AKHLAK DAN EGO (Dalam Individu, Masyarakat dan Kebangsaan)

  • Akilah Mahmud Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Akhlak merupakan sebuah sistem yang mengatur tindakan dan pola sikap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam ajaran agama Islam, sistem nilai tersebut merupakan sumber ijtihad sebagai salah satu metode berpikir secara Islami. Akhlak  sebagai jembatan terjadinya tindakan dan hubungan antara manusia dengan Tuhannya, dan hubungan manusia dengan manusia serta hubungan manusia dengan alam sekitarnya

Dalam Islam, keberadaan Ego tetap diakui, namun dijaga dan di atur sehingga tidak berkembang menjadi Illa bagi manusia. Seorang Muslim harus sadar dengan keberadaan dirinya, Namun keberadaannya hanya ada karena Allah yang menciptakan dirinya. Di hadapan Allah, manusia adalah makhluk hina yang senantiasa menyungkurkan wajahnya ketanah sebagai bukti kerendahan dan pengabdian  manusia kepada Allah swt, bukan apa-apa, tidak ada yang dimilikinya selain kelemahan dan ketidakmampuan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Muhammad “Pemikiran Etika Muthahhari”, Kuriositas 11, no. 1 (2017).

Abdurrahman, Muhammad,”Akhlak Memjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia”, Edisi I. Cet. I (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).

Aisyah BM, St. “Antara Akhlak Etika Dan Moral”, Makassar: Alauddin University Press. 2014.

Habibah, Syarifah. “Akhlak dan Etika dalam Islam” Jurnal Pesona Dasar 1, No. 4, Oktober 2015.

Islami dan Kesehatan Mental " Jurnal Prophetic 1 , No. 1, November 2018.

Mahmud. Akilah, “Aqidah Akhlak” Gowa: Gunadarma Ilmu.2018.

Mutahhari, Murtadha. Falsafah Akhlak: Struktur Kerangka Tindakan Dari Ego, Emosi, Intuisi, Estetika, Teori, Penyembahan, dan Hakikat Diri. Yogyakarta: Rausyanfikr Institute. 2012.

Naibin, “Murtadhar Muthahhari: Filsafat Etika Islam”, Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 10, no. 1 (2020)..

Sabiq, Sayid. “Aqidah Islam (pola hidup manusia beriman)” Bandung: Diponegoro. 2010.

Sahnan, Ahmad. “Konsep Akhlak dalam Islam dan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam” Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar 2 no. 2, 2018.

Sifat Egois dan Individualis Halaman all - Kompasiana.com https://www.kompasiana.com

Zuhdi, Ahmad. " Penerapan Model Konseling Ego dalam Membantu Mengatasi Ego yang Lemah untuk Peserta Didik" Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (1). 2016.

Published
2021-06-30
How to Cite
Mahmud, A. (2021). AKHLAK DAN EGO (Dalam Individu, Masyarakat dan Kebangsaan). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 15(1), 29-40. https://doi.org/10.24252/sulesana.v15i1.23597
Section
Artikel
Abstract viewed = 4998 times