PENATAAN REKLAME KAMPUS UIN ALAUDDIN MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

  • Fadhil Surur Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Faridah Yusuf Jurusan SI Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Perkembangan kawasan dan aktivitas warga kampus yang signifikan mendorong penataan lanskap kurang memadai. Salah satunya adalah permasalahan reklame yang mengurangi citra visual dan lanskap kawasan. Sebagian besar reklame terpasang tanpa adanya pengawasan dari pihak kampus, sehingga pada momentum tertentu misalnya pada saat penerimaan mahasiswa baru akan terjadi overlapping pemasangan reklame. Selain itu terdapat kebiasaan mahasiswa yang menampilkan visual reklame yang kurang sesuai dengan tatanan akademik di UIN Alauddin Makassar. Sejauh ini perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika (telematika) sangat dimungkinkan untuk melakukan integrasi teknologi dan penataan reklame dalam kampus. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi lokasi di dalam Kampus UIN Alauddin Makassar yang prioritas untuk dijadikan sebagai lokasi pemasangan  reklame kampus. Rancangan dan pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dengan jenis metode studi kasus dengan menggunakan data sekunder dan data primer. Teknik analisis yang digunakan mencakup analisis secara kualitatif dan analisis hirarki proses. Hasil penelitian diperoleh pemasangan reklame cenderung tidak beraturan dan tidak sesuai dengan teknis pemasangan terhadap kondisi lingkungan sekitar. Kondisi ini mendorong munculnya visual negatif pada 4 segmen yang mempunyai fungsi bangunan penting dan nilai vital dalam lingkungan kampus.

Published
2020-07-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 268 times