Wakalah Dan Kafalah Dalam Lingkup Tafsir Ahkam Muamalah
Abstract
Aktivitas ekonomi dalam dunia Islam dikenal dengan sebutan muamalah, yang meliputi beberapa kegiatan jual beli, sewa menyewa, hutang piutang dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, masyarakat sudah semakin meningkatnya peminat yang beralih pada kegiatan ekonomi yang berprinsip syari’ah, hal ini dikarenakan terbukti lebih dirasa memihak pada keadilan. Dalam penulisan ini, penulis meneliti dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research), yaitu dengan cara mengumpulkan dan mempelajari literatur yang telah ada dari berbagai sumber. Dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 126/DSN-MUI/2019 menyebutkan pengertian definisi Wakalah adalah akad pemberian kuasa dari muwakil kepada wakil untuk melakukan perbuatan hukum tertentu. Dan wakalah juga dapat diartikan sebagai penjagaan/pelindung (al-hifzh) (Q.S.Ali-Imran 3/173), tanggungan (al-dhamah), penyerahan/pendelegasian (al- tafwidh) (Q.S An-Nisa 4/35) (Q.S. Al-An’am 7/89) (Q.S. Al- Sajdah 32/11), Pencukupan (al-kifayah). Kafalah berarti al- dhamm (genggaman atau pegangan), dan al-dhamm (tanggungan atau penjaminan). Ia disebut juga al-dhamanat (penjaminan), al hamalat (denda, tanggungan), dan al-za’amat (penjaminan, dan harta yang paling utama).
References
Abidin, Slamet. “Aminuddin, Fiqh Munakahat 1.” Bandung: Pustaka Setia, 1999.
Asra, Moh. “Implementasi Aplikasi Al-Kafâlah Di Lembaga Keuangan Syari’ah Di Indonesia.” Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam 4, no. 2 (2020): 74–84.
Baharuddin, Nur Alisa, Achmad Abubakar, and Halimah Basri. “The The Phohibition of Usury and Its Implications for the Economy.” ADL ISLAMIC ECONOMIC: Jurnal Kajian Ekonomi Islam 4, no. 2 (2023): 162–76.
Djamil, Fathurrahman. Penerapan Hukum Perjanjian Dalam Transaksi Di Lembaga Keuangan Syariah. Sinar Grafika, 2012.
Ghazaly, H Abd Rahman. Fiqh Muamalat. Prenada Media, 2016.
Hadi, Abd. “Dasar-Dasar Hukum Ekonomi Islam.” Surabaya: Putra
Media Nusantara, 2010.
Hamkah, Zainuddin. “MANUSIA SEBAGAI INDIVIDU (Analisis Terhadap Kewajiban Dan Tanggung Jawab).” Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5, no. 1 (2019): 108–21.
Harahap, Muhammad Arfan, and Sri Sudiarti. “Kontrak Jasa Pada Perbankan Syariah: Wakalah, Kafalah Dan Hawalah.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4, no. 1 (2022): 42– 53.
Hasanah, Muizzatul, and Husnul Maab. “PENGUATAN KAPASITAS DIRI MENUJU PANGGILAN PUBLIK: Analisis Al-Qur’an Surat Al- Muzammil Ayat 1-14.” TAFAKKUR: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 2 (2022): 127–51.
Latif, Hilmah. “Melacak Alur Pemaparan Dan Fragmen Kisah Ashab Al- Kahfi Dalam al-Qur’an.” Jurnal Tafsere 4, no. 2 (2016).
Nugraheni, Destri Budi. “Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional Tentang Wakalah, Hawalah, Dan Kafalah Dalam Kegiatan Jasa Perusahaan Pembiayaan Syariah.” Jurnal Media Hukum 24, no. 2 (2017): 124–36.
Nur, Afrizal. Tafsir Al-Mishbah Dalam Sorotan: Kritik Terhadap Karya Tafsir M. Quraish Shihab. Pustaka Al-Kautsar, 2018.
Nurjaman, Muhamad Izazi, and Doli Witro. “Transformasi Akad Tabarru’Menjadi Akad Mu’awadhat; Analisis Akad Hiwalah Dan Akad Kafalah Di Lembaga Keuangan Syariah.” Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 6, no. 2 (2021): 162– .72
Oktavia, Cici, and Dina Nopiyana. “TINJAUAN DAN IMPLEMENTASI UMUM FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA NOMOR 11/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG KAFALAH.” ALFIQH Islamic Law Review Journal 1, no. 1 (2022): .40–33
Putri, Citra Kirana Astika, Jihan Anggraini, Hana Rahmah Kamila, Faisal Al Fadli, and Fadhli Suko. “Analisis Akad Wakalah Pada Transaksi Financial Technology Syariah.” Al-Bank: Journal of Islamic Banking and Finance 3, no. 1 (January 31, 2023): 51. https://doi.org/10.31958/ab.v3i1.7963.
Qasimi, Muhammad Zakaria, Hafiz Muhammad Sani, and Muneer Ahmed. “Al-Durr al-Mukhtaar and Its Author: His Educational جهودهالعلميةوثناء :الّدّرالمختارومؤلّفه:EffortsandPraiseofScholars Al-Aijaz Research Journal of Islamic Studies ”.العلماء عليه دراسة تحقيقية & Humanities 3, no. 1 (2019): 369–81.
Qomaro, Galuh Widitya. “Manisfestasi Konsep Ta’âwun Dalam Zaakwaarnemingperspektif Hukum Perikatan.” Et-Tijarie: Jurnal Hukum Dan Bisnis Syariah 5, no. 1 (2018).
Ri, Departemen Agama. “Al-Qur’an Dan Tafsirnya.” Jakarta: Lentera Abadi 220 (2010).
Rizal, Samsul. “Pendampingan Dalam Upaya Pemberdayaan Dan Pemanfaatan Potensi Masyarakat Di Desa Mekar Sari Kec. Narmada Kab. Lombok Barat-NTB.” AL-Madani: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1, no. 1 (2022): 1–29.
Rokhim, Abdul, Ahmad Zain Sarnoto, Ahmad Thib Raya, and Samsul Bahri. “Ekosistem Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner 7, no. 2 (2022): 188–216.
Shihab, M Quraish. Membumikan Al-Qur’an Jilid 2. Vol. 2. Lentera Hati Group, 2011.
———. “Tafsir Al-Misbah.” Jakarta: Lentera Hati 2 (2002).
———. “Tafsir Al-Misbah: Pesan Dan Kesan Keserasian al-Qur’an,
Jakarta: Lentera Hati, Volume. I, Cet.” Ke-II, 2004.
Sobirin, Sobirin. “KONSEP AKAD WAKALAH DAN APLIKASINYA DALAM PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK BNI SYARIAH CABANG BOGOR).” Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam 3, no. 2 (2019): 208–50.
Suhendi, Hendi. “Fiqh Muamalah: Membahas Ekonomi Islam.” Cet. I. Jakarta: Raja Garfindo Persada, 2002.
———. “Fiqh Muamalah (Membahas Ekonomi Islam, Kedudukan Harta, Hak Milik, Jual Beli, Bunga Bank Dan Riba, Musyarakah, Ijarah, Mudayanah, Koperasi, Asuransi, Etika Bisnis Dan Lain- Lain).” V, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2007.
Wangsawidjaja, A Z. Pembiayaan Bank Syariah. Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Zainul Arifin, M B A. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Pustaka Alvabet, 2012.