Infiltrasi Kisah Israiliyat Dalam Tafsir Era Modern: Studi Kisah Tabut Surat Al-Baqarah Ayat 248

  • Aminatul Khusnah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)
  • Salamah Noorhidayati UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)
Keywords: Israiliyat, Tafsir Modern, Kisah Tabut

Abstract

Penukilan riwayat Israiliyat yang dilakukan oleh ulama modern saat ini masih banyak menukil serta mengutip riwayat Israiliyat dalam karya tafsirnya , dalam kitab tafsirnya terdapat posisi ulama tafsir modern akan fenomena Israiliyat dalam mulai dari penolakan hingga menerima akan riwayat Israiliyat tersebut. Artikel ini berupaya untuk melakukan kajian terhadap riwayat Israiliyat yang terdapat dalam surat al- Baqarah ayat 248 dan mengkaji bagaimana posisi ulama tafsir modern terhadap riwayat Israiliyat tersebut. Pemilihan surat al-Baqarah ayat 248 dikarenakan dalam ayat ini merupakan salah satu ayat yang mengisahkan sebuah kisah Israiliyat yang populer dikalangan bani Israil yaitu tentang kisah ‘Tabut’ adalah sebuah benda berbentuk kotak yang menjadi barang keramat bagi kaum bani Israil. Analisis ini menggunakan beberapa kitab tafsir era modern yang populer dikalangan pengkaji Tafsir Al-Qur’an, yaitu M.Quraish Shihab, Hamka, dan Wahbah Az-Zuhayli. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa posisi mufasir dalam meriwayatkan kisah Israiliyat M. Quraish Shihab dan Wahbah Az-Zuhayli berposisi cenderung menganggapnya sebagai sumber dan hanya mencantumkan kisah Israiliyat tersebut. Hamka menyikapinya riwayat Israiliyat dengan kritis.

References

A, Turmudi. “Penetrasi Budaya Yahudi Dalam Ajaran Islam (Kajian Isra’iliyyat Dalam Tafsir Al-Qur’an).” Jurnal Dialogia 8, no. 1 (2010): 31–52.
Adz-Dzahabi, Husein. Al-Isra’iliyyat Fi Al-Tafsir Wa Al-Hadis. Kairo: Maktabah Wahbah, n.d.
Al-Baghdadi, Ala’uddin Ali bin Muhammad bin Ibrahim. Lubab Al- Ta’wil Fi Ma’ani Al-Tanzil (Tafsir Al-Khazin). Edited by Abdussalam Muhammad Ali Syahin. Beirut, Lebanon: Daar al- Kutub al-Ilmiyah, 2004.
Al-Baqi, Muhammad Fuad ’Abd. Mu’jam Mufahras Li Alfadz Al- Qur’an Cet 2. Lebanon: Daar al-Fikr, 1981.
Ali, Yunasril. “Tabut.” Ensiklopedia Islam, n.d. https://ensiklopediaislam.id/tabut/.
Amrullah, Abdul Malik Karim. Tafsir Al-Azhar 1. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD Singapura, 1971.
Az-Zuhayli, Wahbah. Tafsir Al-Munir Jilid 1. Jakarta: Gema Insani, 2013.
Carr, William G. Yahudi Menggenggam Dunia. Yahudi Menggengam Dunia, n.d.
Fitri Rambe, Hafizah. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Thalut Dan Jalut Dalam Al-Qur’an.” Edu Riligia 2, no. 3 (2018): 413–22.
Manzur, Ibnu. Lisan Al-Arab. Kairo: Daar al-Hadits, 1995.
Nuryansah, Mohamad. “Israiliat Contribution In Contemporary Exegesis: (The Effort To Establish Israiliat Which Is Silenced Mauquf As A Source Of An Interpretation)” 137, no. Icqhs 2017 (2018): 38–42. https://doi.org/10.2991/icqhs- 17.2018.6.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an), Volme 1. Jakarta: Lentera Hati, 2005.
Syafi’i, Ahmad. Pengantar Ilmu Tafsir Cet. 3. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Syahbah, Muhammad Ibn Muhammad Abu. Al-Isra’iliyyat Wa Al- Maudhu’at Fi Kutub Al-Tafsir Terj. Mujahidin Muhayan, Dkk, Cet. 1. Depok: Keira Publishimg, 2014.
Taufiq, Wildan dan Asep Suryana. Penafsiran Ayat-Ayat Israiliyyat Dalam Al-Qur’an Dan Tafsirnya. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Press, 2008.
Tedy, Armin. “Sakinah Dalam Perspektif Al- Qur’an.” EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis 7, no. 2 (2018): 35. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i2.1598.
Yati, Abizal Muhammad. “Pengaruh Kisah-Kisah Israilyat Terhadap Materi Dakwah.” Jurnal Al-Bayan 22, no. 31 (2015): 1–12. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=3589 71&val=8236&title=Pengaruh Kisah-Kisah Israiliyyat Terhadap Materi Dakwah.
Published
2024-07-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 36 times