ISTIHSAN DAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM

  • Darmawati Hanafi Program Studi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Ishtisan is one source ijtihad, which means assuming something better to achieve a kemaslahatan. Ishtihsan be used as evidence because they are more able to realize the objectives of shari'ah. Scholars who use ishtihsan as a source of Islamic law of which the Imam Abu Hanifah, Imam Malik and some followers of Imam Ahmad bin Hanibal.Kaitan ishtihsan with legal reform lies in the maqasid Islamic Shari'a, which aims to realize and maintain the benefit of mankind.

Author Biography

Darmawati Hanafi, Program Studi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
Program Studi Filsafat Agama
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

References

Al-Qur’an al-Karim.

Abdillah, Mujiyono. Dialektika Hukum Islam Perubahan Sosial Sebuah Refleksi Sosiologis atas Pemikiran Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Cet.I; Surakarta: Muhammadiyah Press, 2003.

Badran, Abu al-‘Ainaini Badran. Ushul Fiqh al-Islamiy, Mesir: Mu’assasah Syabab al-Iskandariyah, t.th.

Basyir, Ahmad Azhar. Refleksi atas Persoalan Keislaman Seputar Filsafat, Hukum,Politik dan Ekonomi , Cet. IV; Bandung: Mizan, 1996.

CD Rom, al-Kutub al-Tis’ah.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 2002.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar bahasa Indonesia, Edisi Keempat, Cet. II; Jakarta: balai Pustaka, 2002, h. 109.

Echol, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Cet. XXV; Jakarta: Gramedia, 2000, h. 473.

Haq, Hamka. Dialog Pemikiran Islam UjungPandang, Cet. I; Ujung Pandang:Yayasan AHKAM, 1997.

Haroen, Nasrun. Ushul Fiqh I, Cet. I; Jakarta: Logos, 1996.

Hassan, Ahmad. Islamic Reserch Institute, diterjemahkan oleh Aqah Garnadi dengan judul Pintu Ijtihad sebelum Tertutup, Cet. I; Bandung: Pustaka, 1984.

Hassan, Husain Hamid. Nazariyat al-Maslahat fi al-Fiqh al-Islamiyah, Mesir: Dar al-Wahdat al-‘Arabiyah, t.th, h. 589.

Hubeis, Umar. dan A. Yazid, Fiqh al-Lughah al-‘Arabiyah, Jilid II, Cet. IX; Surabaya Pustaka Progresif, 1985.

Khallaf, Abdul Wahab. Ilmu Ushul Fiqh, diterjemahkan oleh Noer Iskandar dengan judul Kaidah-Kaidah Hukum Islam Ilmu Ushul Fiqh, Cet. II; Jakarta: Raja Grafindo, 2000.

Manan, Abdul. Reformasi Hukum Islam di Indonesia, Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo, 2007, h. 146.

Nata, Abuddin. Masail Fiqhiyah, Cet.I; Jakarta: Kencana, 2003.

Ridha, Muhammad Rasyid. Tafsir al-Manar, Kairo: Dar al-Fikr al-’Arabì, 1987.

Syarifuddin, Amir. Ushul Fiqh, Jilid II, Cet. I; Jakarta: Logos, 1999.

Al-Syatibi, Abi Ishaq. al-Muwafqat fi Ushul al-Syari’ah, Juz I, Cairo: t.th.

Al-Taftazani, Syarh al-Talwik ‘ala al-Taudih, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, t.th), h. 62.

Umar, Hasbi. Nalar Fiqih Kontemporer, Cet. I; Jakarta: Gaung Persada, 2007.

Usman, Iskandar. Istihsan dan Pembaharuan Hukum Islam, Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo: 1994.

Yunus, Mahmud, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah Pentafsiran Al-Quran, 1990.

Zahrah, Muhammad Abu. Imam Syafi’i, Hayatuhu wa’asruhu wa fiktuh­ ara’uhu wa fiqhuhu, diterjemahkan oleh Abdul Syukur, dengan judul, Imam Syafi’i: Biografi dan Pemikirannya dalam Masalah Akidah, Politik dan Fiqh, Cet. II; Jakarta: Lentera, 2005.

Zahrah, Muhammad Abu. Ushul al-Fiqh,diterjemahkan oleh Saefullah Ma’sum, dengan judul Ushul Fiqih, Cet. VI; Jakarta: Pustak Firdaus, 2000.

Zaidan, Abdul Karim. Al-Wajiz Fi Ushul Fiqhi, Beirut: Penerbit Muassasah Risalah, 2002.

Published
2019-01-26
Section
Volume 6 Nomor 2 2015
Abstract viewed = 523 times