MENYINGKAP AYAT-AYAT RUQYAH DI MAJELIS ZIKIR SIRATAL MUSTAQIM MAKASSAR (SUATU KAJIAN FENOMENOLOGI)

  • Syarifah Ainun Jamilah Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Sadik Sabry Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhsin mahfudz Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

Abstract

Tulisan ini akan menyingkap Ayat-Ayat Ruqyah di Majelis Zikir Sirathal Mustaqim Makassar (Suatu Kajian Fenomenologi). Tulisan  ini membahas tentang ayat-ayat yang ada didalam kitab suci al-Qur’an yang dipercayai dapat menyembuhkan penyakit, dalam hal ini dipergunakan sebagai bacaan dalam prosesi penyembuhan pasien (metode ruqyah) oleh para praktisi ruqyah di Majelis Zikir Sirathal Mustaqim Makassar.Rumusan masalah yang peneliti angkat pada tulisan  ini yakni bagaimana makna dan cakupan ruqyah, bagaimana implementasi ayat-ayat ruqyah di Majelis Zikir Sirathal Mustaqim, dan bagaimana dampak ayat-ayat ruqyah bagi kesembuhan pasien di Majelis Majelis Zikir Sirathal Mustaqim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui defenisi dari istilah ruqyah yang menjadi fenomena di tengah – tengah masyarakat, untuk mengetahui bagaimana implementasi ayat-ayat ruqyah di Majelis Zikir Sirathal Mustaqim Makassar, dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari ayat-ayat (zikir) yang dibacakan olek praktisi ruqyah kepada pasien dalam proses penyembuhannya.Metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data-data dilapangan yaitu metode observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitian yang dipergunakan yaitu dengan menggunakan beberapa alat bantu seperti kamera, alat tulis menulis, alat perekam suara dan beberapa alat lainnya ketika akan melaksanakan ketiga metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Majelis Zikir Sirathal Mustaqim Makassar merupakan salah satu lembaga dakwah resmi di Kota Makassar yang menggunakan metode pengobatan ruqyah sesuai dengan tuntunan syari’at yaitu al-Qur’an dan Sunnah Nabi saw., Adapun bacaan-bacaan ruqyah di majelis tersebut berdasarkan satu kitab utama yang disebut dengan Ratib Al-Haddad. Dimana kitab zikir inilah yang menjadi acuan utama dalam pembacaan ayat-ayat maupun lafaz-lafaz zikir yang disunnahkan oleh Nabi saw., sebagai do’a-do’a yang dapat mengobati dan jalan memohon kesembuhan dari Allah swt.

Author Biographies

Syarifah Ainun Jamilah, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
Muhammad Sadik Sabry, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
Muhsin mahfudz, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

References

Al-Qur’an al-Karim

Abd’ al-Baqi, Muhammad Fuad, al-Mu’jam al-Mufahras li alfaz al-Qur’an al-Karim. Bairu>t: Dar al-Fikr. 1981.

Abidin, Idrus. Tafsir Surah Al-Fatihah. Jakarta: AMZAH. 2015.

Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin Zakariya, Mu’jam Maqayis a l-Lugah, Juz II; Bairut: > Dar al> -Fikr li al-Taba ‘ah wa al-Nasyar wa al-Tauzi.

Abu Dawu>d Sulaiman bin al-Asy‘as bin Ish}aq bin Basyir bin Syaddad al-Sijistan, Sunan Abi Dawu>d, Juz VI; Sudan-Bairut: al-Maktabah al-‘Ashariyyah, t.th.

Afif, Anshori. Zikir dan Kedamaian Jiwa.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003, 1920.

Akhmad,Perdana.Quranic Healing Technology Teknologi Penyembuhan Qur’ani.Jakarta: Pustaka Tarbiyah Semesta, 2014.

Ali, Zaidin. Agama, Kesehatan dan Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media. 2010.

Al-Asqalani,Ibnu Hajar. Fathul Bari,Jakarta: Pustaka Imam as-Syafie. 2016.

Al-Bukhari Muh}ammad bin ismail Abu ‘Abdillah >, al-Jami’ al-Musnad al-SHahih al-Mukhtasar min Umu>ri Rasulillahi SHaw. Wasunanihi wa ayyamihi, Juz VII Cet. I; [t.t]: Dar T{auq al-Najah, 1422. H.

Al-Habib Hamid bin Muhammad Al Hamid, “Buku Tuntunan Do’a, Dzikir & Wirid” Makassar: Tim Penerbit Majelis Zikir Sirathal Mustaqim Makassar, 2018.

Al-Islam, Muamalah dan Akhlak. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1987.

Al-Raqiy, Irfan Ramadhan.Menyingkap Jin dan Dukun “Hitam Putih” Indonesia. Surabaya: Halim Jaya, 2011.

Naisabu>ri Muslim bin al-Hajaj Abu al-Hasan al-Qusyairi>, al-Musnad al-S{ahiih al-Mukhtasar Binaqli al-Adli an al-‘adli ila Rasulillahi saw. Juz IV, Bairu>t: dar ihya’ al-TuraTs al-Arabi, [t.th.

Arikunto,Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995.

Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Atailah, Ahmad. Mutu Manikam dari kitab al-Hikam, Terj. Djamaluddin al-Bumy. Surabaya: Mutiara Ilmu, 1995.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Bin Askat, Abu Wardah.Wasiat Zikir dan Doa Rasulullah SAW, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2000.

Bogdan, Robert dan Sari Knoop Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: t.p. 1982.

Dasiroh, Umi. Konstruksi Makna Ruqyah Bagi Pasien Pengobatan Alternatif. Jurnal Universitas Riau. Riau: Perpustakaan Pusat Universitas Riau. 2017.

Departemen Agama R.I.Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir Al-Quran.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT.Gramedia. 2008.

Ensiklopedi Islam.Jilid VI; Jakarta: PT Ichtiar Baru van Houve.

Faiz bin Mohd Nazri, Muhammad. Fungsi Ruqyah Syar’iyyah Dalam Mengobati Penyakit Non Medis. Tulisan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.Darussalam: Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. 2018.

Hanien az-Zarqaa’, Ummu Abdillah. Terapi Pengobatan dengan Ruqyah Syar’iyyah, Jakarta: el-Posowy, 2005.

Hanifa, Millaty. Dampak Terapi Ruqyah Syar’iyyah dalam Pemulihan Kesehatan Mental Pasien di Rumah Ruqyah Indonesia Cililitan Jakarta Timur. Tulisan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 2015.

http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/07/08/fenomena-pengobatan-ruqyah-tak-cuma-mengusir-jin-ini-penyakit-kronis-lainnya-yang-bisa-disembuhkan 08 Mei2019.

http://dunoia-peneloitoian.blogspot.com/2011/10/pengertoian-telknoilk-wawancara-observasoi.html?m=116 Mei 2019.

https://dalamislam.com/landasan-agama/aqidah/ruqyah14 Mei 2019.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ruqyah#cite_note-11. 30 November 2018.

https://kbbi.kata.web.id/sosiologis/ (di akses melalui jaringan internet pada tanggal 16 Mei 2019 pukul 11.25).

https://www.kompasiana.com/azizamin/5a3c7c9acaf7db395c2807d4/perbedaan-ruqyah-syar-iyyah-dan-ruqyah-syirkiyyah?page=214 Mei 2019.

Idris, Muhammad, Konsep Zikir Dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran M.Quraish Shihab), Tulisan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar,Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

J. Lexi, Maleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 1991.

Javad Nurbakhsh, Tenteram Bersama Sufi: Zikir, Tafakur, Muraqabah, Muhasabah, dan Wirid. Jakarta: Serambi, 2004.

Kabbani,Syekh Muhammad Hisyam.Energy Dzikir dan Shalawat.Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 1998.

Kamil, Efektivitas Terapi Ruqyah Syar’iyyah dalam Mengatasi Gangguan Kejiwaan (Study Terhadap Pasien Klinik Ibnu Sina Palembang). Tulisan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, 2016.

Latif, Mukhlis. Fenomenologi Max Scheler Tentang Manusia Disorot Menurut Islam. Cet I; Makassar: Alauddin University Press. 2014.

M. Echolas, John dan Hassan Shadly. Kamus Bahasa Inggris Indonesia. Cet XX, Jakarta: PT.Gramedia, 1992.

Manzhir, Ibn. Lisan al-‘Arab, Jilid III; Bairut: Dar al-Ma’arif. 1990.

Muhammad Ibn Yusuf, Al-Jawrani Abi al-A’liyah. al-Ruqyah al-Syar’iyyah Min al-Kitab Wa Al-Sunnah al-Nabawiyyah,Amman: Dar al-Nafa’is. 2007.

Munawwir,Ahmad Warson.Al-Munawir, Kamus Bahasa Arab Indonesia. Cet ke-14 Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Musthafa, Ibrahim. al-Mu’jam al-Wasith. Juz I. al-Riyadh: Maktabah al-Haramain.

Rahman,Syahrul Living Qur’an: Studi Kasus Pembacaan al-Ma’tsurat di Pesantren Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kab. Rokan Hulu, Jurnal Institut Sains al-Qur’an Syaikh Ibrahim Rokan Hulu Vol. IV, No. 2, Oktober2016,ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/119/111.

Samsul, Munir Amin.Energi Zikir. Jakarta:Bumi Aksara. 2008.

Sari, Ayu Efita. Pengaruh Pengamalan Zikir Terhadap Ketenangan Jiwa Di Majelisul Dzakirin Kamulan DurenanTrenggalek. Tulisan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Perpustakaan Pusat Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. 2015.

Shihab, Muhammad Quraish. Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an.

Shihab, Muhammad Quraish. Wawasan al-Qur’an tentang Do’a dan Zikir. Tangerang: Lentera Hati. 2018.

Syukur, Amin dan Fathimah Utsman.Insan Kamil, Paket Pelatihan Seni Menata Hati (SMH) LEMBKOTA. Semarang: CV. Bima Sakti. 2006.

Tangngareng, Tasmin. Zikrullah “Kesaksian Para Sufi dalamMencapai Puncak Terdalam Kesadaran Spiritual, Makassar: Alauddin Press. 2014.

Tangngareng,Tasmin.Menyelam ke Semesta Zikir “Menyingkap Makna dan Pesannya dalam Hadis Nabi saw”, Makassar: Alauddin University Press. 2013.

Taufiq Abdullah.Ensiklopedia Tematis Dunia Islam., Jilid V; Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve. 2002.

Tia Mar’atus Sholiha, Sari Narulita, Izzatul Mardihah. Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani: Peran Majelis Dzikir dalam Pembinaan Akhlak Remaja Putri Majelis Dzikir Al-Masruriyyah, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur: Jurnal Studi Al-Qur’an; Universitas Negeri Jakarta., Vol. 10, No. 2, 2014.

Wahab. Menjadi Kekasih Tuhan. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta. 1997.

Yusuf, Ahmad Muhammad. Ensiklopedia Tematis Ayat Al-Qur’an dan Hadis. Jilid 3. Jakarta: Widya Cahaya. 2009.

Published
2019-12-12
Section
volume 07 nomor 02 2019
Abstract viewed = 1289 times