PUZZLE ELEKTRONIK MONTESSORI SAND BOARD LETTER (SBL) UNTUK EDUKASI SUKU KATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Montessori merupakan salah satu metode pembelajaran untuk menstimulasi anak dalam meraih potensinya di segala bidang. Pada bidang literasi membaca salah satu tahapan awal adalah bagaimana menstimulasi kemampuan membaca permulaan, dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf menggunakan metode belajar suku kata. Proses stimulasi tersebut haruslah dengan cara eksplorasi bermain yang menyenangkan dan tidak membosankan sehingga anak tidak akan merasa bahwa ia sedang belajar, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, dimana proses belajar menjadi membosankan bagi anak karena harus dilakukan di rumah saja. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah teknologi pembelajaran berupa puzzle elektronik Montessori Sand Board Letter (SBL) untuk suku kata Bahasa Indonesia yang dapat membantu menstimulasi anak usia dini sesuai prinsip Montessori dalam mengenal suku kata. Metode pengembangan sistem menggunakan Metode Sistem Development Life-Cycle (SDLC). Berdasarkan hasil pengujian fungsional menggunakan metode black box menyatakan bahwa seluruh fungsional sistem berfungsi 100% sesuai perancangan dan tujuan. Hasil pengujian dan validasi oleh praktisi Montessori menyatakan bahwa sistem telah sesuai dengan kaidah Montessori. Berdasarkan hasil observasi penggunaan, Puzzle elektronik Montessori Sand Board Letter (SBL) untuk suku kata Bahasa Indonesia dapat menjadi salah satu alternative tools pembelajaran mengenalkan suku kata Bahasa Indonesia untuk proses belajar membaca permulaan.
References
Aini, O., & Ayu, K. C. (2019). Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. 3(No. 1, April), 74–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.768
Cicilia Apriani, Kasiyati, T. (2013). EFEKTIFITAS METODE KUPAS RANGKAI SUKU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK KESULITAN MEMBACA. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 2(September), 835–844.
Handayani. Tri Vincentia, Afsari. Ari, H. F. (2015). Dongeng Sebagai Stimulan Awal Peningkatan Minat Baca Bagi Siswa Paud Bunda Hajar Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(nomor 9), 3–6.
Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ). Jurnal Informatika Mulawarman, 6(1 februari), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jim.v6i1.16
Hidayah, N. A. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA (MEMBACA AWAL) ANAK KELOMPOK B DALAM ZONA LITERASI DI SENTRA READINES TK IT PERMATA HATI NGALIYAN (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.
Ilham Budiman, Sopyan Saori, Ramdan Nurul Anwar, Fitriani, M. Y., & Pangestu. (2021). ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DI BIDANG INDUSTRI MAKANAN (Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi). Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(10, Maret).
Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2013). PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 60 TAHUN 2013 TENTANG PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK-INTEGRATIF. In PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Khasanah, F. N., Informatika, T., Testing, B., Testing, B. B., & Based, L. (2018). Pengujian Fungsional Dan Non Fungsional Aplikasi Informasi Telepon Darurat Berbasis Android. 3(1), 79–90.
Masyrofah. (2017). MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI ANAK USIA DINI. 02(02 : Juli-Desember), 105–116.
Montessori, M. (2014). The Montessori Method. Transaction Publisher.
Mustikawati, R. (2015). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE SUKU KATA ( SYLLABIC METHOD ) PADA SISWA KELAS I SD NEGERI NAYU BARAT III BANJARSARI SURAKARTA TAHUN 2014/2015. JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA, 2(1), 41–56.
Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22.
https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832
Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor of age 0-24 Months in Posyandu Jatinangor Subdistrict. JSK:Jurnal Sistem Kesehatan, 4(Nomor 3 Maret), 96–101. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jsk.v4i3.21240
Susana, R., Albayumi, U. A., & Bugar, F. S. (2017). Implementasi Function Block Diagram Pada Simulator Kontrol Landing Gear System Untuk Roda Pesawat. Jurnal Elektro Dan Telekomunikasi Terapan, 3(2), 322–331. https://doi.org/10.25124/jett.v3i2.301
Yaumi M. Damopolii M. (2016). Action Research Teori, Model dan Aplikasi. PT Fajar Interpratama Mandiri.
This license allows authors to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the Work, in any format or medium, for any purpose including commercial purpose, on a perpetual basis provided they credit the Work and the authors. Authors
must explain any changes that were made from the original and may not suggest the authors endorse the use. The resultant work must be made available under the same terms, and must include a link to the CC BY 4.0 International License.