Tafsir Bahasa Bugis AG. H. Daud Ismail: Aplikasi Penafsiran dengan Metode Hida’i tentang al-Rijs

  • Muhammad Yunus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Ghalib Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Sadik Sabry Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Tafsir al-Munir, Metode Hida’i, al-Rijs

Abstract

Salah satu Tafsiran al-Qur’an dengan menggunakan Bahasa daerah yaitu Tafsir al-Munir karya AG. H. Daud Ismail yang merupakan ulama besar dari tanah Bugis yang pertama menafsirkan al-Qur’an secara utuh. Beliau menghadirkan Tafsir Bahasa Bugis agar pesan-pesan Ilahi yang tertuang dalam al-Qur’an bisa dipahami masyrakat luas, khususnya Bugis.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, setidaknya memberikan gambaran terkait AG. H. Daud Ismail serta karakteristik Tafsirnya dan penerapan penafsiran dengan Metode Hida>’i tentang Arrijs. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah linguistik, pendekatan ilmu Tafsir, serta pendekatan sosial masyarakat. Tafsir al-Munir Mabbasa Ugi yang ditulis oleh AG. H. Daud Ismail mengikuti pola mushafi, beliau menulisnya dalam 10 jilid, tiap jilidnya terdiri dari 3 juz. Sistematika penulisannya dengan menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an berdampingan dengan terjemahan, ayat Al-Qur’an di tulis di bagian kanan dan terjemahan Bahasa Bugisnya di bagian kiri, Menyebutkan urutan surah dan ayat pada awal pemBahasannya, pada setiap penafsiran satu ayat, dua ayat, atau beberapa ayat Al-Qur’an di susun sedemikian rupa sehingga memberikan pengertian yang menyatu, atau ayat-ayat tersebut di anggap satu kelompok. Penafsiran al-Qur’an dengan metode Hida’i adalah upaya untuk memudahkan pembaca atau pendengar dalam memahami pesan-pesan al-Qur’an dalam bentuk narasi singkat, padat dan jelas yang memiliki unsur hidayah.

References

Abu Zayd, Wasfi ‘Asyur. Metode Tafsir Maqasidi. Jakarta: PT. Qaf Media Kreativa, 2020.
Ahmad, Abd. Kadir. Ulama dalam Dinamika Sosial Sulawesi Selatan, Disertasi. Makassar: PPs. Universitas Hasanuddin Makassar, 2005.
Amal, Taufik Adnan. Rekonstruksi sejarah al-Qur’an. Jakarta: PT. Pustaka Alvabet, 2013.
Herlena, W., & Hasri, M. “Unsur Lokalitas dalam Tafsir BerBahasa Bugis Karya AGH. Daud Ismail (Studi Analisis Psychological Hermeneutics terhadap QS. Al-Maidah 5:90)”. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 9 (2), 2020.
Husein, Muhammad. Ulama-ulama yang menghabiskan hari-harinya untuk membaca, menulis, dan menebarkan cahaya ilmu pengetahuan. Yogyakarta: PT. IRCiSod, 2020.
Ismail, AG. H Daud. Tafsir al-Munir, Mabbicara Ugi, Juz I-III, Jilid I. Makassar: Bintang Lamumpatue, 2001.
Izza, Rohman Nohrowi. “Profil Kajian al-Qur’an di Nusantara sebelum Abad ke-20” dalam “Al-Huda.” Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Islam, Vol. 2, No. 6, 2002.
Komaruddin, Hr. Edi Komaruddin, dkk. “Tafsir Qur’an BerBahasa Nusantara (Studi Historis terhadap Tafsir BerBahasa sunda, Jawa dan Aceh”, Al-Tsaqafa: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 15 No.2, Desember 2018.
Martan, Rafii Yunus. “Membidik Universalitas, Mengusung Lokalitas Tafsir al-Qur’an Bahasa Bugis Karya AG. Daud Ismail”, Jurnal Studi Al-Qur’an, Vol. I, No. 3 Tahun 2006, h. 531.
Muhajir, Noeng. Metode penelitian kualitatif, ed. III. Yogyakarta: Rake Sarasin , 1996.
Muhammad, KH. Ahsin Sakho. Ilmu al-Qur’an. Jakarta: PT Qaf Media Kreativa, 2022.
Muhyiddin, Tafsir al-Munir. Studi atas Pemikiran Akhlak AG.H. Daud Ismail, Disertasi. Makassar: PPs UIN Alauddin, 2010.
Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam; Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Pabbajah Mustaqim, “Religiusitas dan Kepercayaan Masyarakat Bugis-Makassar”, Jurnal l-Ulum, Vol. 12, No. 2 Desember 2012.
Sahrodi, Jamali. Metodologi Studi Islam: Menelusuri Jejak Historis Kajian Islam ala Sarjana Orientalis. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2008.
Salim, Abd. Muin. Buku Daras Metodologi Penelitian Tafsir Maudūi. Makassar: Alauddin Press, 2009.
Salim, Abd. Muin. Metodologi Penelitian Tafsir Maudu’i. Yogyakarta: Pustaka al-Zikra, 2011.
Shihab, M. Quraish. Mukjizat Al-Quran. Bandung: Mizan, 1999.
Suhartono. Sejarah Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1994.
Syambas, Syukardi. Mantik Kaidah Berpikir Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.
Published
2023-01-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 945 times