Relevansi dan Urgensi Aplikasi Metodologi Kritik Hadis Dalam Penelitian al-Sirah al-Nabawiyyah

  • Firman Solihin Pascasarjana Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    (ID)

Abstract

Kedudukan al-sīrah al-nabawiyah sangatlah penting, karena memotret sejarah Islam generasi awal (Nabi dan Sahabat), yang sejatinya menjadi wajah utama sejarah Islam secara keseluruhan. Tulisan ini bertujuan mengurai tentang al-sirah al-nabawiyyah, baik secara normatif maupun historis, dalam rangka mencari relevansi dan urgensi aplikasi metodologi kritik hadis dalam penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber datanya adalah kepustakaan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Data-data yang yang telah terkumpul kemudian dianalisis-kritis menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hadis dan sīrah pada dasarnya sama, baik secara linguistik maupun historis, hanya orientasinya yang berbeda; hadis sebagai piranti legislasi Islam (akidah dan syariat) sedangkan sīrah sebagai konstruksi sejarah Nabi Saw. Konstruksi sebagian besar riwayat al-sīrah al-nabawiyyah dalam sumber-sumber primernya tidak berbeda dengan hadis; diawali oleh mata rantai sanad. Sehingga, menerapkan metode kritik hadis dalam penelitian al-sīrah al-nabawiyyah bukan saja sesuai (relevan), melainkan sangat penting (urgen).

Author Biography

Firman Solihin, Pascasarjana Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Melangitkan mimpi membumikan harapan

References

Abdullah, Taufiq & Abdurrachman Surjomiharjo (ed.). 1985. Ilmu Sejarah dan Historiografi; Arah dan Perspektif. (Jakarta: Gramedia).

‘Abdullāh, Yusri ‘Abd al-Ġānī. 2004. Mu’jam al-Mu’arrikīn al-Muslimīn Ḥattā al-Qarn al-Ṡanī ‘Asyr. terj. Budi Sudrajat: Historiografi Islam; Dari Klasik Hingga Modern. (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Al-‘Awwājī, Muḥammad bin Muḥammad. tth. Ahammiyyah Dirāsah al-Sīrah al-Nabawiyyah wa al-‘Ināyah bihā fī Ḥayāh al-Muslimīn, (ttp.: Majma’ al-Malik Faḥd li Ṭab’ah al-Muṣḥaf al-Syarīf).

Al-‘Umarī, Akram Ḍiyā‘. 1994. Al-Sīrah al-Nabawiyyah al-Ṣaḥīḥah; Muḥāwalah Li Taṭbīq Qawā’id al-Muḥaddiṡīn fī Naqd Riwāyāt al-Sīrah al-Nabawiyyah. (al-Madīnah al-Munawwarah: Maktabah al-‘Ulūm wa al-Ḥikam).

Al-A’ẓamī, Muḥammad Mustafā. 1980. Dirasāt fī al-Ḥadīṡ al-Nabawī. (Bairūt: al-Maktab al-Islāmī).

Al-Andalusī, Abū Muḥammad bin Ḥazm. tth. al-Faṣl fi al-Milal wa al-Ahwā‘ wa al-Niḥal. (Kairo: Maktabah al-Khānijī).

Al-Aṣfahānī, Abū al-Qāsim al-Ḥusain bin Muḥammad al-Rāġib. Al-Mufradāt fī Ġarīb al-Qur'ān. Taḥqīq: Ṣafwān ‘Adnān al-Dāwudī. (Damsyiq-Bairūt: Dār al-Qalam, cet. ke-1).

Al-Bustānī, Baṭras. tth. Dā’irah al-Ma’ārif. (Bairūt: Dār al-Ma’rifah).

Al-Būthī, Muḥammad Sa’īd Ramaḍān. 2005. Fiqh al-Sīrah al-Nabawiyyah ma’a Mūjiz li Tārīkh al-Khalīfah al-Rāsyidah. (Damsyiq: Dār al-Fikr, cet. ke-25).

Al-Du’ailij, Mubarak bin Muhammad bin Hamad. al-Wad’u fî al-Ḥadīṡ. (Riyadl: Maktabah Malik Fahd, cet. ke-1).

Al-Ġaḍbān, Munīr Muḥammad. 1992. Fiqh al-Sīrah al-Nabawiyyah. (Madīnah: Universitas Umm al-Qurā, cet. ke-2).

Al-Jauhārī, Ismā’īl bin Ḥammād. 1977. Al-Ṣiḥāḥ. Taḥqīq: Aḥmad ‘Abdul-Ġafūr. (Kairo: Dār al-Kitāb al-‘Arabī).

Al-Munajjad, Ṣalāhud-Dīn. 1982. Mu’jam mā Ullifa ‘an Rasūlillāh Saw. (Beirut-Lebanon: Dār al-Kitāb al-Jadīd, cet. ke-1).

Al-Nabhānī, Taqiyyud-Dīn. 2003. Al-Syakhṣiyyah al-Islāmiyyah. (Beirut-Lebanon: Dār al-Ummah).

Al-Sibā’ī, Musṭafā bin Ḥusnī. 1985. al-Sīrah al-Nabawiyyah; Durūs wa ‘Ibar. (ttp.: al-Maktab al-Islāmī, cet. ke-3).

al-Syaibānī, Abu ‘Abdillāh Aḥmad bin Muḥammad bin Ḥanbal. Musnad al-Imām Aḥmad bin Ḥanbal. Taḥqīq: Syu’aib al-Arna‘ūṭ, dkk. (Bairūt: Mu’assasah al-Risālah, cet. ke-1).

Al-Ṭanāḥī, Maḥmūd Muḥammad. 1985. Al-Mūjiz fī Marāji’ al-Tarājim wa al-Buldān wa al-Muṣannafāt wa Ta’rifāt al-‘Ulūm. (Kairo: Maktabah al-Kānijī, cet. ke-1).

Al-Ṭarhīnī, Muḥammad Aḥmad. 1991. Al-Mu‘arrikhūn wa al-Tārīkh ‘ind al-‘Arab. (Bairūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah).

Al-Zarkalī, Khairud-Dīn bin Maḥmūd. 2002. al-A’lām. (ttp.: Dār al-‘Ilm al-Malayīn, cet. ke-15).

Al-Zuhrī, Muḥammad bin Sa’d bin Muni’ Abū ‘Abdillāh al-Baṡrī. 1968. Al-Tabaqāt al-Kubra, (Bairūt: Dār Ṣādir).

Gottschalk, Louis. 1975. Understanding History: A Primery of Historical Method. terj. Nugroho Notosusanto: Mengerti Sejarah. (Jakarta: Yayasan Penerbit UI Press).

Ismail, M. Syuhudi. 1988. Kaidah Kesahihan Sanad Hadis; Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah. (Jakarta: Bulan Bintang, cet. ke-1).

Khalikān, Abu al-‘Abbās Syamsud-Dīn Aḥmad bin Muḥammad Ibn. tth. Wafiyyāt al-A’yān. (Beirut: Dār Ṣādir).

Manẓūr, Muḥammad bin Mukarram bin ‘Alī Abū al-Faḍl Jamālud-Dīn Ibn. 1993. Lisān al-‘Arab. (Bairūt: Dār Ṣādir, cet. ke-3).

Muḥammad, Ṭāriq Abū al-Wafā. 2007. Al-Wāqidī wa Manhajuhu fī Kitābihi Maġāzī al-Rasūl Saw. (Kairo: Zahrā‘ al-Syarq, cet. ke-1).

Naṣṣār, Ḥusain. tth. Nasy’ah al-Tadwīn al-Tārīkhī ‘ind al-‘Arab. (Kairo: Maktabah al-Nahḍah al-Miṣriyyah).

Nūr, Yāsir bin Aḥmad. 2007. Maṣādir al-Sīrah al-Nabawiyyah; bain al-Muḥaddiṣīn wa al-Mu-’arrikhīn. (Kitab yang dibuat dalam memperoleh penghargaan internasional Nāyif bin ‘Abd al-‘Azīz Āli Su’ūd untuk upaya serius dalam kajian sunnah Nabi Saw dan studi Islam kontemporer, cet. ke-1).

Saifuddin. 2011. Arus Tradisi Tadwin Hadis dan Historiografi Islam; Kajian Lintas Aliran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. ke-1).

Sizkīn, Fu‘ād. 2001. Tārīkh al-Turāṡ al-‘Arabī. terj. Maḥmūd Fahmī Ḥajāzī. (Kerajaan Saudi Arabia: Universitas Islam Muḥammad bin Su’ūd).

Syuhbah, Muhammad Abu. 2006. Al-Sīrah al-Nabawiyyah ‘alā Ḍau‘ al-Qur'ān wa al-Sunnah. (Damsyiq: Dār al-Qalam, cet. ke-2).

Taimiyyah, Taqiyyud-Dīn Aḥmad bin. 1995. Majmū’ al-Fatāwā. Taḥqīq: ‘Abdul-Raḥmān bin Muḥammad bin Qāsim. (Saudi Arabia: Majma’ al-Malik Fahd).

Yatim, Badri. 1997. Historiografi Islam. (Jakarta: Logos Wacana Ilmu).

Yusof, Ahmad Saifuddin bin. 2012. Metodologi Penerimaan Riwayat Sejarah Antara al-Bukhari dan Ibn Ishaq; Kajian Perbandingan. (Kuala Lumpur: Jabatan al-Quran dan Hadith Akademi Pengajian Islâm University Malaya).

Published
2022-06-29
Abstract viewed = 221 times