TASAWUF DAN PENDIDIKAN MORAL PROF. DR. H. HAMKA:

Upaya Menanggulangi Krisis Moral di Era Kontemporer

  • Aliman Aliman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Saleh Tajuddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Tenri Yeyeng STKIP IP Pembangunan Makassar
    (ID)
Keywords: Hamka, Tasawuf, Modern, Pendidikan Moral

Abstract

Tulisan ini membahas tentang pemikiran dan gagasan Hamka dalam dunia mistisisme Islam yang dikenal dengan tasawuf modern sebagai jawaban dan kritikan terhadap perakterk para sufi yang selama ini popular dipahami dan diartikulasikan oleh sebahagian kelompok tasawuf dalam realitas kehidupan manusia modern. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan menggunakan metode analisis naskah dan karya-karya Hamka untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif terhadap gagasan tasawuf modern dalam kontek kekinian. Hamka merupakan tokoh pembaharu dan reformis pemikiran modern Islam Indonesia yang telah memberikan pengaruh kuat terhadap perkembangan khazanah peradaban dan ilmu pengetahuan Islam terutama pada disiplin tasawuf Islam. Ketajaman analisis intelektual Hamka, dengan kritikan yang tajam terhadap pengamalan tasawuf ia berupaya mengembalikan tasawuf kepada kemurniannya seperti pada awal mula muncul, yaitu tauhid yang bersumber dari al-Quran dan hadis. Tujuan utama dari tasawuf modern dan Pendidikan moral Prof. Hamka adalah berlepas diri dari budi yang tercela dan berupaya memiliki budi atau akhlak mulia melalui zuhud, qana’ah dan tawakal yang menjembatani manusia modern untuk mencapai kebahagiaan, jauh dari keterpurukan, keterbelakangan, kemiskinan dan kebodohan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gaarder, Jostein. Sophie’s World: A Novel About the History of Philosophy. New York: Farrar, Straus and Giroux, 2007
Hamka. Falsafah Kehidupan. Cet. XI; Jakarta: Republika Penerbit, 2020.
Hamka. Lembaga Budi. Cet. III; Jakarta: Republika Penerbit, 2018.
Hamka. Lembaga Hidup. Cet. IV; Jakarta: Republika Penerbit, 2018.
Hamka. Perkembangan Tasawuf dari Abad ke Abad. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1992.
Hamka. Prinsip dan Kebijaksanaan dalam Dakwah Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1990.
Hamka. Tasawuf Modern. Cet. XII; Jakarta: Republika Penerbit, 2020.
Hamka. Tasawuf: Perkembangan dan Pemurniannya. Cet. III; Jakarta: Penerbit Republika, 2016.
Ilyas, Muhammad Azhar dan Hamim (ed.). Pengembangan Pemikiran Keislaman Muhammadiyah: Purifikasi dan Dinamisasi. Yogyakarta: PP Majelis Tarjih dan PPI & LPPI UMY: 2000.
Madjid, Nurcholis. Tradisi Islam: Peran dan Fungsinya dalam Pembangunan di Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1997.
Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang: 1989.
Noor, Deliar. Gerakan Modernisme Dalam Islam. Jakarta: LP3ES: 1983.
Raharjo, M. Dawam. Intelektual Intelegensia dan Perilaku politik Bangsa. Cet. III; Bandung: Mizan, 1996.
Steenbrink, Karel A. “Hamka (1908-1981) on the Integration of Islamic Ummah of Indonesia”, Studia Islamica 1, no 3 (1984): h. 134.
Suhelmi, Ahmad. Pemikiran Politik Barat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama: 2001.
Published
2022-06-30
How to Cite
Aliman, A., Tajuddin, M. S., & Yeyeng, A. T. (2022). TASAWUF DAN PENDIDIKAN MORAL PROF. DR. H. HAMKA:: Upaya Menanggulangi Krisis Moral di Era Kontemporer. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 16(1), 21 - 34. https://doi.org/10.24252/sulesana.v16i1.37981
Section
Artikel
Abstract viewed = 158 times