Al-Nas Wa Al-Iqtido'

  • Lidia Nur Eka Safitri Universitan Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
Keywords: Dila lah, Nas, Iqtido'

Abstract

Ilmu Ushulu Al-Fiqh memiliki metode penunjukan makna ayat sebelum melahirkan hukum shara’. Kelompok Hanafiah membagi metode penunjukan makna (dilalah ayat) ke dalam empat tingkatan yakni ’ibarah nas, ’isharah nas}, dilalah nas, dan iqtido’ al-nas. Jika seseorang memahami Alquran tanpa menggunakan dilalah ayat, maka pemahamannya akan kering dan tidak utuh. Pada penelitan ini, penulis menggunakan metode library research dengan metode induktif dan deduktif. Artikel ini akan membahas mengenai metode penunjukan makna ayat ketika tidak terdapat lafal dalam nas yakni dilalah nas dan iqtido’ al-nas. Dilalah nas adalah petunjuk yang dipahami dengan ‘illah hukum yang sama. Salah satu contoh dilalah nas dalam Alquran adalah seperti yang terdapat pada QS: Al-Isra’:32. Sedangkan iqtido’ nas penunjukan nas pada suatu makna yang tidak disebutkan, namun kebenarannya dapat diperkirakan sesuai makna shara’. Contohnya yang terdapat dalam QS: Yusuf :82.

References

Atabik, Ahmad, “Peranan Manthuq dan Mafhum dalam Menetapkan Hukum dari Al-Qur’an dan Sunnah”, Yudisia, Vol.6, No.1, (Juni 2015)

Kartini, “Penerapan Lafazh Ditinjau dari Segi Dalalahnya”: Jurnal Al-‘Adl, Vol.10. No. 2, (Juli 2017)

Kementerian Agama, Alquran dan Terjemahannya, Depok: CV.Rabita, 2014.

Madi, Al-Maba>hith Lafdziyyah ‘Ibrah Al-Nas}, ‘Isha>rah Al-Nas}: Jurnal Tahkim, Vol XIII, No.1, (Juni 2017)

Nasri, “Dilalah dalam Perspektif Hukum Islam: Analisis Deskriptif Klarifikasi Dilalah sebagai Penunjukan atas Hukum dalam Islam”, Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 2, No.3, (Agustus 2020)

Al-Nasr, Salamah Mamduh Abdul Al-Mun’im Saif, “Dila>lah Al-Nash Atharuha fii Qothiyah Al-Ahkaf wa Dhonniyatiha”, Jurnal Dirosat Al-Islamiyah wa Al-Arabiyah Lil Banat, Vol.5, No.33.

Sa’ad, Nur Al-Di>n Hamid, “Dila>lah Al-Iqtid}o’ wa Athasuha fi> Al-Fiqhiyyah”, Jurnal Al-Tarqi>m Al-Dauliy, Vol. 23, Juz 29, (Kairo, 2019)

Walad, Muhammad Sayidiy Abdul Qodir, “Dila>lah Al-Tarki>b fi> Al-Qur’an”, Jurnal Dirosat Al-Islamiyah wa Al-Arabiyah Lil Banat, Vol.2, No.35.

Waluyo, Kasja Eki, “Kajan Dalalah dalam Ushul Fiqh”, Jurnal Passion of the Islamic Studies Center.

Willya, Evra, “Mafhum Muwafaqah dan Implikasinya dalam Istinbath Hukum”, Jurnal Al-Syir’ah, Vol.3, No.2, (Desember 2010)

Zainudin, Faiz, “Memahami Kaidah Ushuliyah Lughawiyah Perspektif Tiori Ahnaf”, Jurnal Lisan Al-Hal, Vol. 14, No. 1, (Juni 2020)

Published
2022-12-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 534 times