PENGUKURAN MUTU HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM PENUGASAN BERBASIS PROYEK TUGAS BESAR STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Ahmad Ibrahim Rahmani UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tuntutan mahasiswa berfikir dalam kerangka Higher Order Thinking Skill (HOTS) menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan model perkuliahan di perguruan tinggi, sehingga meskipun dalam kondisi terbatas (kondisi pandemi), proses penilaian perkuliahan juga tetap harus memenuhi standar mutu yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis penugasan berbasis proyek yang memenuhi kriteria HOTS dan mengukur tingkat keberhasilan mutu penugasan dengan pendekatan penilaian secara autentik. Pendekatan mix method diambil untuk melaksanakan penelitian dalam 2 tahap, yakni tahapan pertama dengan mengintrepretasikan masing-masing penugasan mata kuliah Asas dan Studio Perancangan Arsitektur dalam perspektif kriteria HOTS, lalu pada tahap kedua menganalisis jenis penugasan dengan penilaian autentik dari mahasiswa tentang kemampuan apa saja yang diperoleh setelah mengikuti perkuliahan tersebut. Hasil penelitian menujukkan jenis penugasan precedent study, site research, program ruang, dan transformasi bentuk menjadi jenis penugasan yang dinilai memenuhi kriteria HOTS dan dapat memberikan kemampuan menciptakan ide-ide perancangan yang baru kepada mahasiswa yang bersumber dari analisa dan kemampuan berfikir kritis terhadap kondisi tapak, kebutuhan ruang, dan konsepsi bentuk yang ingin ditampilkan.

Author Biography

Ahmad Ibrahim Rahmani, UIN Alauddin Makassar
Jurusan Teknik Arsitektur

References

Dinatha, N. M., & Kua, M. Y. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Digital Berbasis Nature of Science (Nos) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots). Journal of Education Technology, 3(4), 293. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500

Fatimah, S., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Kompetensi Dasar Menerapkan Sistem Penyimpanan Arsip SIstem Abjad …. Jurnal Pendidikan Administrasi …, 8, 318–328. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8520

Izzatin, M., & Nurmala R. (2018). PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MELATIH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK Learning Based on Inquiry to Train Higher Order Thinking Skills (Hots) Mathematical Education Students in Numer. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 5(2). http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/edukasia/article/view/1007

Maharani Yuniar, Cece Rakhmat, A. S. (2015). Analisis Hots (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas V Sd Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.

Mohammad Muhyidin Nurzaelani , Mita Septiani, M. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Desain Bahan Belajar Elektronik Berbasis Higher Order Thinking Skill. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1).

Rahmani, A. I., Syuaib, M., Nuryuningsih, Chaidar, M., & Zahra, K. (2020). Volumetric Study : Strategi Perkuliahan Studio Perancangan Arsitektur. Jurnal TIMPALAJA, 2(2).

Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal HOTS Berbasis Permainan Ular Tangga pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 103–110.

Published
2022-04-30
Abstract viewed = 264 times