MANHAJ AL-RAMAHURMUZI DALAM KITAB AL-MUHADDIS AL-FASIL BAIN AL-RAWI WA AL-WA’I

  • Rahmat Sandi Mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Al-Ramahurmuzi merupakan ulama hadis dan ilmu hadis terkemuka pada abad ketiga dan keempat hijriyah. Bahkan bukan hanya ilmu hadis, dia pun terkenal sebagai seorang sastrawan dan sejarawan pada masanya, meskipun dominannya dikenal sebagai ulama ilmu hadis karena karyanya yang tercatat sebagai karya pertama dalam bidang ilmu hadis. Kajian yang digunakan pada artikel ini adalah library research sehingga kajiannya mengumpulkan beberapa literatur yang terkait. Perkembangan ilmu hadis telah ada sejak Rasulullah saw. dan terus berkembang hingga menjadi sebuah ilmu yang mandiri. Para ulama yang berkecimpung di bidang hadis dan ilmu hadis harus terus mengembangkan metodologi ilmu hadis, agar tidak terjadi stagnan seperti yang pernah dialami pada abad ketigabelas dan empatbelas awal.  Berbagai karya yang ditulis oleh Al-Ramahurmuzi harus menjadi salah satu pijakan untuk memunculkan karya-karya agar memperkaya pengetahuan cendikiawan masa kini khususnya pada bidang hadis dan ilmu hadis.

References

Al-Qur’an Al-Karim

Azra, Azyumardi., dkk, Ensiklopedi Islam. vol. VI. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2005 M.

Al-Bukhari, Abu ‘Abdillah Muhammad ibn Isma’il. al-Jami’ al-Sahih.Juz. I. Cet. III; Beirut: Dar Ibn Kasir, 1407 H./1987 M.

Al-Hamawi, Yaqut. Mu’jam al-Adibba’. CD-ROM al-Maktabah al-Syamilah dari http://www.alwarraq.com.

Al-Khatib, Muhammad ‘Ajjaj. Usul al-Hadis. Beirut: Dar al-Fikr, 1409 H./1989 M.

Al-Ramahurmuzi, al-Hasan ibn ‘Abd al-Rahman. al-Muhaddis al-Fasil bain al-Rawi wa al-Wa’i. Cet. I; Beirut: Dar al-Fikr, 1391 H./1771 M.

Al-Safdi. al-Wafi bi al-Wafayat. Juz. IV. CD_ROM al-Maktabah al-Syamilah diambil dari http://www.alwarraq.com.

Al-Syairuzi, Abu ‘Amar ‘Usman ibn ‘Abd al-Rahman.‘Ulum al-Hadis.Cet. II; al-Madinah al-Munawwarah: al-Maktabah al-‘Ilmiyah, 1972 M.

Al-Zahabi, Muhammad ibn Ahmad ibn ‘Usman. Tazkirah al-Huffaz. Juz. III. CD-ROM al-Maktabah al-Syamilah.

Al-Zahabi, Syams al-Din Muhammad ibn Ahmad ibn ‘Usman. Siyar A’lam al-Nubala’. vol. XVI. Cet. IX; Beirut: Muassasah al-Risalah, 1413 H./1993 M.

Khon, H. Abdul Majid.Ulumul Hadis. Cet. I; Jakarta: Amzah, 2008.

Published
2016-12-17
Section
Artikel
Abstract viewed = 7790 times