KUALITAS INPUT MAHASISWA BARU UIN ALAUDDIN MAKASSAR TAHUN 2014
Abstract
Ukuran kualitas dari suatu perguruaan tinggi tidak lepas darikualitas input-output institusi tersebut. Kualitas input menunjukkan variasi
pola-pola rekruitmen telah dilakukan untuk menjaring calon-calon
mahasiswa yang potensial dari sisi akademik. Oleh karena itu, tujuan
penelitian ini adalah mendeskriptisikan kualitas input mahasiswa baru UIN
Alauddin Makassar berdasarkan asal sekolah, jalur masuk, fakultas dan
jenis kelamin dan mengetahui perbedaan kualitas input mahasiswa baru
UIN Alauddin Makassar berdasarkan asal sekolah, jalur masuk, fakultas
dan jenis kelamin. Untuk mencapai hal tersebut, digunakan sebanyak 4274
mahasiswa baru tahun 2014 yang memiliki kelengkapan data memadai
berdasarkan data EMIS tahun 2014. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
bahwa kualitas input yang direpresentasikan dengan rata-rata IPK
Mahasiswa baru UIN Alauddin Makassar tahun 2014 diperoleh bahwa
rata-rata IPK Mahasiswa baru berdasarkan asal sekolah yang tertinggi
adalah asal sekolah pesantren sebesar 3,58, berdasarkan Jalur masuk yang
tertinggi adalah dari Jalur SBNPTN sebesar 3,48, berdasarkan fakultas
adalah yang tertinggi adalah dari fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebesar
3,49. Kemudian berdasarkan jenis kelamin diperoleh rata-rata IPK
mahasiswa baru untuk laki-laki sebesar 3,27 dan untuk perempuan sebesar
3,44. Faktor asal sekolah, jalur masuk, fakultas mempunyai pengaruh
terhadap tingkat rata-rata IPK Mahasiswa baru UIN Alauddin Makassar
Tahun 2014, sedangkan untuk jenis kelamin memberikan perbedaan yang
nyata terhadap tingkat rata-rata IPK Mahasiswa baru UIN Alauddin
Makassar Tahun 2014 antara laki-laki dan perempuan. Pengaruh faktor
asal sekolah menunjukan perbedaan antara asal sekolah pesantren dengan
asal sekolah yang lain, sedangkan untuk antar asal sekolah yang lain adalah
sama secara statistika. Selanjutnya untuk faktor jalur masuk ternyata
SBNPTN dominan berbeda dengan jalur yang lain dengan nilai rata-rata
IPK lebih tinggi dan berbeda dengan jalur lainnya berikut jalur SPAN dan
UM_PTAIN. Terakhir faktor fakultas menunjukkan bahwa fakultas Tarbiyah
dan Keguruan lebih dominan dibandingkan dengan rata-rata IPK
mahasiswa baru fakultas lainnya. Sedangkan secara keseluruhan maka ratarata
IPK mahasiswa baru UIN Alauddin Makassar tahun 2014 berapa pada
kategori sedang.
References
____________, 2010. Borang Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Algifari, 1997. Statistika Induktif; Untuk Ekonomi dan Bisnis, Yokyakarta, UPP AMP YKPN
Arikunto Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.
Gaspersz, V., 2006. ISO 9001:2000 and Quality Improvement, Gramendia Pustaka Utama, Jakarta.
Indrajit, R E., dan Djokopranoto, R, 2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Andi, Yogyakarta.
Karsidi Ravik, Peningkatan Lulusan Mutu Pendidikan dan Lulusan FKIP, Makalah, Disampaikan dalam Seminar Nasional dan Temu Alumni FKIP– Universitas Sebelas Maret Surakarta, 10 Februari 2001.
http://siadin.uin-alauddin.ac.id/ portal system informasi akademik UIN Alauddin Makassar, diakses 28 Maret 2014.
http://eprints.uny.ac.id/9721/3/bab%25202%2520-07518244003.pdf, diakses 28 Maret 2013.
http://eprints.uny.ac.id/8459/3/bab%25202%2520-%252008518241015.pdf,
diakses 28 Maret 2013.
Setiyaningsih Ira dan Abrori Muchammad, 2013, Analisis Kualitas Lulusan Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan, Jurnal Ilmiah TeknikIndustri, Vol. 12, Nomor 1, Juni 2013.
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta.
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung, Alfabeta
Swardjono, 2005, Belajar-Mengajar di Perguruan Tinggi: Redefinisi Makna Kuliah, Makalah, UGM, Yogyakarta.
Putra, Ichsan S. dan Pratiwi, Ariyanti. 2005. Sukses dengan Soft Skills: Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah. Institut Teknologi Bandung.
Yamin , S. dan Kurniawan, H. 2009. SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Salemba Infotek, Jakarta.
Wirakartakusumah, 1998. Pengertian Mutu Dalam Pendidikan, Lokakarya MMT IPB, Kampus Dermaga Bogor, 2-6 Maret
This license allows authors to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the Work, in any format or medium, for any purpose including commercial purpose, on a perpetual basis provided they credit the Work and the authors. Authors
must explain any changes that were made from the original and may not suggest the authors endorse the use. The resultant work must be made available under the same terms, and must include a link to the CC BY 4.0 International License.