https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/issue/feed Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) 2024-07-07T11:54:51+00:00 Rika Dwi Ayu Parmitasari [email protected] Open Journal Systems <p><strong>Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM)</strong> merupakan Jurnal ilmiah berkala yang dipublikasikan oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar, Indonesia. Jurnal SSBM merupakan jurnal mahasiswa yang ditujukan untuk menampung beragam karya ilmiah mahasiswa di bidang manajemen, maupun perilaku manajemen. Kajian khusus jurnal ini a.l. pemasaran, sdm, keuangan, operasional, kewirausahaan, inovasi, etika bisnis, strategi, dll.</p><p>Untuk mencapai visinya, maka jurnal SSBM akan terbit setiap bulan, dengan tetap menjaga kualitas tulisan yang ada. Setiap jurnal yang dianggap layak oleh editor akan menjalani double blind-peer review oleh mitra bestari yang kompeten di bidangnya. Kami mengundang para mahasiswa memublikasikan karya ilmiah terbaik mereka di jurnal ini. Jurnal SSBM juga mengenakan biaya publikasi bagi setiap artikel yang diterima, dan telah menyelesaikan proses revisinya.</p> https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/46725 Pengaruh Customer Bonding dan Customer Realtionship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan BNI Kota Makassar dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening 2024-07-07T11:48:28+00:00 Jumriah Ria [email protected] Ahmad Effendi [email protected] Wahidah Abdullah [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>customer bonding</em> dan <em>customer relationship marketing</em> terhadap loyalitas pelanggan BNI Kota Makassar dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>purposive sampling </em>dengan pengukuran menggunakan rumus Hair, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 170 responden. Objek penelitian ini yaitu pelanggan atau nasabah bank BNI Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan <em>Structural Equation Modeling </em>(SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS versi 4.0 <em>for windows</em>, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan <em>Customer Bonding</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan BNI Kota Makassar, <em>Customer Relationship Marketing</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan BNI Kota Makassar, <em>Customer Bonding</em> berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan BNI Kota Makassar, <em>Customer Relationship Marketing </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan BNI Kota Makassar, Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan BNI Kota Makassar, Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan memediasi pengaruh <em>Customer Bonding</em> terhadap Loyalitas Pelanggan BNI Kota Makassar, Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan memediasi pengaruh <em>Customer Relationship Marketing</em> terhadap Loyalitas BNI Kota Makassar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata kunci: Bank Negara Indonesia (BNI) Customer Bonding, Customer Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan</em></p> 2024-07-07T05:33:15+00:00 Copyright (c) 2024 Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/46806 The Influence Of Decision Making and Risk Taking On Franchise Business Performance In Makassar City: The Moderating Role Of Financial Technology (Study Of The BExpress Fried Chicken Franchise Company) 2024-07-07T11:48:29+00:00 Sri Wahyuningsi Rosmini [email protected] Rusdi Raprayogha [email protected] Miftha Farild [email protected] <p>This research aims to determine the influence of decision making and risk taking on the performance of franchise businesses in Makassar City: the moderating role of financial technology. This research uses primary data, the sampling technique in this research is purposive sampling technique using the Slovin formula, so the total sample in this research is 70 respondents. In this research, Structural Equation Modeling (SEM) was used using SmartPLS version 4.0 for Windows as a data analysis technique. The results of the research show that decision making has no direct effect on BExpress Fried Chicken Franchise business performance, risk taking has a significant positive effect on BExpress Fried Chicken Franchise business performance, decision making has a direct effect on Franchise business performance in Makassar City: through The Role Moderating of Financial Technology, and Risk taking has a direct &nbsp;effect &nbsp;on &nbsp;franchise &nbsp;business &nbsp;performance &nbsp;in Makassar City: through The Role</p> <p>Moderating of Financial Technology.</p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Decision Making, Risk Taking, Business Performance and Financial Technology.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-07-07T09:46:25+00:00 Copyright (c) 2024 Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/47001 The Influence of Product Quality, Service Quality and Sharia Finance Knowledge on Saving Decision at Indonesia Sharia Bank In Makassar City 2024-07-07T11:48:31+00:00 andi fadia andi fadia faradina [email protected] <p>This study aims to analyze the effect of product quality, service quality, financial knowledge of Bank Syariah Indonesia on customers' saving decisions at Bank Syariah Indonesia in Makassar City. This research is a correlational study, the data collection method used in this study is primary data, namely observation, and questionnaires. The population used in this study was 120 respondents. The data processing technique used is the data quality test, a classical assumption test. With the results of the research Pasrial Product Quality Plays a Role and Influences Saving Decisions at Bank Syariah Indonesia in Makassar City, Partially Service Quality Plays a Role and Influences Saving Decisions at Bank Syariah Indonesia in Makassar City, Partially Knowledge of Islamic Finance Plays a Role and Influencing Saving Decisions at Bank Syariah Indonesia in Makassar City and Simultaneously Product Quality Service Quality and Saving Knowledge Simultaneously Affects against the decision to save at Bank Syariah Indonesia in Makassar City.</p> <p><em>Keyword</em><em>: </em><em>Saving Decisions, Product Quality, Service Quality. Saving Knowledge</em></p> 2024-07-07T10:15:47+00:00 Copyright (c) 2024 Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/47407 Pengaruh Faktor Personal, Organisasional, dan Non Organisasional terhadap Karakteristik Individu dan Komitmen Etis sebagai Variabel Intervening pada Personel Kepolisian Kabupaten Gowa 2024-07-07T11:48:32+00:00 Dwi Syskha Afriani [email protected] Amir Amir [email protected] <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Usaha yang ditempuh untuk mewujudkan tujuan kepolisian, salah satunya dengan mempunyai anggota/personel yang memiliki kapasitas dalam bekerja yang baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber primer. Variabel terikatnya adalah karakteristik individu, variabel bebasnya adalah faktor personal, faktor organisasional dan faktor non organisasional serta variabel intervening adalah komitmen etis. Analisis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu analisis jalur/path analysis menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor Personal, Faktor Organisasional dan Faktor Non Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Karakteristik Individu. Faktor Personal, Faktor Organisasional dan Faktor Non Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Etis. Faktor Personal, Faktor Organisasional dan Faktor Non Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Karakteristik Individu melalui Komitmen Etis.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata Kunci : Faktor Personal; Organisasional; Non Organisasional; Karakteristik Individu; Komitmen Etis</em></p> 2024-07-07T11:06:36+00:00 Copyright (c) 2024 Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/47598 THE INFLUENCE OF BRAND AMBASSADOR AND GREEN MARKETING ON BRAND EQUITY POND’S (UNILEVER) MEDIATED BY BRAND TRUST 2024-07-07T11:48:33+00:00 Reski Widianti [email protected] Okta Nofri [email protected] Awaluddin Awaluddin [email protected] <p><em>This research aims to find out whether brand ambassadors and green marketing influence Unilever's brand equity (Pond's) with brand trust as a mediating variable in generation Z in Makassar City. This research is quantitative research with an associative research approach. The population in this study is all generation Z who have used or purchased Pond's products in Makassar City with a sample of 120 respondents. The sampling technique uses the Hair formula, namely the number of indicators multiplied by 5 to 10. This research uses primary data in the form of questionnaires distributed. The research instrument used was a Likert scale. The analysis method used is SmartPLS.4. The results of this research show that the brand ambassador variable has a positive and significant effect on brand trust. The brand ambassador variable has a positive and significant effect on brand equity. The green marketing variable has a positive and significant effect on brand trust. The green marketing variable has a positive and significant effect on brand equity. The brand trust variable has a positive and significant effect on brand equity. Brand trust mediates the influence of brand ambassadors on brand equity (Pond's). Brand trust mediates the influence of green marketing on brand equity (Pond's).</em></p> <p><em>Keywords: Brand, brand ambassador, green marketing, brand equity, brand trust, pond's, Unilever, and generation Z.</em></p> 2024-07-07T11:22:28+00:00 Copyright (c) 2024 Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/48825 Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Brand Image (Studi Pada Panama Cafe Makassar) 2024-07-07T11:48:34+00:00 Asyraf Hamdi [email protected] wahyudiyud [email protected] <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh <em>word of mouth </em>terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh <em>brand image </em>(studi pada Panama <em>cafe </em>Makassar). Penelitian ini menggunakan data primer, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik penarikan sampel <em>purposive sampling </em>dengan menggunakan rumus slovin, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Dalam penelitian ini yaitu menggunakan <em>Structural Equation Modelling</em> (SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS versi 4.0 <em>for windows </em>sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan <em>word of mouth </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Panama <em>cafe</em>, <em>word of mouth </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>brand image</em>, <em>brand image </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Panama <em>cafe</em>, dan <em>word of mouth </em>berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian pada Panama <em>cafe </em>Makassar yang dimediasi oleh <em>brand image</em></p> 2024-07-07T11:46:45+00:00 Copyright (c) 2024 Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM)