Syekh Mahfudz al-Tarmasi: Muhaddis Nusantara

  • Ahmad Fauzan Progam Pascasarjana Prodi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang tokoh intelektual hadis nusantara yang karya-karyanya telah mendunia dengan latar belakang inspirasi dari fenomena tokoh-tokoh hadis nusantara yang terbilang begitu banyak seperti al-Raniri, Syekh Yasin al-Fadani, Syekh Hasyim Asy’ari dan Syekh Mahfud al-Tarmasi. Dalam tulisan ini secara khusus mengkaji salah satu tokoh hadis nusantara, yakni Syekh Mahfudz al-Tarmasi, baik dari sisi biografi, kontribusinya dalam bidang hadis, qira’ah, dan sanad. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah konten analisis data dengan menggunakan studi literatur (library research). Hasil yang diharapkan dari tulisan ini bahwa keluasan keilmuan Syekh al-Tarmasi sebenarnya tidak terbatas pada disiplin hadis maupun ilmunya saja, akan tetapi juga pada disiplin ilmu lainnya seperti qira’ah, fikih dan lain sebagainya. Ulama-ulama Nusantara sebelum beliau juga banyak yang mempelajari hadis, namun perhatian yang mereka berikan tidak sebesar perhatian al-Tarmasi dalam disiplin hadis maupun ilmunya.

Author Biography

Ahmad Fauzan, Progam Pascasarjana Prodi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Progam Pascasarjana
Prodi Aqidah dan Filsafat Islam
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Hussin, Hayati (dkk.). “al-Tarmasi: Tokoh Prolifik Dalam Bidang Pengajian Islam”. Jurnal Pengajian Islam. Akademi Islam Kuis. 2 November 2015.

Mohamad, Sabri (dkk). “Syeikh Mahfudz al-Tarmasi: Tokoh Ilmu Qira’at Nusantara”. Prosiding Nadwah Ulama Nusantara (NUN) IV, 25-26 November 2011.

Muhajirin. “At-Tarmasi : Icon Baru Hadits Arbai’in di Indonesia.” ASILHA International Conference. 2017.

Muhajirin. Muhammad Mahfudz al-Tarmasi: Ulama Hadis Nusantara Pertama. Yogyakarta: Idea Press. 2016.

Muhammad, Nurdinah. “Karakteristik Jaringan Ulama Nusantara Menurut Pemikiran Azyumardi Azra”. Jurnal Substantia, Vol. 14, NO. 1, April 2012.

Su’udi, Hasan. “Jaringan Ulama Hadis Indonesia”. Jurnal Penelitian STAIN Pekalongan. Vol. 5, No. 2, November 2008.

Sutarto (dkk). Kumpulan 40 Hadis Syekh Mahfudz al-Tarmasi Yogyakarta: Lingkar Media. 2014.

Al-Tarmasi, Muhammad Mahfudz. ‘Ina>yah al-Muftaqir bima> Yata’allaq bi Sayyidina> al-Khadhir. Demak: Al-Barokah PP. BUQ Betengan. 1428.

Al-Tarmasi, Muhammad Mahfudz. Al-Khil’ah al-Fikriyyah bi Syarkh al-Minh}ah al-Khairiyyah. Demak: Al-Barokah PP. BUQ Betengan. 2008.

Al-Tarmasi, Muhammad Mahfudz. Al-Minh}ah al-Khairiyyah fi Arba’i>n H{adi>s min Ah}a>dis Khairilbariyyah. Demak: Al-Barokah PP. BUQ Betengan. 2008.

Al-Tarmasi, Muhammad Mahfudz. Kifa>yah al-Mustafi>d lima> ‘Ala> min Asa>ni>d. Beirut: Darul Basyair al-Islamiyyah. 1408.

Al-Tarmasi, Muhammad Mahfudz. Manhaj Dzawi al-Nadzor. Surabaya: al-Haramain. 1974.

Published
2019-03-06
Section
Volume 9 Nomor 2 2018
Abstract viewed = 2231 times