MPLEMENTASI INTEGRASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH STUDIO PERANCANGAN DAN STRUKTUR KONSTRUKSI ARSITEKTUR MELALUI PENDEKATAN COMPREHENSIVE STUDIO TEACHING AND LEARNING (CSTL) PADA JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat perbaikan pemahaman teori dan kemampuan desain mahasiswa Teknik Arsitektur UINAM, pada implementasi integrasi mata kuliah (MK) Studio Perancangan dan Struktur Konstruksi dengan metode Comperhensive Studio Teaching And Learning (Cstl). Dengan menggunakan metode wawancara dan kuisioner pada mahasiswa yang telah memprogramkan MK terintegrasi. Hasil penelitian menyatakan 83,01% menyatakan merasakan manfaatnya perbaikan pemahaman teori, 67,92% responden menyatakan merasakan peningkatan kemampuan desain.References
Anthony, K.H., Design Juries on Trial, The Renaissance Of The Design Studio, Van Nostrand Reinhold, New York, 1991.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Penerbit Rineka Cipta, 1980.
Cross, Nigel, Development in Design Methodology, John Wiley & Sons, New York,2000.
Kemp, J.E., Proses Perancangan Pengajaran (sebuah terjemahan), Penerbit ITB, Bandung, 1995.
Kiswandono, Istiawati. Lingkungan Fisik Ruang Studio Arsitektur: Eksistensi Pembimbingan Kaitannya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa, Tesis, 1993.
Ledewitz, Stefani, Models Of Design In Studio Teaching, JAE 38/2:2-8, 1995.
Munandar, Utami, Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.
Quayle, Moura, Ideabook for Teaching Design,PDA Publisher Corporation, Mesa, Arizona, 1985.
Rowe, P.G., Design Thinking, The MIT Press, London, 2002.
Rahmi, Syarif, Arif. Wujud Fisik Ruang Studio Gambar Arsitektur : Eksistensi Elemen Interior Terhadap Kreatifitas dan Kemandirian Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran. Proceeding Fak. Teknik Unhas, Makassar, 2012
Schon, Donald, The Design Studio, An Exploration of Its Tradition And Potentials, RIBA Publications Limited, London, 1985.
Suparno, Paul, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Pustaka Filsafat, Penerbit Kanisius, 1997.
Supriadi, Dedi, Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek , Penerbit ALFA-BETA, 1994
Susilo, S., Pendidikan dan Profesi Arsitek Dalam Era Reformasi, (sebuah makalah), disampaikan pada Seminar Sehari Pendidikan, Studio Arsitektur dan Seputar Standardisasi Badan Akreditasi Nasional (1998).
Tupan, Albert, Belajar Mengajar di Studio ditinjau dari Aspek Psikologi Pendidikan (sebuah makalah), disampaikan pada Lokakarya Proses Belajar mengajar di Studio, Universitas Kristen Petra (1995).
Tjahjono, Gunawan, Perumusan Kebijakan Pendidikan dan Kompetensi Keprofesian Arsitektur di Indonesia , (call for paper), disampaikan pada Lokakarya III 50 tahun pendidikan Arsitektur 2000).
This license allows authors to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the Work, in any format or medium, for any purpose including commercial purpose, on a perpetual basis provided they credit the Work and the authors. Authors
must explain any changes that were made from the original and may not suggest the authors endorse the use. The resultant work must be made available under the same terms, and must include a link to the CC BY 4.0 International License.