AL-BIGAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Abstract
Al-Bigal merupakan salah satu dari sekian banyak hewan yang disebutkan di dalam al-Qur’an. Hewan ini lahir dari hasil perkawinan silang antara kuda (al-khail) dan keledai (al-hamir) yang disebutkan secara bersamaan dalam QS al-Nahl/16: 8.Sebagian orang mengatakan bahwa hewan ini lebih kuat daripada kuda karena ketahanan fisiknya yang melebihi kuda. Meskipun hanya disebutkan satu kali, tetapi melalui penyebutannya di dalam al-Qur’an mengandung makna adanya isyarat bagi manusia dalam melakukan inovasi untuk kemajuan sarana transportasi. Wujud al-bigal yang disebutkan dalam al-Quran yaitu sebagai hewan tunggangan (li tarkabuha) dan perhiasan (zinah) bagi manusia. Rasulullah saw. sendiri mempunyai beberapa al-bigal yang sering ia tunggangi, baik itu ketika melakukan perjalanan jauh ataupun ketika berperang, bahkan hingga saat ini, di beberapa negara, al-bigal masih digunakan sebagai hewan tunggangan. Adapun wujudnya sebagai perhiasan yaitu keindahan bentuk fisik dan beragam manfaat lain yang dimiliki hewan ini. Al-Bigaljuga memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia,yaitu dapat dijadikan sebagai sarana transportasi, pengangkut logistik atau pembawa barang dan jugasebagai hewan ternak.
References
Al-Qur’an al-Karim
Ali, Jawwad. al-Mufashshal fi Tarikh al-‘Arab Qabla al-Islam. Terj. Khalifurrahman Fath. Sejarah Arab Sebelum Islam. Cet. I; Ciputat: PT Pustaka Alvabet, 2018.
Arifin, M. Chairul. Kamus & Rumus Peternakan dan Kesehatan Hewan. (Cet. I; Jakarta Selatan: Gallus Indonesia Utama, 2018.
al-Ashfahani, Al-Ragib. Al-Mufradat fi Garib al-Qur’an. Cet I; Damaskus-Beirut: Dar al-Qalam – Al-Dar al-Syamiyah, 1412 H.
al-Baqi, Muhammad Fu’ad ‘Abd. Al-Mu‘jam al-Mufahras li Alfazhi al-Qur’an al-Karim. t.c.; Indonesia: Maktabah Dahlan, t.h.
al-Biqa’i, Ibrahim bin ‘Umar bin Hasan al-Rabath. Nazhm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar. Juz 11. Kairo: Dar al-Kitab al-Islami, t.th.
Chalil, Moenawar. Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad saw. Jilid 3. Cet. VI; Gema Insani, 1429 H/2008 M.
al-Dimasyqi, Abu al-Fida’ Isma‘il bin ‘umar bin Kasir. Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim. Juz 4. Cet. II; t.tp: Dar al-Tabah, 1420 H/1999 M.
Division of The McGrow-Hill Companies. Encyclopedia of Science and Technology. Cet. XI; Amerika Serikat, 2012.
al-Fairuzabadi, Maj al-Din Abu Tahir Muhammad bin Ya’qub. Al-Qamus al- Muhit. Cet. VIII; Beirut-Lebanon: Muassasah al-Risalah, 1426 H/2005 M.
Ibn Manzhur, Abu al-Fad}l Jamal al-Din. Lisan al-‘Arab. Cet. III; Beirut: Dar al-Sadir, 1414 H.
Ibn Zakariyya, Ahmad bin Faris. Mu’jam Maqayis al-Lugah. Beirut: Dar al-Fikr, 1359 H/1979 M.
Jauhari, Tanthawi. Al-Jawahir fi Tafsir al-Qur’an al-Karim. Juz 3. Mesir: Mushthafa al-Babi al-Halabi wa Auladuh, 1343 H.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Media Fitrah Rabbani, 2009 M/1430 H.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tafsir Ilmi: Hewan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. Cet. I; Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2012.
al-Maturidi, Abu Manshur. Ta’wilat Ahl al-Sunnah@. Juz 6. Cet. I; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1426 H/2005 M.
al-Maragi, Ahmad bin Mustafa. Tafsir al-Maragi. Juz 14. Cet. I; Mesir: Syirkah Maktabah wa Mathba‘ah Mustafa al-Babi al-Halabi wa Auladih, 1946 M.
Muhammad, Ahsin Sakho. Membumikan Ulumul Qur’an. Cet. I; Jakarta: Penetbit Qaf, 2019.
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia Terlengkap. Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
al-Naisaburi, Abu al-Hasan ‘Ali bin Ahmad bin ‘Ali al-Wahidi. Al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz. Cet. I; Damaskus: Dar al-Qalam - Dar al-Syamiyyah, 1415 H.
al-Naisaburi, Muslim bin al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qusyairi. Al-Musnad al-Sahih al-Mukhtashar bi Naql al-‘Adl ‘an al-‘Adl ila Rasulillah SHallalah ‘Alaih wa Sallam. Juz IV. t.c.; Beirut: Dar Ihya’ al-Turas al-‘Arabi, t.t.
“Official American Donkey and Mule Society Terminology”. Longear Lingo. http://www.lovelongears.com/longearlingo.html (2 Juli 2019).
Purwanto, Agus. Ayat-Ayat Semesta: Sisi-Sisi Al-Qur’an yang Terlupakan. Edisi Baru.Cet I: Bandung: Mizan, 2015.
al-Qurthubi, Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr. Al-Jami‘ li Ahkam al-Qur’an. Juz 12. Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risalah, 1427 H/ 2006 M.
al-Razi, Fakhr al-Din. Mafatih al-Gaib. Juz 19. Cet. III; Beirut: Dar Ihya’ al-Turas al-‘Arabi, 1420 H.
Rahman, Afzalur. Ensiklopedia Ilmu dalam Al-Qur'an. Cet. II; Bandung: Mizania, 1428 H/2007 M.
al-Sam‘ani, Abu al-Muzhfar Manshur bin Muhammad. Tafsir al-Qur’an. Juz 3.Cet. I; Riyadh: Dar al-Wathan, 1418 H/1997 M.
al-Samarqandi, Abu al-Lais Nashr bin Muhammad. Bahr al-‘Ulum. Juz 2. (t.d).
Shihab, M. Quraish, ed. Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosa Kata. Jilid 1. Cet. I; Jakarta: Lentera Hati 2007.
-------. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. VI. Edisi Baru. Cet. I; Jakarta: Penerbit Lentera Hati, 2017.
al-Sijistani, Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy‘asy. Sunan Abi Dawudu. Juz 2. Beirut: Al-Maktabah al-‘Ashriyyah, t.th.
al-Syafi‘i, Al-Kiya al-Harisi. Ahkam al-Qur’an. Juz 4. Cet. II; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1405 H.
al-Syaribi, Sayyid Quthb Ibrahim Husain. Fi Zilal al-Qur’an. Juz 4. Cet. VII; Beirut-Kairo: Dar al-Syuruq, 1412 H.
al-Suyuthi, Jalal al-Din dan Jalal al-Din al-Mahalli. Tafsir Jalalain. Cet. I; Kairo: Dar al-Hadis, t.th.
al-Tabari, Muhammad bin Jarir. Jami‘ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an. Juz17. Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risalah, 1420 H/2000 M.
Tim Penyusun Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
al-Tusturi, Abu Muhammad Sahl bin ‘Abdillah. Tafsir al-Tusturi. Cet. I; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1432 H.
‘Umar, Ahmad Mukhtar ‘Abd al-Hamid. Mu’jam al-Lugah al-‘Arabiyyah al-Ma’ashirah. Cet. I; t,tp.: ‘Alim al-Kutub, 1429 H/2008 M.
“What is A Mule?”. Situs Resmi American Donkey and Mule Society (ADMS). http://www.lovelongears.com/WhatisaMule.htm (10 Agustus 2019).
al-Zuhaili, Wahbah bin Mushthafa. Al-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari‘ah wa al-Manhaj, Juz 14.Cet. II; Damaskus: Dar al-Fikr, 1418 H.