WAWASAN AL-QUR’AN TENTANG HOAKS (Suatu Kajian Tafsir Tematik)

  • Muhammad Sadik Sabry Program Studi Ilmu Al-Quran Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Darwis Ridwan Program Studi Ilmu Al-Quran Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji tentang wawasan al-Qur’an mengenai penyebaran berita hoaks. Hoaks menjadi masalah yang serius dalam masyarakat informasi, utamanya di media sosial. Hoaks dianggap meresahkan karena merupakan berita bohong yang digunakan untuk menarik opini massa demi kepentingan material. Hoaks memiliki dampak yang sangat besar yang mengancam keharmonisan dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka penelitian ini mengkaji ayat-ayat al-Qur’an yang berkenaan dengan hoaks demi mendapatkan pelajaran dalam memberantas hoaks dewasa ini. Sumber data penelitian adalah kitab-kitab tafsir, buku-buku dan website yang berkaitan dengan media, komunikasi Islam, perkembangan hoaks dari masa ke masa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hoaks dapat dikenali dengan mengecek kapasitas pembawa informasi dan berita yang dibawakannya, selain itu hoaks juga dikenali dengan sifat-sifatnya yang bertentangan dengan fakta, mengherankan, menggemparkan masyarakat dan memukau serta menipu orang banyak. Adapun dampak yang dapat ditimbulkan oleh penyebaran hoaks adalah menyebabkan orang lain tersesat dengan hoaks yang ditetapkan dengan prasangka dan dugaan belaka, pembunuhan karakter bagi orang yang difitnah dan menyebabkan bercampurnya antara berita fakta dengan kebohongan yang sulit untuk dibedakan.

Author Biographies

Muhammad Sadik Sabry, Program Studi Ilmu Al-Quran Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

Program Studi Ilmu Al-Quran

Fakultas Ushuluddin Filsafat dan PolitikUINAlauddin Makassar

Muhammad Darwis Ridwan, Program Studi Ilmu Al-Quran Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

Program Studi Ilmu Al-Quran

Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar

References

Al-Qur’an al-Karim.

Arifin, Bey. Rangkaian Cerita dalam Al-Qur’an. Cet. XIV; Bandung: Al-Ma’arif, 1995.

Echols, John M & Hassan Shadily. An English-Indonesia Dictionary. Cet.XXVI; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Ibnu Katsir, Abu al-Fida’ Isma’il bin ‘Umar al-Bashri wa al-Damsyaqi. Tafsir al-Qur’an al-‘Az}im. juz. V. Cet. VIII; Bairut: Dar T}ayyibah li al-Nasyr wa al-Tauzi’, 1999 M/ 1429 H.

Ibnu Manz}ur, Muhammad bin Makram bin ‘Ali Jamaluddin. Lisan al-‘Arab. Juz. X. Cet. III; Bairut: Dar al-SHadir, 1414.

Ibnu Zakariyya, Abu al-H{asan Ahmad bin Faris al-Quzawaini al-Razi. Mu’jam Maqayis al-Lugah. Bairut: Dar al-Fikr, 1979.

Al-Jazairi, Abu Bakar Jabir bin Musa bin ‘Abdu al-Qadir bin Jabir. Aisar al-Tafasir li Kalami al-‘Aliyyi al-Kabir. Juz IV. Cet. V; Madinah al-Munawwarah: Maktabah al-‘Ulum wa al-Hukm, 2003.

-------. Tafsir al-Qur’an al-Aisar; Sistematis dan Mudah dalam Pembahasan terj. Jilid VI. t.t.: Darus Sunnah, t.Th.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama RI. Al-Mahir Al-Qur’an al-Karim Terjemah Tajwid Warna. Sukoharjo: Penerbit Madina Qur’an, 2016.

Lings, Martin. Muhammad Kisah Hidup Berdasarkan Sumber Klasik. terj. Qomaruddin SF. Cet.XIV; Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2014.

Al-Maragi, Ah}mad bin Mushtafa. Tafsir al-Maragi. juz. XIX. Cet. I; Mesir: Syirkah Maktabah wa Mat}ba’ah Mushtafa al-Babi al-H{ali wa Auladih, 1946 M/ 1365 H.

-------. Tafsir al-Maragi. Diterjemahkan oleh Bahrun Abu Bakar dkk. Terjemah Tafsir al-Maragi. J uz. XXII. Semarang: Karya Toha Putra, t.Th.

Al-Mubarakfuri, Shafiyurrahman. al-Rahiqul al-Makhtum: Bahtsun fi Sirah al-Nabawiyah ala Shahibina Afdhali al-Salati wa al-Salam. terj. Suchail Suyuti, Sirah Nabawiyah. Cet. I; Jakarta: Gema Insani,2013.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia Terlengkap. Edisi II. Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

MusThafa, Ahmad Anwar. Misteri Lisan. Cet. I; Jakarta: Mirqat Media Grafika, 2007.

Oxford. Oxford: Learner’s Pocket Dictionary. Oxford: Oxford University Press, 2011.

Al-Ragib al-Ashfahani, Abu al-Qasim al-H}usain bin Muh}ammad. al-Mufradat fi Garib al-Qur’an. Cet.I; Bairut: Dar al-Qalam, 1412 H.

-------. Al-Mufradat fi Garib al-Qur’an. Diterjemahkan oleh Ahmad Zaini Dahlan. Kamus al-Qur’an. Jilid I. Cet. I; Depok: Khazanah Fawa’id, 2017.

Sahabuddin [et al.]. Ensiklopedia al-Qur’an: Kajian Kosa Kata. Jilid I. Cet. I; Jakarta: Lentera Hati,1428 H/ 2007 M.

Salim, Peter. The Contemporary English-Indonesia Dictionary. Edisi VII. Jakarta: Modern English Press: Jakarta, 1996.

Sayyid Qut}b, Ibrahim H{usain al-Syarabi. Fi Z{ilali al-Qur’an. juz. II. Cet. XVII; Bairut: Dar al-Syaruq, 1412 H.

Shihab, M. Quraish. Membaca Sirah Nabi Muhammad saw.; Dalam Sorotan al-Qur’an dan Hadis-hadis Sahih. Cet. IV; Jakarta: Lentera Hati, 2014.

-------. Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. vol. 11. Cet. V; Jakarta: Lentera Hati, 1427 H/ 2006 M.

Al-Ṭabarī, Abū Ja‘far Muh}ammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Galib al-Amali. Tafsīr aṭ-Ṭabarī, Jāmi‘ al-Bayān ‘an Ta’wīl Qurān. juz. XIX. Cet. I; Bairut: Muassasah al-Risalah, 2000 M/ 1420 H.

Referensi Online:

Afandi, Irfan. “Hoax dalam Sejarah Islam Awal (Kajian Kritis tentang QS. Al-Nur: 11-20)”. Jurnal Ar-Risalah. Vol. XVI. No. 1 (April 2018).

Andayani, Ulfah. “Dampak Arus Informasi Bagi Masyarakat di Negara Berkembang”. Al-Maktabah. vol. 3 No. 2 (Oktober: 2001). http://journal. uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/1664. (Diakses 16-11-2017).

Budiman, Ahmad. “Berita Bohong (Hoax) di Media Sosial dan Pembetukan Opini Publik”, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, vol. 09, no. 01 (Januari 2017), h. 19. http//: www.puslit.dpr.go.id.

“Hoaks”. Wikipedia The Free Encyclopedia. https://en.wikipedia.org/ wiki/ Hoaks. (07 Oktober 2017).

Masyarakat Telematika Indonesia. “Hasil Survey Mastel tentang Wabah Hoax Nasional”. Survey Mastel (Februari 2017).

Pranoto, Stepanus Sigit. “Inspirasi al-Qur’an dan Hadis dalam Menyikapi Informasi Hoaks”. Al-Quds : Jurnal Studi Alquran dan Hadis. Vol. 2. No. 1 (2018).

Riady, Yasir. “Mewujudkan Masyarakat Informasi Indonesia: Dampak Sosial, Konsekuensi dan Kemungkinannya”. Makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional FISIP-UT, 2010. http://repository.ut.ac.id/2273/ 1/ fisip201004.pdf. (diakses 07 Oktober 2017).

Rizqo, Kanavino Ahmad. “Begini Cara Kerja dan Detail Penyebaran Sindikat Saracen”. detikNews. 24 Agustus 2017. https://news.detik.com/berita/d-3613345/begini-cara -kerja- dan- detail- pembayaran- sindikat-saracen.(16 November 2017).

www.hoaxes.org.

www.turnbackhoax.id.

Published
2018-12-31
Section
Volume 06 Nomor 02 2018
Abstract viewed = 621 times