Guru Sebagai Figur Sentral dalam Pendididkan

  • Abdul Wahid STAI DDI Pinrang
    (ID)

Abstract

Pandangan tentang tipologi guru, mencakup tentang watak yakni sikap dan sifat, serta ciri-cirinya. Sebenarnya, sikap dan sifat guru sudah termasuk dalam masalah akhlak. Namun akhlak guru yang telah dirumuskan tersebut lebih mengacu pada pengertian umum, yakni seluruh tingkah laku guru baik ketika ia mengajar di sekolah maupun ketika ia berada di luar sekolah misalnya di lingkungan keluarga dan atau masyarakat. Peranan guru ditopan oleh berbagai kompetensi yaitu: kompetensi paedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi propesiona

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

AlKalili, Asad M. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Cet III; Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Cet III ; Jakarta : Bumi Aksara, 1995), h. 163. Tafsir,Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam Cet II; Bandung : Remaja Rosdakarya, 1994.

Azra, Azyumardi. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Cet I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Cet V; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. edisi Ketiga Cet I ; Jakarta : Balai Pustaka, 2001.

Kode etik Guru dalam. Buku Kenang-kenangan Kongres PGRI XIII dan Hut PGRI XXIII, butir IX.

Ma’luf, Louis. al-Munjid fi al-Lughah. Cet. XII; Bairut: Dar al-Masyriq, 1977 Nor Wan Daud, Wan Mohd. The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas. diterjemahkan oleh Hamid Fahmi, et. all dengan judul Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas. Cet. I; Bandung: Mizan, 2003.

Ma’luf, Louis. al-Munjid fi al-Lughah. Cet. XII; Bairut: Dar al-Masyriq, 1977.

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Cet. I; Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003.

Muhammad Isa, Kamal. Khashaish Madrasatin Nubuwwa diterjemahkan oleh Chairul Halim dengan judul Manajemen Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Fikahati Aneska, 1994.

Nor Wan Daud, Wan Mohd. The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas, diterjemahkan oleh Hamid Fahmi, et. all dengan judul Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas. Cet. I; Bandung: Mizan, 2003.

Poerwardaminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Cet VIII; Jakarta : PN Balai Pustaka, 1985.

Surya, Muhammad. Percikan Perjuangan Guru. Cet. I; Semarang: CV. Aneka Ilmu, 2003.

Shihab, Quraish. Menyingkap Tabir Ilahi. Cet. II; Jakarta: Lentera Hati, 1999

Raplis Kosasi, Soetjipto. Profesi Keguruan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Prospektif Islam. Cet II; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Published
2013-12-31
How to Cite
Wahid, A. (2013). Guru Sebagai Figur Sentral dalam Pendididkan. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 1-13. https://doi.org/10.24252/.v8i2.1273
Section
Artikel
Abstract viewed = 1212 times