. Jurnal Unej , 120-129.
Wiasti, N. M. (2017). Mencermati Permasalahan Gender dan Pengarusutamaan Gender (PUG). Sunari Penjor: Journal of Anthropology , 29-42.
Wiyanti, H. A. (2017). Representasi Kesetaraan Gender pada Iklan (Tinjauan Semiotika Citra Laki-laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain , 212-230.
Yonata, F., & Mujiyanto, Y. (2017). The representation of gender in English textbooks in Indonesia. Language Circle: Journal of Language and Literature, 12(1), 91-102
Zahro, A. (2020). Gender Responsivity in a Junior High School Indonesian Language Textbook. Talent Development & Excellence, 12(1).
Zulifan, M. (2018). Bahasa Arab Untuk Semua Metode Praktis Memahami BahasaArab dan Al-Qur'an. Jakarta: PT Gramedia.